Jumat, 20 April 2018

Inilah 7 Rahasia Melindungi Keluarga Dari Diabetes

Siapa sih yang gak kenal sama diabetes? Walaupun diabetes bukan penyakit menular, namun saat ini penyebarannya semakin produktif dalam waktu yang singkat saja Indonesia memasuki peringkat ke 6 di dunia dengan penderita diabetes terbanyak. Pastinya bikin panik kan? 

Beberapa waktu yang  lalu, saya mendapatkan kabar bahwa Pakde saya meninggal dan salah satu penyebabnya itu diabetes. Dari dulu pakde saya memang menderita diabetes dan dia pun mulai mengurangi nasi. Tak hanya itu saja, tetangga saya pun terkena diabetes dan meninggal, sejak itulah saya berpikir bahwa diabetes di Indonesia saat ini sudah mengkhawatirkan dan menjadi PR buat kita semua, pemerintah, pihak swatsa maupun masyarakat. 

Alhamdullilah, Jumat, 13 April 2018, saya berkesempatan datang menghadiri undangan media briefing dengan tema "Diabetes Family, Lindungi Keluarga Dari Diabetes" yang diselenggarakan oleh Kemenkes RI dan bekerja sama dengan Nutrifood. 


Diabetes di era modern

Di era modern seperti ini memang sangat rentan dengan diabetes. Gaya hidup yang gak sehat dan didukung dengan teknologi yang canggih membuat kita jadi lebih mengandalkan teknologi, hal itu setidaknya membuat malas gerak, apalagi ditambah semakin banyaknya fast food. Hal tersebut bisa memicu sakit diabetes, padahal dulu diabetes hanya penyakit menurun, tapi di era modern seperti ini, malas gerak, gaya hidup yang gak sehat bisa memicu penyakit ini. 

Dulu penyakit diabetes merupakan penyakit turunan yang hanya diderita oleh orang tua, saat ini penyakit diabetes semakin berkembang, bahkan anak-anak pun rawan diabetes. Bahkan jika diabetes gak ditangani dengan serius maka dampaknya bisa membahayakan banyak orang dan bisa merugikan berbagai pihak. Mulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat bahkan Negara.
Nah, untuk itulah teman-teman juga dapat mengurangi faktor resiko yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Inilah 7 Rahasia Melindungi Keluarga Dari Diabetes, yaitu :
1. Jaga berat badan agar tetap ideal
2. Kurangi konsumsi lemak, gula dan makanan yang asin.
3. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan.
4. Hindai konsumsi alkohol dan tidak merokok.
5. Kenali faktor resiko diabetes dan bereaksi segera.
6. Aktif Secara Fisik.
7. Mengetahui dengan teratur tinggat gula darah dengan pergi untuk tes rutin dan check up. 

Baiknya teman-teman mulai peduli dengan kesehatan, karena jika cek kesehatan secara rutin, maka resiko yang ada bisa ditanggulangi dengan cepat dan tepat. Cara sederhana dengan mengecek gula darah, setidaknya empat bulan sekali. Cek gula darah ini gak sakit dan prosesnya juga cepet. Oh iya, gula darah yang masih normal itu harus dibawah 140 loh.



Di acara, tersebut juga dikampanyekan hidup sehat dengan aktif bergerak, banyak konsumsi buah dan sayur. Nah, salah satu produsen makanan dan minuman yang peduli dengan kesehatan itu Nutrifood yang selama ini aktif mengkampanyekan dan mengedukasi gaya hidup sehat, salah satunya dengan kerja sama dengan Kementrian Kesehatan (KEMENKES).

Selain itu juga Nutrifood, menyeleggarakan kegiatan dan kampanye pencegahan diabetes, diantaranya yaitu :
1. #Hands4Diabetes merupakan kampanye kesehatan dengan berbagai aktifitas kesehatan, ada cek gula darah gratis juga.
2. Jakarta Lawan Diabetes merupakan program kerja sama Kemenkes RI dan PD Pasar Jaya.
3. Nutri Health Month merupakan program edukasi untuk jurnalis dan karyawan media. 
4. Edukasi Cermati Label Kemasan makanan dan batasi konsumsi gula, garam maupun lemak.
5. Mengadakan seminar gizi di 7 kota besar di Indonesia yaitu Makassar, Jakarta, Medan, Solo, Palembang, Yogyakarta dan Surabaya. 
6. GENERATOR merupakan (gerakan sehat seru di kantor-kantor) kerja sama Nutrifood dengan berbagai pihak swatsa.


Wah semoga dengan ini kita mulai hidup sadar berubah dengan gaya hidup sehat dan mulai aktif bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar