Sabtu, 15 Februari 2020

5 Hal yang Kelak Akan Kamu Rindukan Tentang Semarang



“Mending stasiun Tawang atau stasiun Poncol ya?” wajahku masih bingung sambil memandangi layanan aplikasi pemesanan tiket kereta secara online. Akhirnya aku memutuskan untuk menghubungi Mbak Dew dia kan penunggu Semarang, eeeh maksudnya udah lama tinggal di Semarang jadi pasti paham lah seluk beluk Semarang. 

Menurut Mbak Dew dua-duanya sama aja, sama-sama aman bedanya hanya stasiun Tawang lebih besar ketimbang stasiun Poncol, udah itu stasiun Tawang juga lokasinya bersebrangan dengan Kota Lama Semarang, tinggal nyebrang aja udah sampai di kawasan Kota Lama Semarang. Oke, fix tanpa pikir panjang atau meditasi lagi, aku langsung pilih stasiun Tawang.

Itulah awal mulai aku menginjakan kaki di Kota yang diberi julukan “Venetie Van Java” kata Orang Belanda dulu, Semarang itu banyak dilalui sungai seperti di Venesia. Wah, bangga banget dong, jadi nggak usah jauh-jauh ke Itali buat menikmati keindahannya, cukup ke Semarang. Sebenarnya sih udah sering banget bolak balik ke Semarang - Jepara, tapi paling singgah sehari atau dua hari. Makanya ketika mendapatkan kesempatan buat tinggal lebih lama, jadi lebih semangat dong.

Menghirup udara Semarang dan menikmati pemandangan kota yang menjadi ibu kota Jawa Tengah ini memang menyenangkan, di Semarang ada banyak tempat yang ingin aku sambangi, yang kelak akan aku bagi melalui tulisan. Ternyata Semarang itu nggak menakutkan seperti yang aku bayangkan, malah banyak keramahan yang aku temukan, banyak tempat yang tak hanya menarik tapi mampu menciptakan banyak kenangan. 

Semarang, konon merupakan kota terindah saat malam hari jika dilihat dari Semarang atas, salah satu itulah membuat aku betah berlama-lama di kota yang memiliki semboyan kota ATLAS ini.

Inilah 5 Hal yang Kelak Akan Kamu Rindukan Tentang Semarang

1. Tempat Wisata yang Memanjakan Mata dan Hati
Semarang memiliki banyak tempat wisata yang sangat lengkap dari wisata alam, sejarah maupun wisata religi yang bakal ngangenin. Untuk wisata alam bisa mengunjungi Brown Canyon, Pantai Marina, Candi Gedong Songo yang terkenal dengan julukan Candi di atas awan. 

Tak hanya sampai di situ Semarang juga bisa membuat kita melempar ingatan ke masa lalu, dengan menjelajah Kawasan Kota Lama Semarang, Lawang Sewu juga Museum Nyonya Meneer dan Museum MURI. 

Sementara untuk wisata Religi bisa langsung menengok senejak di Masjid Agung Jawa Tengah yang memili payung seperti Masjid Nabawi. Klenteng Sam Po Koong dan yang popular itu Gereja Blenduk, Gereja tertua dengan bentuk yang menarik. Semua tempat wisata di Semarang nyaris ramah di kantong, lokasinya pun strategis bahkan terjangkau dengan kendaraan online. Semua tempat wisata pastinya punya ceritanya masing-masing yang kelak menjadi cerita yang tak terlupakan.

2. Memiliki Kuliner Perpaduan Jawa dan Tiongkok
Siapa pun sepakat kalau Semarang memang memiliki kuliner yang menggoda, dari aroma hingga sajiannya yang khas dan unik. Aku sendiri pasti berusaha menikmati kuliner khas setempat, karena bakal rugi kalau lewatin begitu aja.

Kuliner yang paling menonjol di Semarang merupakan perpaduan Jawa dan Tiongkok, semua kulinernya kaya akan rempah yaitu Lumpia, Tahu Pong dan Soto Bangkong. Ketiganya dengan mudah dijumpai dan pastinya bikin nagih, bahkan bisa membuat timbangan berat badan bergeser ke Kanan hahaha. Oh iya, saking terkenalnya sama Lumpia, kota Semarang juga mendapatkan julukan si Kota Lumpia lho.

3. Memiliki Banyak Perayaan Festival yang Menggoda
Doc Pribadi Festival Telemoyo

Semarang patut diacungi jempol karena kreatif banget, buat aku yang suka sama festival pasti nggak nyesel memilih Semarang untuk disambangi berulang kali, bahkan menetap dengan waktu yang memang tak lama. Ada festival Kota Lama Semarang, Festival Ceng Ho, Dugderan, Semarang Night Carnafal dan festival Telemoyo. Dan, yang bikin kagum karena beberapa festival Semarang masuk 100 Calender of Event Nasional.

BACA : SINGGAH SINGGIH MENARI DAN HANGATNYA LERENG TELEMOYO

4.  Ada Jejeran Kedai Kopi dari yang Jadul Sampai yang Instagramable
Tempat menikmati secangkir cerita pas lagi menunggu dimana lagi kalau bukan di kedai kopi. Iya, Semarang punya banyak jejeran tempat ngopi dari yang jadul sampai yang instagramable, tempat asyik buat nongkrong dan menikmati banyak cerita. 

Doc Pribadi Kofitiere

Selain rasanya enak, harganya juga tergolong ramah di kantong ketimbang harus ngopi di salah satu tempat kopi ternama di Ibu Kota tercinta. Salah satu tempat ngopi yang asyik itu di kofitiere, aku betah berlama-lama di sana haha.

5. Memiliki Komunitas Perempuan “Gandjel Rel”
Konon komunitas ini diberi nama Gandjel Rel mengusung taglineNgeblog Ben Rak Ngganjel,” aku udah lama banget tau komunitas ini, udah follow juga semua akun sosial medianya. Walaupun awalnya penasaran kok bawa-bawa Rel segala sih? Padahal Gandjel Rel nama roti khas Semarang.

Dan, pada Februari  ini alhamdullilah baru bisa gabung sama komunitas hits Semarang ini. Aku memang belum banyak punya cerita bersama komunitas yang ulang tahunnya akan dirayakan pada tanggal 23 Februari ini, tapi yang jelas aku senang bisa gabung. Dan, di hari ulang tahun komunitas Blogger yang didirikan sama lima perempuan super ini (Mbak Dew, Mbak Lestari, Mbak Rahmi, Mbak Uniek dan Mbak Wuri) semoga semakin solid, menjadi wadah buat teman-teman untuk makin produktif dan paling penting selalu mengajak dalam berbagi kebaikan lewat tulisan dan terus menebarkan manfaat.


Pokoknya Barakallah Fii Umrik buat Komunitas Blogger Gandjel Rel beserta semua anggota yang membersamainya selama ini. Yaaay #GanjelRel5Th kalau diibaratkan ini anak kecil yang masih lucu-lucunya.

Itulah 5 hal yang kelak akan aku rindukan ketika membincangkan tentang Semarang beserta kenangannya. Sebuah Kota yang hangat dan ramah, punya banyak tempat wisata dan kuliner yang enak. Kota yang terkadang panas dan bikin gerah, tapi cantik saat malam hari. Iya, Kota sejuta kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar