Minggu, 17 Oktober 2021

7 Self Reward yang Bikin Kamu Bahagia

 "Jangan pernah lelah untuk memperjuangkan kebahagiaan, sebab kamu layak bahagia."



Pernah enggak merasa belakangan ini sedang tidak baik-baik saja, entah karena memiliki banyak masalah, merasakan suatu kegagalan bahkan  merasa sendirian di tengah keramaian. Sebenarnya setiap orang memiliki permasalahannya masing-masing, berat atau ringan tergantung bagaimana kita menyikapinya. 

Nah, kalau aku sendiri ketika lelah aku mulai istirahat sejenak dan intropeksi diri, mungkin selama ini terlalu lelah bekerja sehingga kurang perhatian untuk diri sendiri, padahal membuat diri sendiri bahagia dan nyaman itu sangat penting sekali. Untuk itulah kita harus menghargai jerih payah apa yang sudah kita lakukan, dengan memberikan penghargaan untuk diri sendiri, apapun bentuknya yang penting bisa membuat kita bahagia.

Memberikan penghargaan untuk diri sendiri bukan tanpa sebab atau alasan yang jelas ya. Namun, kita bisa memberikan penghargaan ketika kita berhasil melakukan sesuatu atau berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan proses yang maksimal, walaupun hasilnya jauh dari keinginan, namun yang kita hargai itu prosesnya.

Terus dana untuk self reward itu darimana? 

Ini sangat penting sekali ya, jangan sampai demi memberikan penghargaan untuk diri sendiri malah berhutang. Intinya setiap mendapatkan gaji, bayaran, fee atau transferaan baiknya menyisihkan uang tersebut untuk disimpan sebagai reward, jumlahnya silahkan disesuiakan dengan pendapatan teman-teman sendiri. 

Ketika kita berhasil melakukan semua itu, enggak ada salahnya kita memberikan penghargaan untuk diri sendiri, asal sesuai dengan kemampuan kita, yaitu : 

1. Liburan 

Kebayang dong setiap hari kita lelah bekerja, bahkan wekeend juga harus tetap stanby, untuk itulah salah satu penghargaan yang bisa kita hadiahkan untuk diri sendiri itu dengan liburan ke tempat yang kita inginkan. Enggak perlu jauh dan mewah, intinya bisa membuah hati dan pikiran refresh itu sudah lebih dari cukup. Liburan bisa melepas penat dari tumpukan deadline, dari tekanan pekerjaan dan liburan juga bisa menjadi quality time yang baik untuk anggota keluarga, dimana bisa menghabiskan waktu bersama dan menjalin kedekatan secara emosional.

2. Beli Barang yang kamu inginkan

Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan pernah menginginkan sesuatu yang membuat keborosan dengan alih-alih demi self reward. Misalnya dengan alasan self reward kita membeli tas dengan harga jutaan, padahal kita beli tas itu demi gengsi semata, hal itulah yang menyebabkan keborosan. Jangan sampai nulis baru satu paragraf terus beli sesuatu demi self reward. Hikss...

Jadi misalnya kamu berhasil menyelesaikan tulisan satu novel, baru deh kamu bisa memberikan self reward barang yang kamu inginkan yang bisa menunjang pekerjaan kamu, misal beli laptop baru karena laptop lama sudah rusak. Sesekali enggak apa-apa beli sepatu baru atau tas baru atau apapun itu asal uang yang kamu kumpulkan khusus untuk self reward itu mencukupi dan jangan berhutang ya. 

3. Nonton

Nonton dipercaya bisa menjadi self reward buat kamu yang emang sibuk banget, misalnya abis kelar deadline, biasanya aku tuh nonton drama atau film dengan genre romantis komedi yang menghibur, salah satu tontonan aku tuh drama korea Hometown Cha cha cha yang dibintangi aktor lesung pipi, Kim Seon ho, merupakan drakor paket lengkap yang mampu mengaduk-aduk perasaan. 

Nonton salah satu self reward yang murah, intinya hanya meluangkan waktu saja, dengan nonton selain mendapatkan hiburan pastinya ada pelajaran yang berharga. 

4. Membaca Buku

Biasanya alasan sibuk atau enggak punya waktu bikin kamu enggak bisa baca buku favorit kamu. Nah, bisa jadi membaca buku merupakan self reward yang menarik dan bikin happy. 

5. Beli Makanan dan Minuman yang kamu inginkan.

Mungkin setiap hari kamu harus hidup hemat, namun ada saatnya kamu memberikan self reward dengan membeli makanan dan minuman yang kamu inginkan, jadi sama sekali enggak masalah, lagi pula untuk kamu yang sudah bekerja keras memberikan penghargaan untuk diri sendiri menjadi bentuk cinta kamu ke diri sendiri. Misalnya pengen banget makan khas Korea, Jepang atau es krim cokelat, intinya apapun itu, selama kamu pengen ya beli aja sebagai bentuk penghargaan untuk diri sendiri. 

6. Olahraga 

Ini sebenarnya penting banget, mungkin kamu selama ini sibuk kerja, sibuk dengan tugas ataupun sibuk dengan hal lainnya sampai lupa olahraga, padahal kamu itu pengen banget daftar kelas yoga, pengen naik sepeda keliling kampung atau pengen daftar kelas panah atau berkuda. Apapun bentuknya itu bisa dijadikan self reward ketika kita berhasil menyelesaikan sesuatu. 

7. Berbagi

Terkadang ada sebagian orang berbagi ke orang lain merupakan bentuk self reward untuk dirinya sendiri, karena apa yang kita berikan suatu saat akan kembali ke kita sendiri. Jadi berbagilah ke orang yang paling dekat terlebih dahulu, kalau mereka bahagia otomatis kita juga akan bahagia. 

Intinya untuk tetap bahagia dan bisa melakukan hal apapun tubuh harus sehat dan bugar, untuk itu jangan lupa selalu konsumsi vitamin c dan multivitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar