Minggu, 31 Oktober 2021

7 Kegiatan Menghilangkan Rasa Bosan Saat di Rumah Saja

"Istirahatlah sejenak ketika merasa bosan dan lelah, enggak apa-apa asal jangan pernah menyerah, karena esok matahari akan kembali cerah." 


"Duh, bosan banget sih di rumah aja."

"Makanya biar enggak bosan harus ngelakuin banyak hal."

"Emang ngapain aja?"

"Aku sih biasanya nonton, nulis sama main game."

"Ikutan dong."

Ketika ditanya selama pandemi ini merasa bosan enggak sih di rumah aja? Sebagai manusia normal ya pastinya ada aja rasa bosan melanda, terlebih kondisi pandemi ini terjadi bukan sehari atau dua hari, melainkan sekitar 730 hari. Namun semua kondisi itu enggak menyurutkan langkah kita untuk produktif, karena kita tetap melakukan berbagai hal dari rumah saja. Untuk menghilangkan rasa bosan saat di rumah saja, biasanya aku main game baru. Namun, teman-teman bisa melakukan 7 kegiatan di bawah ini yang bisa menghilangkan rasa bosan di rumah saja, yaitu : 

1. Membaca dan Menulis Buku

Membaca dan menulis merupakan dua hal yang saling melengkapi, keduanya bisa membunuh rasa bosan saat di rumah saja. Kalau aku sendiri biasanya suka baca buku yang selama ini belum sempat tersentuh alias masih plastikan atau liat buku yang lagi popular terus aku beli deh, dengan membaca bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita juga semakin meluas, apa-apa yang enggak kita tahu dengan membaca menjadi tahu. So, jangan malas untuk membaca saat merasa bosan, karena membaca bikin pikiran tenang. Jangan lupa untuk memilih genre yang disukai. 

Sementara menulis memang kebutuhan, untuk mengatakan sekitar 20.000 kata sehari, seperti yang diungkapkan di dalam buku "The Female Brain" 2006 bahwa perempuan mengatakan sekitar 20.000 kata sehari. Jadi bisa menulis catatan di buku harian, bahkan sekarang bisa menulis di blog.

Untuk itu penting banget menulis setiap harinya, ketimbang ngobrol sama orang lain takutnya jadi ghibah, jadi lebih baik menulis. Tulis apapun yang kamu suka, kalau aku biasanya nulis novel, jadi biar sekalian menghasilkan.

Untuk itulah membaca dan menulis buku merupakan dua hal yang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah saja. 

2. Mencoba Resep Masakan/ Memasak Bareng Keluarga

Biasanya dulu tuh jarang banget masuk dapur, dengan alasan sibuk terlebih banyak deadline yang segunung, makanya jarang makan masakan rumahan. Beruntung pada akhirnya aku bisa ngotak atik resep masakan agar jadi makanan yang enak dan bergizi. 

Iya dengan mencoba resep masakan favorit atau pun masakan yang lagi popular di media sosial, pastinya membuat bahagia, karena kalau bisa masak otomatis kedepannya kalau kemana-mana bisa membawa bekal yang beraneka ragam dan pastinya jauh lebih sehat, karena kita paham bahan yang digunakan apa saja dan terjaga kebersihannya. 

Asyiknya selama di rumah aja, pastinya kumpul bareng keluarga dan saat itulah kita bisa memanfaatkan momen tersebut untuk masak bareng keluarga, pastinya bisa membuat lebih dekat antar keluarga dan lebih seru. 

3. Mengikuti Pelatihan Secara Online

Biar enggak bosan, bisa juga mengikuti pelatihan sesuai yang kita butuhkan atau kita sukai, selain menyenangkan mengikuti pelatihan secara online juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Misalnya kita suka menulis ikut pelatihan nulis, kalau kita suka masak ikut pelatihan kelas memasak, kalau kita suka menggambar ikut pelatihan menggambar dan yang lainnya sesuai yang kita sukai. Anggap saja hal ini upaya kita untuk mengupgrade skill yang ada di diri kita lebih baik lagi dan pastinya bisa tetap bertemu dengan banyak orang walaupun dari rumah saja.

4. Menanam (Berkebun)

Berkebun merupakan salah satu hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan di area halaman dan sekaligus moment untuk berjemur diri. Berkebun juga memiliki banyak manfaat seperti merupakan aktivitas fisik yang sangat baik, menghilangkan rasa bosan, stress dan pastinya bikin bahagia. Apapun bisa kita tanam di area halaman rumah, seperti sayuran maupun buah-buahan. Namun, jika memiliki area halaman rumah yang sempit bisa menanam di pot. 

5. Menonton Film

Menonton film juga merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa bosan saat di rumah aja, karena banyak film yang menarik dan menghibur. Biasanya kita terlalu sibuk sama kerjaan sampai enggak ada waktu buat nonton film, untuk itu saat ini mungkin waktu yang tepat untuk menonton film favorit kita, bisa jadi genre romantis komedi menjadi alternatif pilihan. 

Menonton juga memberikan banyak manfaat diantaranya itu memberikan inspirasi, mengurangi stres dan rasa bosan juga memotivasi diri.

6. Menikmati Virtual Traveling

Nah, selama pandemi kemarin aku tuh baru tahu kalau ternyata kita bisa virtual traveling ke berbagai museum di dunia, bahkan bisa juga mengunjungi lokasi shooting drama korea yang lagi popular loh, asyik banget kan? Apalagi hanya dengan modal kuota internet saja. Pastinya di rumah saja jadi enggak bosan dan menambah wawasan baru. 

7. Main Game 

Dari kecil sampai dewasa aku selalu happy kalau disuruh main game, hanya bedanya waktu kecil aku suka main permainan tradisional seperti Petak umpat, congklak, gobak sodor, bentengan, engklek, bola bekel dan lainnya, semua permainan tersebut menyenangkan dan menjadi hiburan pada masanya. Sekarang waktu terus berputar dan zaman juga sudah lebih canggih, kita enggak lagi bermain permainan tradisional namun bermain di ponsel pintar yang lebih praktis, lebih beragam dan pastinya lebih modern. 

Bahkan, teman-teman semua pasti tau dong salah satu drama Korea yang lagi popular saat ini, squid game mengusung tema tentang game. Drama yang tayang di Neflix ini dikemas sangat apik menceritakan sekitar empat ratus lima puluh enam orang yang berjuang demi financial, diundang untuk berkompetisi untuk mempermainkan game anak-anak, namun resikonya sangat mengerikan, bahkan nyawa pun bisa melayang. Itu semua terjadi di squid game saja. 

Balik ke dunia nyata, bahwa main game enggak hanya sebagai hiburan semata di saat lelah dan merasa bosan namun memiliki banyak manfaat, Yaitu :

1. Melatih konsentrasi dan daya ingat, seperti saat bermain game puzzle.

2. Menghilangkan stress

3. Menguji kesabaran

4. Menimbulkan rasa optimisme

5. Menerima Kekalahan maupun mendapatkan kemenangan

6. Melakukan Kejujuran

Kenalan Sama Plays.org yuk

Terus banyak yang bertanya, main gamenya dimana sih? Nah, ini aku rekomendasikan salah satu website yang bisa main game sampai puas, ada banyak pilihan game yang menarik. Asyiknya main game sekarang enggak perlu download maupun daftar, cukup dengan meluncur ke website plays.org ada beraneka ragam pilihan dengan ada kategori yang sangat memudahkan, bahkan tanpa terganggu oleh iklan, tampilannya juga nyaman dan setiap wekeend banyak game baru.

Paling menyenangkan kita juga bisa main game jadul seperti super mario, ular tangga, snake games, lego, mahjong, puzzle game dan banyak lainnya, pastinya membuat kenangan masa kecil kembali terulang lagi. Wah, ternyata kalau ngomongin game di plays.org sangat menyenangkan karena banyak banget jenis game yang bisa dimainkan.


Nah, ternyata di rumah saja itu enggak bosan lho, asal kita tahu mau ngapain aja, yang penting ingat waktu. Oh iya, kalau kalian sering melakukan yang mana? Coba komentar yuk. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar