Rabu, 19 Agustus 2020

Ada Benjolan di Leher? Waspada dan Kenali Penyebabnya



Dalam hidup, terkadang ada hal-hal kecil yang suka terabaikan, terutama ketika kita merasa kondisi tubuh sehat-sehat saja. Bahkan, sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa benjolan yang muncul di leher secara tiba-tiba itu nggak berbahaya, dan dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya. Ada yang nggak terasa sakit sama sekali jika disentuh, ada juga yang disertai dengan rasa nyeri. Namun, benjolan yang muncul di leher bisa saja pertanda gejala suatu penyakit yang serius. Karena itu, kita nggak boleh menyepelekan benjolan yang muncul pada tubuh kita. 

Seringkali muncul dalam sebuah pertanyaan adalah penyebab datangnya benjolan di leher, begitu juga dengan sejak kapan benjolan itu ada? Pertama, yang perlu kita pahami adalah karakter dari benjolan tersebut. Apakah benjolan yang ada di leher semakin lama membesar atau nggak? Jika benjolan tersebut tumbuh dengan cepat biasanya benjolan itu berbahaya, karena bersifat aktif. Sedangkan jika nggak ada perubahan ukuran, benjolan tersebut bisa dibilang pasif. Selain ukuran, juga ada bentuk atau permukaan dari benjolan. Apakah benjolan tersebut kenyal, atau keras. Dan rasa saat disentuh, terasa sakit atau tidak terasa apa-apa.  

Yuk, kenalin penyebab dari benjolan di leher! 

1. Benjolan Karena Infeksi 
Benjolan akibat infeksi ini biasanya akan muncul dalam bentuk kumpulan nanah atau bisul. Infeksi ini bisa terjadi karena bakteri atau virus. Jika di tekan, biasanya akan menimbulkan rasa nyeri. Nah, untuk pengobatan infeksi ini biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik untuk kita konsumsi, jika benjolan tersebut benar karena infeksi, benjolan perlahan akan mengecil dan hilang. 

2. Benjolan Karena Benturan atau Cidera 
Bila Anda baru saja terbentur, maka benjolan yang terjadi diakibatkan oleh benturan tersebut dan menghasilkan memar. Benjolan ini terbentuk akibat terjadi benturan atau setelah mengalami cidera. Entah itu kecelakaan saat berkendara, terkena benda yang berat atau pukulan yang keras. Benjolan karena memar timbul karena pembuluh darah yang rusak dan terkumpul di bawah kulit. Biasanya benjolan ini berwarna hitam ataupun biru keunguan dan merupakan bagian alami dari proses pemulihan tubuh. 

3. Benjolan Sebagai Tanda Penyakit Serius 
Dugaan tanda penyakit serius ini terjadi jika benjolan disertai dengan gejala lainnya. Seperti demam yang berkepanjangan, badan lemas, menggigil atau berkeringat yang nggak wajar, rasa nyeri pada tubuh, dan benjolan yang semakin membesar dengan cepat. Hal ini dapat menandakan kondisi yang berbahaya. Penyakit yang disebabkan karena benjolan di leher ini terbilang cukup banyak. 

4. Benjolan Karena Bawaan Sejak Lahir 
Hemangioma merupakan contoh benjolan bawaan dari lahir (kongenital), benjolan ini cenderung nggak berbahaya karena bisa menghilang dengan sendirinya. Nggak memerlukan penanganan yang serius, kecuali jika benjolan ini menimbulkan gejala yang menganggu seiring berjalannya waktu, bisa melakukan pengecekan atau pengobatan. Salah satu faktor seseorang mengidap Hemangioma ini adalah faktor genetik. 

Nah, tadi adalah beberapa penyebab munculnya benjolan di leher. Bila teman-teman mengalami kebengkakan atau benjolan pada leher, alangkah baiknya untuk tetap waspada dan tetap diperhatikan. Jika diikuti dengan beberapa gejala lainnya, segeralah kunjungi dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut agar dapat diketahui apakah benjolan tersebut berbahaya atau nggak. 

Di Pandemi seperti ini, berpergian menjadi hal perlu dipertimbangkan, termaksud untuk berkunjung ke Rumah Sakit, tapi hal tersebut nggak bisa dijadikan alasan untuk nggak berkonsultasi dengan dokter. Teman-teman bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan solusi kesehatan terlengkap di Indonesia, ada chat dokter, beli obat, chek lab, pemeriksaan di rumah sakit dan bisa juga update mengenai seputar kesehatan loh.  

Untuk itu buat teman-teman yang sedang mengalami permasalahan benjolan di leher, nggak perlu cemas, langkah awal bisa lewat fitur Chat dan Voice/Video Call di halodoc, teman-teman bisa mengobrol dengan dokter ahli walaupun dari rumah aja, jadi lebih aman dan nyaman. 

2 komentar:

  1. Kudu waspada beneran ya, Mbak. Kadang suka takut sendiri kalau malah tahu hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setiap orang juga pastinya bakal takut kalau nemuin sesuatu yang mengerikan, tapi kalau tau lebih dini kan setidaknya bisa diusahakan pengobatannya sebelum terlambat.

      Hapus