Jumat, 01 Juli 2022

7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Ngeblog

 


Beberapa waktu yang lalu, aku ditanya oleh seseorang, gimana caranya mengatasi rasa bosan saat ngeblog? Tentu saja "Bosan" menjadi kata paling ampuh saat kita malas, bosan juga menjadi hal yang paling menakutkan, seperti dalam satu hubungan kalau sudah memiliki rasa bosan pasti akan ditinggalkan, aduh jadi curhat.

Bosan boleh saja, silahkan menepi sejenak tapi jangan sampai pernah menghilang. Kembali lagi membahas rasa bosan saat ngeblog, pastinya setiap orang pernah mengalaminya termasuk aku. Bisa ditengok untuk tahun 2022 yang sudah menginjak bulan ke tujuh, postingan aku itu baru 10 saja, tentu saja hal itu nggak ideal.

Inilah 7 tips mengatasi rasa bosan saat ngeblog, yakni :

1. Tinggalkan Sejenak
Tidak mengapa meninggalkan sejenak rutinitas yang sama, terlebih hal tersebut sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Mengulang kegiatan yang sama terkadang menimbulkan kebosanan. 

Tapi perlu diingat, meninggalkan sejenak bukan untuk selama-lamanya yak, sebab kalau kamu mencintai apapun termasuk pekerjaan, nggak akan sanggup meninggalkannya begitu saja. 

2. Mengganti suasana
Mengganti suasana kerja juga bisa menjadi hal yang positif, intinya harus lebih kreatif. Mungkin saja bisa renovasi ruang kerja jadi lebih santai dan lebih hijau dengan menghadirkan beberapa tanaman yang menyejukan mata, bisa juga mengetik di cafe atau sambil liburan bahkan tempat lainnya demi mengganti suasana agar lebih beragam dan lebih fresh.  

3. Tengok Prestasi Orang Lain
Setidaknya dengan melihat prestasi orang lain, entah prestasinya menang lomba blog atau menulis lainnya, pasti hati kecil kita kembali bersemangat untuk ngeblog. 

4. Mencoba Mencari Ide
Kalau punya banyak ide untuk tulisan, mungkin nggak akan malas lagi buat ngeblog. Biasanya ide itu datang kapan pun dan melalui hal apapun, jadi jangan pernah bilang nggak punya ide atau curhat kalau kehabisan ide.

Ide itu bisa datang lewat lagu, saat nonton, melalui makanan, bahkan dari mengobrol juga bisa mendatangkan ide. Jadi ide itu bertebaran, hanya bagaimana kitanya saja mau menangkapnya atau membiarkannya pergi begitu saja.

5. Membuat Plan
Nah biar ngeblog lebih semangat lagi, bisa juga membuat planning atau jadwal selama satu bulan, misalnya membuat tema sesuai tanggal penting di bulan tersebut, sisanya baru deh diisi dengan tema lainnya. 

Misalnya saja kalau bulan Juli ada Lebaran Idul Adha, bisa saja membuat tulisan seputar Idul Adha dan sisanya baru tema lainnya. 

6. Tujuan Ngeblog
Coba pikirkan lagi sebenarnya tujuan ngeblog itu apa sih? Cari uang, karena hobi atau sekedar buat curhat? Apapun tujuan ngeblog pastinya harus paham risiko dan harus bertanggung jawab.

7. Gabung di Komunitas
Agar nggak lagi malas buat ngeblog, baiknya bisa bergabung di komunitas yang nyaman dan mendukung kegiatan ngeblog, salah satu komunitas tersebut itu Gandjel Rel, dengan bergabung di komunitas setidaknya akan membuat kita lebih bersemangat lagi buat ngeblog, karena banyak teman yang bisa diajak diskusi maupun sharing. 

Intinya kalau kamu jatuh cinta sama ngeblog, pasti ada banyak cara untuk kembali semangat lagi, apapun itu pasti kamu akan lakukan, namanya juga udah cinta, upps. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar