Senin, 10 Desember 2018

Menjaga Bumi Dengan Hemat Energi


Apakah bisa hidup tanpa listrik? 

Sebuah pertanyaan sederhana namun penuh makna, karena saat ini listrik sudah menjadi bagian hal yang terpenting dalam kehidupan, nyaris tak bisa dipisahkan, terlebih bagi saya yang memang bekerja di dunia digital, pastinya membutuhkan listrik. 




Teman-teman, pernah gak sih, menonton tipi sampai ketiduran? Lupa matiin keran air? Menyeterika hanya satu baju, nyalain AC saat musim dingin, atau bahkan menyalakan lampu di siang hari. Ternyata hal yang sering kita anggap sepele memiliki efek yang tidak baik.

Bahkan seperti yang saya dengar di acara talkshow Koaksi "Saatnya Energi Muda Beraksi" yang diselenggarakan pada 27 November 2018 yang lalu, bahwanya masih banyak masyarakat di daerah pelosok yang belum merasakan listrik. Hal tersebut kembali mengingatkan saya saat mengunjungi Baduy Dalam beberapa waktu yang lalu. 

Perjalanan saya ke Baduy Dalam memiliki banyak pengalaman berharga, bisa lebih dekat dengan alam dan menikmati hidup tanpa listrik, saat itu saya merasa kalau selamanya saya boros listrik, maka tidak bisa dipungkiri dunia akan gelap. Sejak itulah saya sadar, bahwa salah satu cara menjaga bumi itu dengan hemat energi.

Saat ini listrik merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat, banyak kegiatan sehari-hari yang mengandalkan keberadaan listrik. Akan tetapi, semakin hari pengeluaran akan biaya listrik ini semakin membengkak, selain itu masih banyak masyarakat di daerah lain yang belum bisa merasakan listrik, untuk itulah kita bisa menjadi pahlawan hemat energi yang dimulai dari diri sendiri. 

Berikut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa hemat listrik, secara sederhana yaitu :

1. Cabut Peralatan dari Saklar Saat Tidak Digunakan
Apabila saklar atau kabel yang tidak digunakan, sebaiknya dicabut, seperti pengisi daya gadget, setrika, TV, dan barang elektronik lainnya. Hindari menancapkan kabel pada saklar ketika sedang tidak digunakan, hal ini karena listrik tetap mengalir dari kabel tersebut dan akhirnya terbuang sia-sia. Ini bisa menyebabkan kita harus membayar tagihan yang sebenarnya tidak digunakan.  

2. Gunakan Listrik dengan Sistem Pulsa
Apabila ingin hemat listrik, maka sebaiknya gunakan listrik pulsa, hal ini karena pengeluaran pulsa listrik bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga pengeluaran listrik lebih terkontrol. Berbeda halnya jika menggunakan listrik pascabayar dimana seringkali penggunaan listrik tidak terkontrol. 

3. Hemat Penggunaan Lampu. 
Gunakan lampu hemat energi, dan apabila sudah tidak digunakan, segera matikan listrik, selain itu, matikan listrik saat tidur atau gunakan listrik berdaya rendah, cara ini bisa lebih menghemat penggunaan listrik. 

4. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur
Jangan biasakan tidur dengan peralatan elektronik menyala, misalnya seperti TV yang masih menyala di tengah malam karena ditinggal tidur, atau gadget yang masih menancap pada pengisian baterai. Ini bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak.  Selain membuat listrik membengkak, mengisi baterai dan ditinggal tidur juga bisa menyebabkan baterai menggelembung. 

5. Menyetrika Banyak Baju
Saat menyetrika, sebaiknya langsung setrika banyak baju, jangan satu per satu di setrika saat hendak dipakai. Daya setrika itu sangat tinggi, hal ini karena setrika membutuhkan daya panas untuk digunakan. Oleh sebab itu, apabila digunakan sebentar-sebentar, daya listrik akan sering melonjak naik dan membuat tagihan listrik membengkak. 

Itulah cara kita untuk menjadi pahlawan hemat energi, dengan begitu kita bisa hemat listrik dan tagihan listrik tidak membengkak. Apalagi penghematan listrik juga sangat penting untuk menjaga bumi sehingga sumber energi bumi bisa tetap digunakan hingga anak cucu nanti.

Yuk ah, generasi muda saatnya kita mengembangkan energi terbarukan agar generasi kita bisa terus menikmati listrik. Siapa lagi yang akan menjaga bumi, kalau bukan kita? 

5 komentar:

  1. Di Baduy Dalam belum ada listrik, ya? Atau memang sengaja nggak ada listrik?

    BalasHapus
  2. Habit di hotel juga harus diperhatikan, kadang ada yang suka-suka nyalain semua lampu yang sebenarnya tak perlu dinyalakan atau saat handuk masih bersih, minta diganti. Ini kan habit buruk yang bikin boros energi :D

    BalasHapus
  3. Aku nih suka ketiduran kalau nonton TV, hehe. Tapi skrg agak jarang ntn ,ih. Nontonnya ya cuma.malem aja pas mau tidur itu, wkwkwk

    BalasHapus
  4. Iya sih mbak, menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan adalah cara untuk menjaga bumi kita.

    BalasHapus
  5. Aku masih pakai meteran di rumah Mbak...karena pelanggan lama. Kalau pakai pulsa lebih hemat ya, wah perlu dipikirkan ini

    BalasHapus