Minggu, 21 Juni 2020

Tips Menulis Sinopsis FTV Suara Hati Istri di Indosiar


Gimana teman-teman semua, masih betah di rumah aja kan? Nah, biar di rumah tetap produktif, aku mau ngajakin nih buat ikutan sayembara nulis sinopsis program Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar. Salah satu program favoritnya kaum Hawa, karena menyuarakan isi hati seorang istri. 

Program ini memang mengaduk-aduk perasaan, ada yang geregetan tapi masih terus nonton, karena suara hati istri merupakan tontonan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, bagaimana perjuangan seorang istri mempertahankan pernikahannya, dipenuhi oleh air mata, perjuangan dan kesabaran.  

Bisa dibilang Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar ini merupakan salah satu program andalan dengan rating tinggi, untuk itulah episode terbaru yang mulai tayang 15 Juni 2020 ini bergitu ditunggu-tunggu oleh penonton setianya. So, inilah sedikit pengalaman menulis Sinopsis FTV Suara Hati Istri, buat teman-teman semua, semoga bisa langsung dipraktikan yak. 

1. Ide yang unik dan fresh
Sebenarnya nggak ada cerita yang benar-benar baru, tapi kita bisa membuat cerita tersebut dengan beda, agar terlihat lebih fresh. Untuk ini teman-teman bisa banyak membaca, menonton dan lebih melihat juga mendengar. Iya melihat dan mendengar cerita atau curhatan yang ada di sekitar kita. 

Cara gampang buat ide itu dengan mengambil sesuatu hal yang lagi popular, semisal parasit, berdaster atau pas lagi viral yang pernikahan hanya bertahan 14 hari. Sebagai rekomendasi coba teman-teman nonton FTV Suara Hati Istri yang berjudul Betapa Banyak Cobaan Hidup Berumah Tangga Dengan Suami yang Lebih Tua, Beratnya Berumah Tangga Bersama Dua Mertua, Keluarga Suamiku Menjadi Parasit Dalam Rumah Tanggaku, Pernikahanku Hanya Bertahan 14 Hari


2. Judul yang menarik
Untuk judul memang nggak ada aturan baku harus bagaimana? Intinya judul harus menarik dan bikin orang menoleh. 
- Asal Suamiku Bahagia, Aku Rela Dia Mendua
- Suamiku Lebih Memilih Tetangganya daripada Rumah tangganya
- Aku tak dicintai, Tapi Juga Tak Ingin Disakiti
- Tak Seharusnya Ada Orang Ketiga Diantara Kita


3. Alur yang Mengalir
Walaupun hanya sinopsis tapi penting juga menulis sinopsis dengan bahasa yang mudah dipahami dan alur yang mengalir dari awal sampai akhir juga harus logis. Teman-teman bisa memulai dari konflik dulu, karena dengan adanya konflik bisa membuat cerita lebih menarik.

4. Ikutin Ketentuan

"Aah, bikin sinopsis suara hati istri mah gampang banget."

"Emang pernah nonton?"

"Belum sih, tapi kata orang begitu-begitu doang!"



Mak jleb banget ya. Ini penting banget buat teman-teman yang mau menulis sinopsis Suara Hati Istri, hal yang pertama yang harus teman-teman lakukan itu menonton Suara Hati Istri, gimana bisa bikin sinopsis yang menarik, kalau nonton aja nggak pernah. Jangan sampe terlontar, "Emang yang mana sih suara hati istri itu?" 


Intinya tak kenal maka tak sayang, jadi biar disayang harus nonton, minimal lima judul yang baru tayanglah. Dari nonton itu kita bisa pelajari, bagaimana alur ceritanya, tokoh yang terlibat, segmennya siapa, bahkan pesan yang akan disampaikannya apa? Nah dari hal-hal kecil itu teman-teman bisa mulai tau. Kemudian juga saat membuat sinopsis perhatikan hal-hal berikut ini :

Jumlah halaman

Jumlah halamannya sekitar 3-5 halaman dengan jenis tulisan Book Antiqua 12.
Tokoh
Kemudian perhatikan untuk tokoh, baiknya jangan terlalu banyak agar lebih fokus dan meminimalkan budget, untuk tokoh bisa sekitar 5 pemain.
Setting
Untuk setting biasanya sekitar rumah, kantor, jalanan tergantung cerita, tapi baiknya hindari setting yang aneh atau nggak perlu, semisal gunung, pantai atau luar kota, ingat minimalkan budget ya.

Sinopsis FTV sama kok dengan sinospis novel, harus jelas dari awal sampai ending, jangan sampai editor atau pihak dari MKF pas baca sinopsis teman-teman yang ada malah kebingungan. 


5. Ending yang Ngetwist

Penting banget dalam menulis sinopsis menyertakan ending, jangan sampai belum ada ending atau endingnya masih dirahasiakan. Walaupun penonton suka happy ending, tapi nggak masalah buat sad ending, asalkan semua masalah terselesaikan, misalnya si tokoh utama harus pisah demi kebahagiaan masing-masing, atau si tokoh bisa juga meninggal tapi emang harus jelas. Intinya sih ada pesan positif di setiap cerita yang akan teman-teman buat, karena tayangan nggak hanya menghibur, harus ada pesan positifnya buat pelajaran yang berharga dan kalau bisa kasih sedikit kejutan.


Nah, untuk mengikuti sayembara Suara Hati Istri, teman-teman bisa mengirimkan sinopsis beserta data diri lengkap, yaitu Nama, Alamat, No KTP/SIM ke email suarahatiistri@indosiar.com atau melalui pos ke alamat Tim Suara Hati Istri, SCTV Tower Lantai 20, Senayan City, Jln. Asia Afrika Lot 19, Jakarta Pusat 10270. Untuk cerita yang terpilih dan ditayangkan teman-teman bisa mendapatkan uang tunai senilai Rp. 1 juta rupiah. Gimana, menggiurkan kan?

Baca Juga : Inilah 3 FTV yang Bikin Baper di Bulan Februari

1 komentar: