Senin, 07 September 2020

Inilah 7 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Melupakan Gadget


Sinta tampak asyik dengan bermain gadget sepanjang hari, entah bermain game, nonton film, mencari berita secara online, mengedit foto dan video, ngobrol bareng teman-teman di whatsap, dan sangat aktif di sosial media lainnya, bahkan saat tidur ponsel berwarna putih bersih selalu berada disisinya, terkadang Sinta bangun di tengah malam karena terdengar bunyi ponselnya dan kemudian membalas pesan di grup whatsap, Sinta termasuk salah satu perempuan muda yang kecanduan gadget, hidup tanpa gadget akan terasa hambar, bahkan lama kelamaan Sinta mengalami pola tidur yang tidak baik, alhasil perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai freelancer ini kerap mengalami mata lelah, tubuh sangat letih dan sering merasakan nyeri punggung. 

Sangat disayangkan bukan? Padahal Sinta seharusnya berusaha berinvestasi untuk kesehatannya dengan memilih kegiatan positif yang lebih menyehatkan, ketimbang setiap hari dirinya harus lengket dengan ponselnya. 

Kita memang tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin liar, tapi kita bisa berupaya membatasi diri dengan menyaring teknologi yang negatif dan positif, dan berupaya bijak menggunakan gadget, sehingga kita bisa tetap sehat dan aktif dalam kegiatan sehari-hari, selain itu kita bisa tetap berinteraksi sosial dengan tetangga, sahabat dan keluarga di dunia nyata. 

Jika teman-teman sudah kecanduan dengan gadget, pastinya harus pelan-pelan mulai memiliki aktifitas lain yang lebih baik dan jauh menyehatkan, berikut 7 kebiasaan sederhana yang bisa membuat kamu melupakan gadget, yaitu : 

1. Luangkan waktu sekitar 20 menitan setiap pagi dengan membaca buku, majalah dan koran, di pagi hari, pastinya agar tetap mendapatkan informasi berita terupdate. 

2. Usahakan berolahraga secara rutin setiap hari, teman-teman bisa mencoba olah raga atau jalan santai keliling komplek, pastinya lebih seru dan menyehatkan, selain bisa memanjakan mata melihat suasana yang segar dan jejeran pohon hijau, teman-teman juga bisa berkenalan dengan orang-orang di komplek. 

3. Biasanya kita itu puasa makan, tapi ternyata ada puasa gadget loh, seperti yang dilansir oleh trivia.id (9/10/2016) mengungkapkan bahwa seorang pakar psikologi di California State University, Dr. Larry Rosen, memberikan tips sederhana untuk mengurangi pemakaian ponsel. Yaitu awali dengan puasa ponsel selama 1 menit, kemudian coba selama 5 menit. Lalu perpanjang waktunya puasa ini menjadi 2 jam atau lebih. Maka pelan-pelan kamu akan bisa mengatasi rasa kecanduan dengan gadget. 

4. Melakukan hobi yang teman-teman minati, misalnya menulis, melukis, menjahit, memasak, bermain musik dan lainnya, pastinya lebih bermanfaat dan memberikan kepuasaan hati juga menghasilkan uang kalau teman-teman fokus. 

5. Silahtuhrahmi, mengunjungi saudara atau teman, jauh lebih mengasyikan dan banyak manfaatnya ketimbang hanya menelpon atau video call. Karena kita bisa ngobrol, melakukan kegiatan bareng dan menjalin tali silahtuhrahmi lebih dekat lagi. Dan, menjalin silahtuhrahmi itu adalah salah satu cara memperpanjang usia dan membuka pintu rezeki. 

6. Piknik pastinya seru dan mengasyikan, gak perlu keluar biaya mahal, bisa dengan piknik di taman atau tempat wisata yang dekat dengan rumah, pastinya lebih seru, apalagi pikniknya bareng sama sahabat atau keluarga, jangan lupa bawa bekal dari rumah. 

7. Membersihkan rumah, terkadang karena sibuk sama gadget, sampai lupa sama beres-beres rumah, coba tengok rumput di halaman yang mulai tinggi, cucian kotor yang segunung, lantai yang penuh debu, meja kerja yang berantakan, nah sekarang saatnya untuk meliburkan asisten rumah tangga dan mulai membersihkan rumah dengan manual, pasti lebih sehat dan berkeringat. 

Memang gak mudah untuk terlepas dari gadget, apalagi kalau memang pekerjaan kita itu berhubungan dengan dunia online, tapi kita gak mau dong terkena efek buruk dari gadget, makanya pelan-pelan kita kurangi pengunaannya, karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik, termasuk kecanduan gadget, untuk itu kita harus cerdas terhadap kemajuan teknologi, termasuk penggunaan gadget harus bijak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar