Minggu, 21 Juni 2020

Tips Menulis Sinopsis FTV Suara Hati Istri di Indosiar


Gimana teman-teman semua, masih betah di rumah aja kan? Nah, biar di rumah tetap produktif, aku mau ngajakin nih buat ikutan sayembara nulis sinopsis program Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar. Salah satu program favoritnya kaum Hawa, karena menyuarakan isi hati seorang istri. 

Program ini memang mengaduk-aduk perasaan, ada yang geregetan tapi masih terus nonton, karena suara hati istri merupakan tontonan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, bagaimana perjuangan seorang istri mempertahankan pernikahannya, dipenuhi oleh air mata, perjuangan dan kesabaran.  

Bisa dibilang Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar ini merupakan salah satu program andalan dengan rating tinggi, untuk itulah episode terbaru yang mulai tayang 15 Juni 2020 ini bergitu ditunggu-tunggu oleh penonton setianya. So, inilah sedikit pengalaman menulis Sinopsis FTV Suara Hati Istri, buat teman-teman semua, semoga bisa langsung dipraktikan yak. 

1. Ide yang unik dan fresh
Sebenarnya nggak ada cerita yang benar-benar baru, tapi kita bisa membuat cerita tersebut dengan beda, agar terlihat lebih fresh. Untuk ini teman-teman bisa banyak membaca, menonton dan lebih melihat juga mendengar. Iya melihat dan mendengar cerita atau curhatan yang ada di sekitar kita. 

Cara gampang buat ide itu dengan mengambil sesuatu hal yang lagi popular, semisal parasit, berdaster atau pas lagi viral yang pernikahan hanya bertahan 14 hari. Sebagai rekomendasi coba teman-teman nonton FTV Suara Hati Istri yang berjudul Betapa Banyak Cobaan Hidup Berumah Tangga Dengan Suami yang Lebih Tua, Beratnya Berumah Tangga Bersama Dua Mertua, Keluarga Suamiku Menjadi Parasit Dalam Rumah Tanggaku, Pernikahanku Hanya Bertahan 14 Hari

2. Judul yang menarik
Untuk judul memang nggak ada aturan baku harus bagaimana? Intinya judul harus menarik dan bikin orang menoleh. 
- Asal Suamiku Bahagia, Aku Rela Dia Mendua
- Suamiku Lebih Memilih Tetangganya daripada Rumah tangganya
- Aku tak dicintai, Tapi Juga Tak Ingin Disakiti
- Tak Seharusnya Ada Orang Ketiga Diantara Kita

3. Alur yang Mengalir
Walaupun hanya sinopsis tapi penting juga menulis sinopsis dengan bahasa yang mudah dipahami dan alur yang mengalir dari awal sampai akhir juga harus logis. Teman-teman bisa memulai dari konflik dulu, karena dengan adanya konflik bisa membuat cerita lebih menarik.

4. Ikutin Ketentuan

"Aah, bikin sinopsis suara hati istri mah gampang banget."

"Emang pernah nonton?"

"Belum sih, tapi kata orang begitu-begitu doang!"

Mak jleb banget ya. Ini penting banget buat teman-teman yang mau menulis sinopsis Suara Hati Istri, hal yang pertama yang harus teman-teman lakukan itu menonton Suara Hati Istri, gimana bisa bikin sinopsis yang menarik, kalau nonton aja nggak pernah. Jangan sampe terlontar, "Emang yang mana sih suara hati istri itu?" 

Intinya tak kenal maka tak sayang, jadi biar disayang harus nonton, minimal lima judul yang baru tayanglah. Dari nonton itu kita bisa pelajari, bagaimana alur ceritanya, tokoh yang terlibat, segmennya siapa, bahkan pesan yang akan disampaikannya apa? Nah dari hal-hal kecil itu teman-teman bisa mulai tau. Kemudian juga saat membuat sinopsis perhatikan hal-hal berikut ini :

Jumlah halaman

Jumlah halamannya sekitar 3-5 halaman dengan jenis tulisan Book Antiqua 12.
Tokoh
Kemudian perhatikan untuk tokoh, baiknya jangan terlalu banyak agar lebih fokus dan meminimalkan budget, untuk pemain bisa sekitar 5 pemain ( Suami, Istri, Orang Ketiga, Mertua, anak ( Kalau memang ceritanya ada anak)
Setting
Untuk setting biasanya sekitar rumah, kantor, jalanan tergantung cerita, tapi baiknya hindari setting yang aneh atau nggak perlu, semisal gunung, pantai atau luar kota, ingat minimalkan budget ya.

Sinopsis FTV sama kok dengan sinospis novel, harus jelas dari awal sampai ending, jangan sampai editor atau pihak dari MKF pas baca sinopsis teman-teman yang ada malah kebingungan. 


5. Ending yang Ngetwist

Penting banget dalam menulis sinopsis menyertakan ending, jangan sampai belum ada ending atau endingnya masih dirahasiakan. Walaupun penonton suka happy ending, tapi nggak masalah buat sad ending, asalkan semua masalah terselesaikan, misalnya si tokoh utama harus pisah demi kebahagiaan masing-masing, atau si tokoh bisa juga meninggal tapi emang harus jelas. Intinya sih ada pesan positif di setiap cerita yang akan teman-teman buat, karena tayangan nggak hanya menghibur, harus ada pesan positifnya buat pelajaran yang berharga dan kalau bisa kasih sedikit kejutan.

Walaupun ada tim penulis khusus yang menulis program Suara Hati Istri ini, namun beberapa waktu yang lalu di instagram MKF ada info untuk mengikuti sayembara Suara Hati Istri, teman-teman bisa mengirimkan sinopsis beserta data diri lengkap, yaitu Nama, Alamat, No KTP/SIM ke email suarahatiistri@indosiar.com atau melalui pos ke alamat Tim Suara Hati Istri, SCTV Tower Lantai 20, Senayan City, Jln. Asia Afrika Lot 19, Jakarta Pusat 10270. Untuk cerita yang terpilih dan ditayangkan teman-teman bisa mendapatkan uang tunai senilai Rp. 1 juta rupiah. Gimana, menggiurkan kan?

(Info Terbaru SAYEMBARA ternyata sudah CLOSED ya)

Baca Juga : Inilah 3 FTV yang Bikin Baper di Bulan Februari

44 komentar:

  1. Apakah masih berlangsung atau sudah ditutup sayembara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Dm instagram MKF ya Kak, untuk batas sayembara ini, makasih.

      Hapus
  2. Saya mau ikutan, kalo udah dibuat tulisan nya dikirim melalui fb bisa ngak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Via email yang tertera kak atau ke alamat yang tertera di atas yak

      Hapus
  3. Kalo mau ikutan sayembara dikirim melalui fb bisa ngakk

    BalasHapus
  4. Aku bingung..aku bisa sih buat ceritanya..tp ngk tau dan bingung gimna caranya..

    BalasHapus
  5. Ok makasih,nanti saya coba kirim, semoga menjadi berkah buat kita semua

    BalasHapus
  6. Itu dijadikan dokumen terus link nya dikirim lewat email ya?

    BalasHapus
  7. Masih berlaku nggk kak saymbaranya

    BalasHapus
  8. Pengen bikin. Tapi kaya gimana ya awal mula nulis nya.. ..

    BalasHapus
  9. Saya pernah mengirimkan lewat e-mail tapi setelah itu gak ada info apapun, diterima tidak nya? Gmana kak

    BalasHapus
  10. masih dibuka sayembaranya kak apa udah tutup?

    BalasHapus
  11. Masih berlaku sayembaranya, saya mau ikutan?

    BalasHapus
  12. Kak, itu menulis data diri di badan email atau dilampirkan di dokumen bersama sinopsisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih dibuka gak sih sayembaranya?

      Hapus
  13. Aq punya cerita... Tp ga bisa cara nulis sinopsisnya... Tolong bantu.

    BalasHapus
  14. caranya ngeliat yang ditayangin berdasar sayembara gimana kak

    BalasHapus
  15. Apa masih di buka Sayembaranya...??
    Masih bisa untuk bergabungkah...??

    BalasHapus
  16. Saya punya crita saya sendri ,tp gmn cranya

    BalasHapus
  17. Aku mau ikutan msh ad ta sayembaranya..

    BalasHapus
  18. Saya seorang pensiunan pendidik (laki-laki) rajin banget nonton SUARA HATI ISTRI, saya tertarik ingin ikut menulis cerita dengan kejadian dan pengalaman keluarga, adik, kakak, ibu, teman dan tetangga tapi sayangnya yang boleh ikut para wanita/istri saja. Perbolehkan dong para pria (suami, bapak, ortu) yang bisa menulis pengalaman dan pengamatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk menuliskan pengalaman bebas kok boleh perempuan maupun laki-laki.

      Hapus
    2. Kalau untuk menuliskan pengalaman bebas kok boleh perempuan maupun laki-laki.

      Hapus
  19. Pengen bgt ikut berpartisipasi dlm sayembara ini...tiap hari aq sllu nonton SHI di indosiar. Kdg suka sedih, gregetan, kesel, emosi jiwa kl nonton kisah-kisah nya....

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Sepertinya udah nggak kak, untuk info lebih lanjut silahkan hub instagram mkf_official ya kak

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum apa masih bisa . saya sering nonton Indosiar kadang pagi sampai pada chsi wah suka banget karena
    Saya sudah lama mengarang cerita nya terjadi pada diri saya benar benar keluar air mata terus kalau nonton

    BalasHapus
  22. Apa masih bisa ikut... sayembaranya

    BalasHapus
  23. Masih berlaku ga sih sayembaranya, soalnya sya udah nulis cerita dan sudah sya kirimkan mba?

    BalasHapus
  24. Masih bisakah ngirim sayembaranya

    BalasHapus
  25. Saya mau cerita pengalaman hidup saya mungkin bisa dijadikan film indosiar.selalu tak bahagia menikah dua kali salah memilih suami dan mertua yang jahat.dulu aku nikah pertama sama si tito seno adji gak lama kemudian aku hamil tetapi dia malah memukul kandunganku akhirnya aku kesakitan gak berapa lama saya melahirkan di rumah sakit karangmenjangan alhamdulillah lahir normal akan tetapi anaknya tidak diakui minta tes dna.saya bilang ini anak kamu terserah kamu percaya atau tidak aku sdh capek.akan tetapi dia malsh pergi meninggalkanku .akhirnya suatu saat saya setelah melahirkan mencari kerja akhirnya diterima di toko baju dtc akan tetapi gaji ya kecil.suatu saat aku bertemu temanku menawarkam pekerjaan dengan gaji lumayan akhirnya saya bekerja diroyal plasa ditoko makanan.suatu hari aku pulang larut karena lembur akan tetapi aku dicurigai dibilang selingkuh.padahal tdk karena saya menolak laki laki itu yang suka sama saya .saya bilang uda punya suami anak.gimana pernikanmu ya begitulah jawabku.trus aku blg aku plg yah nanti dicariin suamiku kasian anakku.saya pulang jalan kaki akan tetapi sudah tiba dirumah bukan disambut baik malah ditampar.km dari mana saya kerja km tk cariin gak ada saya pindah kerja diroyal sdh tdk didtc.knp km tdk blg saya dihantsm saya dengan tangan ya.akhirnya saya menanggis kebelakang bilang ibuk saya .ibu... sakitkno nak saya baru plg krj dipukul.uda km disini aja namti dipukul lagi.kasian km nak sdh suami tdk bertanggung jwb ringan tangan.akhirnya suatu saat saya memilih risend dr pekerjaan sayadansuatu saat suamiku tito bekerja dihpyermart royal plaza akan tetapi plg ya selalu larut malam kalo ditanyain marah .suatu saat gak pulang2 ternyata saya samperin dikerjaan ya petugas ya bilang mohon maaf kakak siapa dan cari siapa .mohon maaf saya septi cari suami saya.si penjaga bilang suami anda tito boncengan sama wanita lain naik sepeda betapa hatiku menanggis tersedu sedu.dulu kau tuduh sku kau cavi maki aku ternyata kau sendiri yang selingkuh sakitnya.setelah aku menanggis aku pun pulang.setelah selang 6 bln mama nya bingung ngajak tinggal dijakarta akan tetapi aslinya saya tdk mau.dengan terpaksa ikut orang tuaku juga pun ikut.akhinya aku dan ibuku dijadikan budak oleh keluarga ya sakit ngt intinya.akhirnya aku gk kuat aku plg menjual hp ku untuk biaya kereta .alhamdulillah km harus bersyukur.ahamdulillah sembuh adek ya.suatu saat saya

    BalasHapus