Rabu, 08 Mei 2019

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat Berpuasa

"Menjaga kesehatan pencernaan merupakan salah satu bentuk syukur dalam mencintai tubuh"

"Ya, doain ya besok aku mau operasi wasir."


DEG! Suara itu masih terngiang di telingaku, sebuah telpon dari sepupu yang tinggal di luar kota, mampu membuat tubuh melemas seketika, maklum saja kalau mendengar yang namanya operasi otomatis ada rasa takut di hati.


Sepupu aku memang sudah lama menderita ambeien, menurut dia awalnya sembelit, dia juga cerita kalau dirinya itu kerja lebih banyak duduk, maklum dia itu pemilik konveksi karena kekurangan tenaga kerja, jadi dia ikut menjahit, setiap hari dia duduk dari pagi hingga sore, istirahat sesekali paling buat mengcek pesanan, dia juga jarang minum dan nyaris tak pernah konsumsi sayur dan buah, ya alasannya memang seperti pada umumnya, karena "Gak Suka dan gak terbiasa" 

Menurutnya tak ada yang lebih penting dari pekerjaannya dan pelanggan adalah raja, sampai dia rela bergadang demi memenuhi pesanan pelanggan. Sampai suatu hari dia menangis saat gak bisa atasi susah BAB, karena harus mengejan dalam waktu yang lama dan proses itu terus berulang sampai kondisinya parah dan berakhir di meja operasi.

Miris memang, tapi itulah sebuah realita di mana masih banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai sembelit, malah tak sedikit yang menyepelekan, padahal sembelit bisa menyebabkan ambeien dan komplikasi lainnya.


Semenjak kejadian yang menimpa sepupuku, pandanganku mengenai kesehatan terutama sembelit pun berubah, intinya #janganbiarinnumpuk sama yang ada di perut. Sembelit bukan sesuatu yang sepele, tapi harus diobati dan kalau perlu harus dicegah sejak dini. Aku pun merasa terusik untuk berbuat lebih, terutama saat puasa nanti, biar puasanya lebih lancar dan perut juga nyaman. 

Aku mulai mencari informasi sebanyak mungkin mengenai sembelit, cara mengatasi sulit BAB bahkan sampai searching demi mendapatkan informasi sebanyak mungkin, terlebih saat menjalankan ibadah puasa, aku gak mau puasa terganggu karena saluran pencernan yang gak sehat. 

Disaat itulah aku mendapatkan informasi mengenai acara blogger gathering Dulcolax X Fimelahood yang diselenggarakan dalam rangka hari kesehatan pencernaan. Acara tersebut mengusung tema puasa lancar, perut nyaman, temanya tuh pas banget, mumpung bulan puasa juga, jadi aku tuh bisa mempersiapkan diri biar perut nyaman dan puasa lancar. 

Acara yang berlangsung di Kedai kopi 89 ini sangat meriah, semua blogger yang hadir dengan balutan dress code hijau ala dulcolax bikin nyaman di pandang, terlebih setiap sudut kedai kopi 89 nya juga instagrammable



Acara tersebut juga dihadiri oleh Dr. Nycta Gina yang bercerita sempat mengalami sembelit saat hamil anak pertama dan kedua. Ternyata perempuan yang hamil dan orang tua yang jarang bergerak juga rentan mengalami sembelit. Saat itu juga aku tuh berkenalan sama Dulcolax merupakan obat pencahar yang aman untuk anak hingga dewasa, udah itu lengkap banget ada yang tablet hingga sirup.


Banyak orang yang sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci, termasuk aku. Berbagai pengalaman mengenai sembelit, awalnya membuat aku was-was kalau pas puasa perut gak nyaman, belum lagi gangguan pencernaan selama berpuasa, tapi semua kekhawatiranku lenyap seketika. Berikut merupakan cara sederhanaku menjaga kesehatan pencernaan saat berpuasa.

1. Walaupun berpuasa tubuh gak boleh kehilangan cairan, jadi aku tetap minum air putih 8 gelas perhari, aku pun menerapkan pola 242 agar terhindar dari dehidrasi.

2. Puasa itu selain kewajiban, melainkan cara alami membuang racun tubuh, Insyaallah selama puasa aku mulai rajin konsumsi buah dan sayuran, kalau perlu porsinya ditambah biar gak jajan terus hehe, setidaknya dengan perbanyak makan mengandung serat, bisa buat pencernaan jadi sehat.

3. Ini sebenarnya sih sepele, aku tuh suka nahan buang air terutama di jalan, padahal kalau dibiarin bikin penyakit, makanya mulai sekarang aku tuh gak mau nahan buang air lagi.

4. Biasanya aku tuh doyan banget duduk lama buat kerja, nah selama ramadan ini aku mau banyakin gerak biar gak duduk terus, bisa mulai jalan keliling komplek, terus mulai rajin kerjaan di rumah, pokoknya mulai banyakin gerak deh.

5. Pastinya setiap orang itu punya masalah, kalau aku lebih mencari solusi ketimbang meratapi nasib haha.. pokoknya aku sih kelola Stres, soalnya kalau stres itu rentan terhadap berbagai penyakit.

6. Kalau memang udah susah banget BAB atau sampai seminggu itu BAB hanya sekali atau dua kali aja #janganbiarinnumpuk, kebayang dong sampah kalau dibiarin numpuk jadinya kaya gimana?! kalau aku sih rekomendasiin minum dulcolax, obat pencahar yang aman dan khasiatnya langsung terasa.



Sejak itu, aku mulai paham menjaga kesehatan itu jauh lebih penting, terutama saat bulan ramadan seperti ini, jangan sampai puasa terganggu hanya karena pencernaan gak beres bahkan sampai susah BAB. Ayo jaga kesehatan pencernaan selama berpuasa, semoga puasa aku dan teman-teman lancar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar