Jumat, 03 November 2023

Peran Media Dalam Menyuarakan Isu Penyakit Kusta


Penting sekali media mengedukasi masyarakat tentang isu penyakit Kusta, agar masyarakat lebih aware dan tentu saja agar penyakit kulit tersebut nggak dianggap sebagai kutukan, karena Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua dan sudah ada sejak zaman dulu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae ini menular melalui udara.

Penyakit ini memang nggak memandang bulu, siapapun bisa terkena, dari anak-anak sampai orang dewasa. Untuk itulah penting sekali untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat, dengan rajin olahraga, banyak minum air putih juga vitamin dan jaga pola makan yang bersih dan sehat. 

Penyakit kusta harus ditangani dengan cepat dan tepat kepada ahlinya dengan emminum obat secara rutin dan berkesinambungan, kalau nggak bisa tertolong bisa mengalami kecacatan. Kusta juga merupakan penyakit menular. Untuk itulah penting sekali peran keluarga, lingkungan juga tenaga kesehatan untuk berikan dukungan penuh terhadap penderita penyakit kusta. Dan, yang membuat miris, di Indonesia sendiri penderita Kusta itu jumlahnya banyak, semoga saja dengan sosialiasi yang baik dan benar, jumlahnya setiap tahun bisa menurun. 

Ngobrolin penyakit kusta memang nggak pernah ada habisnya, banyak sekali informasi yang harus digali dan disebarkan agar masyarakat menjadi paham. Beruntung pada Selasa, 31 Oktober 2023, pukul 09:00-10:00 Wib, aku begabung live streaming di youtube channel Berita KBR yang mengusung tema Peran Media Dalam Menyuarakan Isu Kusta.

Berita KBR memang kerap mengajak masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam programnya, bahkan aku sudah beberapa kali bergabung. Host acara tersebut adalah Mas Rizal Wijaya, sementara narasumbernya ada Ajiwan Arief Hendradi, S.s selaku Redaktur Solidernews. 

Solidernews sendiri merupakan media online yang mewadai aspirasi, potensi dan sosialisasi isu difabel yang disajikan kepada khalayak. Tentu saja informasi mengenai kusta dan yang lainnya sangat diperlukan agar masyarakat lebih paham dengan penyakit tersebut. 

Solidernews sendiri didirikan pada tahun 2000 an, dulunya dalam bentuk cetak, namun mengikuti perkembangan teknologi saat ini menjadi media online, karena lebih cepat memberikan informasi kepada masyarakat dan lebih mudah diaksesnya. 

Solidernews juga tak hanya memiliki portal media online yang menginfokan mengenai tentang difabel tapi memiliki channel youtube yang memuat banyak informasi penting. Tentu saja diharapkan bisa menyuarakan isu penyakit kusta terhadap masyarakat luas.

Dengan itu diharapkan penyakit kusta nggak lagi mendapatkan stigma negatif dan penderitanya nggak tersingkirkan, sebab mereka butuh penanganan dan obat khusus. Saat ini peran media memang lebih efektif karena jangkauannya lebih luas dan lebih up date. 

Ajiwan Arief juga menyampaikan bahwa membutukan banyak orang untuk terlibat di Solidernews agar bisa menyajikan informasi yang beragam mengenai pengetahuan tentang kusta kepada masyarakat. Tantangannya tentu pada SDM. 

Selain mendapatkan informasi mengenai peran media dalam menyuarakan isu kusta, semua penonton bisa bertanya ataupun interaksi dalam live chat. Sehingga memberikan pengetahuan yang baru, bahkan kita semua bisa menjadi perantara buat menyampaikan informasi ini. 


Saat ini kita semua bisa menyebarkan informasi yang benar mengenai penyakit kusta, melalui media sosial yang kita miliki. Tentu saja diharapkan ke depannya nggak ada lagi stigma negatif tentang penyakit tersebut. 

Lagi pula penderita kusta bisa berdaya seperti orang normal biasa dan yang mereka butuhkan itu dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar dan ahli kesehatan, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, sehingga tetap semangat dan bisa kembali sehat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar