Selasa, 25 Mei 2021

Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, Sineas Indonesia Wajib Ikut

 


Happy banget saat tau ada kompetisi film pendek yang kece abis. Akhirnya para sineas Indonesia bisa berkontribusi dan punya wadah untuk menyalurkan ide-ide kreatif dalam bentuk film pendek dan pastinya dengan ide yang lebih fresh dan bisa mewarnai dunia perfilman jadi lebih berwarna dan beragam dengan menghadirkan berbagai genre. 

Jadi, kompetisi film pendek ini merupakan rangkaian acara sundance film festival, yang di sponsori platform streaming dan kurator global film pendek, Argo. Kompetissi ini terbuka untuk seluruh teman-teman sineas Indonesia.

Sundance Film Festival : Asia 2021 merupakan persembahan XRM Media dan IDN media dengan harapan bisa melahirkan dan membina juga memberikan panggung untuk talenta baru di industri film agar bisa go internasional. Selain itu kompetisi ini juga dikurasi oleh dewan juri yang sudah berpengalaman dan merupakan perwakilan dari berbagai pihak. 

Sundance film festival didirikan pada tahun 1981 oleh Robert Redert, merupakan lembaga nirlaba yang memberikan wadah bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Selain itu, Sundance Film juga telah mendukung banyak proyek, merupakan wadah yang harus disupport karena mempertemukan penonton dan sineas untuk melahirkan karya yang apik. 

Kenalan dulu yuk sama penyelenggaranya.

Siapa sih yang nggak kenal dengan XRM Media? XRM Media sendiri merupakan perusahaan hiburan dan teknologi yang mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. 

Selain itu, XRM Media juga memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan. Dan, XRM Media juga menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat. 

Sementara itu IDN Media merupakan perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z yang popular di Indonesia, dengan lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). 

Mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat, merupakan visi IDN Media yang selalu berusaha untuk terus ditepati. 

Terus kapan sih Short Film Competitionnya Berlangsung?

Jadi, Short Film Competition yang diadakan oleh Sundance Film Festival : Asia 2021 berlangsung dari 17 Mei 2021 sampai 9 Juli 2021, jadi teman-teman sineas harus maksimalin waktu yang ada untuk membuat karya yang menarik, unik dan pastinya inspiratif.


"Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia," Ungkap Winston Utomo, Selaku CEO IDN Media.

Jadi, karya kreatif dari teman-teman sineas Indonesia sangat dinantikan dalam sundance film festival, karena selain ikut berkontribusi untuk mengembangkan dunia perfilman, karya teman-teman yang menang dalam kompetisi ini akan dipromosikan dan diputar dalam sundance film festival :Asia 2021 pada bulan september 2021, menariknya karya teman-teman akan berkesempatan mendapatkan penawaran dari platform Argo. Wah gimana, pada ikut, kan?

Lantas, Siapa Saja Sih Dewan Jurinya?

Untuk dewan juri juga enggak main-main nih, semua berkompeten dibidangnya dan enggak diragukan lagi kualitasnya, mereka adalah :

1. Kim Yutani, selaku Director of Programming, Sundance Film Festival 

2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 

3. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival 

4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures 

5. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival 

6. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Buat teman-teman sineas muda usia diatas 18 tahun, wajib ikutan Sundance film festival loh. Asyiknya kompetisi ini nggak ada batasan genre atau tema film, yang terpenting proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 01 Januari 2019. Oh iya untuk durasi film anatara 3-20 menit. Buktikan kalau karya kalian memang layak dan menginspirasi banyak orang. 

Intinya setiap karya itu memiliki takdir jodohnya masing-masing, yang terpenting itu usaha, bukankah setiap impian untuk mewujudkannya butuh perjuangan. Buat kalian yang peduli dan mencintai film langsung melucur ke kompetisi film pendek di halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia ingat ya, jangan sampai terlambat mendaftar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar