Rabu, 02 Juni 2021

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi

 


Setiap perempuan pastinya mengalami yang namanya menstruasi setiap bulannya, hal itu merupakan kondisi yang normal bagi setiap perempuan. Ada yang mengalami menstruasi secara normal, ada juga yang nggak normal semisal rentan waktunya yang lama atau merasakan nyeri yang luar biasa sehingga membuat kita nggak bisa beraktifitas dengan normal. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya kontraksi otot pada rahim. 

Nah, ngomongin masalah menstruasi, apa teman-teman ada yang tau kalau ternyata setiap tanggal 28 Mei diperingati sebagai hari kebersihan menstruasi,  atau yang lebih dikenal dengan Menstrual Hygiene Day.

Tentang hari kebersihan menstruasi, aku juga baru tau saat mengikuti Zoominar yang mengusung tema "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma pada Kamis, 27 Mei 2021 lalu. 

Acara ini bertujuan memberikan dan meningkatkan edukasi mengenai manajemen kebersihan menstruasi. Acara yang berlangsung selama dua jam ini banyak banget manfaatnya, terlebih narasumbernya memang orang yang berkompeten dibidangnya. 

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Apa itu menstruasi? 

Jadi dari pemaparan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH, menstruasi itu:

1. Merupakan kondisi normal yang terjadi pada perempuan.

2. Keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim, satu periode setiap bulannya (setiap 28, atau 21– 35 hari)

3. Menandakan seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.

Dr. Dwiana juga memaparkan mengenai manajemen menstruasi, jadi menurut dr. Dwiana, Manajemen kebersihan Menstruasi (MKM) itu :

1. Mengelola kebersihan dan kesehatan selama mengalami menstruasi.

2. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dan diganti sesering mungkin walaupun masih terlihat bersih.

3. Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat akses toilet, sabun, air dan membersihkan diri dalam kondisi yang nyaman dengan privasinya terjaga.

Bahkan sebelum dan sesudah ganti pembalut harus cuci tangan terlebih dulu.


Sementara untuk menjaga kebersihan selama menstruasi, agar diperhatikan dengan baik, biar tetap nyaman, sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut hal yang diperhatikan dalam menjaga kesehatan saat menstruasi, yaitu :
1. Mencuci pembalut yang sudah digunakan dengan baik dan sampai bersih, setelah itu masukan ke dalam kantong plastik lalu buang. Ingat ya, jangan buang bekas pembalut ke dalam lubang WC, bisa menyebabkan mampet. Buanglah pembalut ke tempat sampah.

2. Sebaiknya ganti pembalut setiap 4-5 jam sekali, jika dirasa masih bersih tetap diganti ya, jangan menunggu sampai penuh. 

3. Jangan lupa walaupun sedang menstruasi, tetap menjaga asupan makanan yang bergizi, mandi sehari 2 kali. Intinya tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

4. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut menggunakan sabun. 

Ternyata, hal-hal seperti itu harus dikomunikasikan kepada remaja sejak dini, bahkan sejak mereka belum dapat menstruasi, agar kedepannya lebih paham, bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi. 

Lantas, sejak kapan si Anak diberikan pengetahuan tentang mengenai kebersihan dan kesehataan saat menstruasi?

Baiknya dikomunikasikan sejak dini, agar mereka paham tata cara dan yang harus dilakukan saat pertama menghadapi menstruasi, pastinya ibu punya peran untuk menyampaikan pengetahuan ini kepada anaknya. 

Dan, ternyata nggak hanya anak perempuan saja yang harus diedukasi, melainkan anak laki-laki juga, tujuannya agar anak laki-laki saat melihat hal tersebut, lebih menghormati dan menghargai juga nggak ngata-ngatain atau malah mempermalukan. 

Dengan pemahaman sejak dini, kelak mereka akan terbiasa dan bisa melakukan yang terbaik saat menstruasi. 



23 komentar:

  1. Iyaa setuju banget, anak laki-laki harus diedukasi jugaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biar kelak mereka paham dan menjaga, juga nggak akan ngatain atau melakukan hal yang kurang menyenangkan.

      Hapus
  2. mengedukasi anak tentang informasi seputar menstruasi itu penting ya mbak
    baiknya sebelum datang masa pubertasnya
    nggak hanya untuk anak perempuan, tapi juga untuk anak laki-laki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, dengan begitu mereka paham dan ketika datang menstruasi mereka udah bisa menjaga kesehatan dan kebersihan, jadi nggak panik dan bingung lagi.

      Hapus
  3. ANak laki-laki memang harus diberi edukasi mengenai menstruasi juga. Soalnya dia akan punya teman, dan istri yang kelak akan mengalami mens juga. Jangan sampai deh, dia malah mengolok-olok temannya karena ketahuan tembus saat mens. Itu nggak banget ya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, dengan adanya pemahaman yang baik, kedepannya anak lelaki akan membantu, bukan mengolok-olok lagi karena sudha paham.

      Hapus
  4. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha. Selain itu juga perlu edukasi kepada anak cowok.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget kak, orangtua harus paham terlebih dulu agar bisa mengkomunikasikan hal seperti ini dengan baik dan jelas.

      Hapus
  5. waktu masih gadis, kalau lagi mens hari pertama tuh rasanya mau pingsan, malah pernah sekali terpaksa pulang dari sekolah gegara udah gak tahan banget, hampir pingsan beneran di sekolah.. Alhamdulillah setelah menikah dan punya anak udah jarang banget rasain sakit lagi.

    sekarang harus bisaa kita bahas tentang menstruasi bahkan sedari dini karena takutnya anak malah penasaran dan jadi cari tahu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harus dari orangtuanya dulu biar dapat info tentang menstruasi yang benar dan bukan hoax atau mitos.

      Hapus
  6. yess tentu saja hal yang normal yaa, kak. memang penting obrolan soal menstruasi ini lebih sering dilakukan sama orang tua dan anak di rumah yaa.. biar anak2 perempuan juga lebih sadar tentang keadaannya.

    BalasHapus
  7. Pemahaman bahwa menstruasi adalah perkara wajar ini sangat perlu disampaikan, ya. Biar remaja perempuan enggak panik menghadapi menstruasi pertamanya.

    BalasHapus
  8. edukasi tentang menstruasi itu penting untuk remaja, baik putra maupun putri...Penting untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, khususnya selama masa menstruasi..juga penting untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih

    BalasHapus
  9. Nah dengan sosialisasi manajemen kebersihan menstruasi yang dilakukan berkelanjutan, dapat meningkatkan kepedulian kaum hawa ya, untuk menjaga area kewanitaan nya

    BalasHapus
  10. setuju banget nih anak laki-laki harus diedukasi juga soal menstruasi biar nggak mengolok-olok teman perempuannya kalau lagi tembus pas lagi haid

    BalasHapus
  11. Baca soal manajemen kebersihan menstruasi tuh bikin saya takut sendiri. Tapi karena takut itu jadi lebih hati2 dan pengen mengedukasi orang sebanyak2nya soal ini.
    Sampai2 saya pengen ikutan vaksin hpv heheh

    BalasHapus
  12. Menstruasi adalah kondisi normal tapi kita wajib mengetahui cara menjaga kebersihannya ya supaya gak terjadi infeksi. Makanya penting juga edukasi tentang menstruasi sejak dini pada anak-anak

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah banget ya Kak ikutan zoominar ini jadi banyak hal positif dan management yang baik pas menstruasi

    BalasHapus
  14. Abis baca ini insyaaAllah bakal lebih aware lagi sama manajemen kesehatan mestruasi. Ngeri kan kalo sampe kena penyakit infeksi.. huhuhu

    BalasHapus
  15. Emang penting ya ngobrol tentang menstruasi ke anak laki-laki. Biar mereka juga nggak risih kalau ibu/kakak atau istri/anaknya kelak butuh bantuan yang berhubungan dengan periode bulanan ini.

    BalasHapus
  16. poin ini: Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dan diganti sesering mungkin walaupun masih terlihat bersih.

    Aku pernah tahu lho, ada perempuan yang menggunakan pembalut ketika menstruasi, sampai seharian dia gak ganti. Pas diingatkan, bilangnya ngapain, cuma dikit kok, sayang pembalutnya mahal. Hmmm... ini kan gak benar ya. Harusnya pembalut itu mesti sering diganti supaya tak kena penyakit, bakteri dan kuman, atau jamur

    BalasHapus
  17. ilmunya pasti banyak yang dapat diambil dari acara ini mba, apalagi udah urusan kebersihan area perempuan ini sangat penting dikelola dan dijaga dengan baik agar tetap bersih dan sehat

    BalasHapus
  18. Bersyukur jaman sekarang ini informasi seperti ini semakin mudah diakses. Sebagai orangtua dengan anak usia pra remaja, rasanya saya bersyukur sekali bisa mengikuti webinar ttg Kebersihan Menstruasi kemarin.

    BalasHapus