Sabtu, 04 Mei 2019

Wisata Malam di Jakarta dengan Rekomendasi Tempat Terbaik


Siapa pun yang menetap atau sekadar berkunjung ke Jakarta pasti merasakan kehidupan yang seakan-akan tak pernah beristirahat. Bahkan di malam hari, saya masih melihat orang-orang berkeliaran di temani dengan gedung-gedung di pusat perkotaan yang terus menyala.

Ternyata hal tersebut menjadi daya tarik sejumlah wisatawan untuk menggelar wisata malam di Jakarta. Lokasi-lokasi yang dikunjungi pun beragam, dari cafe 24 jam hingga tempat bersejarah yang dianggap angker. Akan tetapi, sebelum teman-teman melakukan perjalanan, simak dulu rangkaian tip Traveloka aktivitas & rekreasi untuk membantu persiapan teman-teman.


1. Menggali informasi lokasi tujuan
Berkunjung ke lokasi tujuan tanpa memegang secuil informasi bukan hanya membuat teman-teman bingung, tetapi juga dapat mengurangi keseruan dari wisata malam. Maka dari itu baiknya kumpulkan dulu data-data yang dibutuhkan seperti sejarah tempat, jam operasional, hingga transportasi yang bisa digunakan. Langkah ini terbilang sangat krusial, terutama untuk wisatawan yang belum pernah datang ke Jakarta.

2. Mengenakan pakaian yang nyaman
Jenis pakaian yang teman-teman kenakan untuk wisata malam mungkin akan berbeda dari wisata di waktu lain. Selain karena faktor cuaca, pakaian yang tepat dan nyaman akan mengurangi peluang kejahatan yang sering terjadi di malam hari. Jangan memilih baju yang mencolok atau berlebihan, sebab dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan membuat wisatawan lain terganggu. Udah kebayang dong mau pakaian kaya apa?!

3. Bepergian bersama teman/kelompok
Menyambung dari poin sebelumnya, melakukan wisata malam bersama teman atau kelompok dinilai lebih aman. Pasalnya, tidak semua sudut di tempat wisata terpantau petugas maupun CCTV. Bukan cuma itu, jalan-jalan secara berkelompok akan memudahkan teman-teman menemukan transportasi hingga dapat mengambil foto di lokasi-lokasi yang menarik secara bergantian. Kalau jalan-jalan sendirian terus yang fotoin siapa? Hehehe...

4. Membawa uang tunai secukupnya
Meski ada banyak ATM 24 jam di Jakarta, belum tentu semuanya berada di sekitar tempat yang akan teman-teman kunjungi dalam wisata malam. Maka sebagai bentuk antisipasi, bawalah uang tunai secukupnya. Pastikan juga gak menggunakan uang tunai bernilai besar. Pecahan kecil akan lebih membantu saat membayar ongkos transportasi dan makanan di tengah perjalanan, bahkan bisa bayar foto saat bersama kuntilanak di kawasan kota Tua, Jakarta.

5. Mengisi baterai ponsel sampai penuh
Ponsel memegang peranan penting sebagai alat komunikasi hingga antisipasi dalam keadaan darurat. Jadi sebelum keluar, pastikan mengisi baterai ponsel dengan full sampai penuh, jangan lupa bawa portable charger atau power bank bila memungkinkan. Dengan begitu, gak perlu meminjam ponsel teman kalau sedang membutuhkan sesuatu yang bersifat darurat.

Lokasi-lokasi wisata malam terbaik di Jakarta
Ada banyak objek wisata malam di Jakarta yang bisa dimasukan ke daftar tempat untuk dikunjungi, namun berikut empat tempat yang direkomendasikan, diantaranya:

1. Kota Tua
Dikenal juga sebagai Old Batavia, Kota Tua menyimpan tempat-tempat bersejarah menarik seperti Museum Fatahillah, Museum Keramik, hingga Museum Wayang. Teman-teman bisa mengelilingi kawasan Kota Tua dengan sepeda sambil sesekali mencicipi kuliner malam. Jangan lewatkan pula Jembatan Kota Intan yang Instagramable berkat hiasan lampunya yang memukau. Oh iya saya sendiri suka sama suasana malam kota tua, terlihat indah dengan warna-warni gemerlip lampu.




2. Pasar Baru
Bagi yang suka wisata kuliner malam, Pasar Baru adalah salah satu spot yang wajib dikunjungi. Pasar yang tak jauh dari Masjid Istiqlal tersebut adalah pusat perbelanjaan tua yang sudah ada sejak 1820. Pusat mode di masa lampau ini perlahan berubah menjadi destinasi wisata kuliner terbaik. Bakmi Gang Kelinci, Bakso Rusuk, dan Bakmi A Boen adalah beberapa tempat makan terenak di Pasar Baru, nah kalian mau cobain yang mana? 

3. Monas
Memang kurang lengkap rasanya datang ke Jakarta kalau belum datang ke Monumen Nasional atau Monas. Di malam hari, keindahannya semakin terpancarkan berkat lampu-lampu di sekitarnya. Untuk wisatawan yang tertarik berkunjung ke Monas di malam hari sebaiknya harus bersiap datang lebih cepat karena pihak pengelola hanya menyediakan 700 tiket sampai pukul 9 malam saja. Saya sendiri senang bisa mengunjungi monas malam hari, karena kalau siang panas banget hehe.




4. Kemang dan Senopati
Ingin menikmati kehidupan malam Jakarta yang kekinian? Kemang dan Senopati adalah salah dua lokasi yang cocok dengan hal tersebut, terutama kalau Anda sedang ada di Jakarta Selatan. Kawasan ini menjadi ‘rumah’ dari berbagai kafe dan tempat Keramaian yang berlangsung di Kemang dan Senopati bahkan bisa teman-teman rasakan di hari-hari biasa. Kulinernya juga enak-enak.

Bagaimana, seru sekali bukan? Pastikan teman-teman harus memiliki kesiapan yang cukup sebelum melakukan wisata malam di Jakarta. Lakukanlah perencanaan dari sekarang agar wisata terasa nyaman dan berjalan dengan baik. Oh iya, jangan lupa ajak saya ya...

3 komentar:

  1. Pasar baru, kemang dan senopati, aku belum semua mba. Makasih yaaa rekomendasinya.

    BalasHapus
  2. Aku udah pernah wisata malam ke Monas, beruntung bisa liat air mancur menari di sana. Penasaran ama Kota Tua kalau malam hari, romantis atau mistis ya hehehehe

    BalasHapus
  3. Diantara beberapa tempat itu, aku pernah ke Monas pas malem & ngeliat air menari

    BalasHapus