Yuk, Keliling Kota Kretek Dalam Satu Hari

foto di Dandangan 

Apa sih yang akan teman-teman lakukan jika hanya memiliki waktu satu hari untuk menjelajahi kota kretek ini? Pastinya rada bingung juga kan? Mau ngapain dan kemana aja? Karena kita harus mengestimasi waktu dengan baik. Saya sendiri mengenal lama kota ini, soalnya berdampingan sama kampung halaman saya Jepara. 


Untuk itulah saya langsung melirik Mbak Rani, perempuan manis kelahiran Kota Bandung ini, sudah sejak tahun 1996 ini tinggal di Kudus, wah lama banget ya, pastinya sudah hafal dengan setiap sudut kota ini. Pastinya teman-teman bisa melakukan wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner maupun yang lainnya. 
Rugi juga udah melewati Kota Kudus tapi nggak kemana-mana, pas di tanya orang, "Udah pernah ke Kudus?" Pernah sih, tapi cuman lewat doang, omigoot! Rugi banget, walaupun mungil, kota ini memiliki wisata yang lumayan lengkap.

Oh iya, apabila teman-teman berada di Kudus, sebelum Ramadhan tiba, bisa mengunjungi dandangan, di sepanjang jalan Kudus, tapi yang jelas bukan dangdangan tempat masak itu loh. Awalnya saya pikir itu pasar malam biasa, ada komedi putar dan tempat permainan anak-anak, pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya, suasananya sangat ramai, bahkan untuk mencari parkiran lumayan ribet, tapi ternyata dandangan itu awalnya sebagai tanda diumumkannya pelaksanaan puasa oleh Sunan Kudus. 

Inilah rekomendasi wisata dari pemilik blog ranirtyas.com yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan waktu, yaitu :

1. Menara Kudus

Kalau teman-teman mengunjungi Kudus, wajib mampir ke menara kudus yang sangat terkenal, merupakan ikon kota kretek, biasanya sangat ramai orang yang berziarah, juga di lengkapi dengan pedagang kaki lima yang menjajakan tasbih, mukena, sarung dan lainnya. Oh iya yang menarik disana ada bak yang lumayan besar untuk berwudhu.

2. Gunung Muria

Ingin merasakan suasana yang nyaman dan bersih, bisa mencoba destinasi ini, kemudian teman-teman bisa kulineran yang enak dan menarik, seperti mencicipi pecel pakis yang enak banget. Dulu sih kalau naik tangga ke puncak masih jalan kaki, tapi saat ini ternyata naik keatas, sekarang bisa loh naik ojek, tapi pilihlah ojek yang berpengalaman. 

3. Air Tiga Rasa


Air yang memiliki tiga rasa ini lokasinya Syekh Sanjeli, muridnya Sunan Muria. Untuk menjangkaunya teman-teman bisa naik ojek dengan biaya sekitar Rp. 15.000. Oh iya untuk teman-teman yang lupa membawa botol dari rumah, tak perlu khawatir karena disana ada yang menjual botol.

4. Alun-Alun Kota Kudus

Menikmati malam, sambil jajan cemilan, bisa juga ngobrol sama teman maupun keluarga pastinya menyenangkan, alun-alun kota Kudus ini selalu ramai ketika malam minggu ini.

Untuk wisata kuliner, teman-teman bisa menyambangi Garang asam Kudus, Soto Pak Denuh, Lentog Tanjung di sekitaran jalan Agil Kusumadya, Kudus. Sementara untuk soto kerbau teman-teman bisa datang malam hari di kaki lima depan RSUD Kudus.

Ada satu hal yang menarik, ketika bicara mengenai perempuan lulusan Universitas Semarang ini, jika teman-teman mampir ke blognya pasti menemukan menu absurb life, kebetulan saya suka kepo, saya klik itu, alhasil munculah postingan yang segar dan renyah, tulisan tips di olah menjadi menarik dan pastinya ada banyak manfaat, eh masih suka yang postingan "Tren Remaja 2000an (Studi kasus : Sekolahan sendiri).

So far, mengunjungi blog mbak Rani sih banyak cerita yang bisa di dapatkan, dengan template putih, jadi bisa fokus ke jodoh, eeeh ke tulisan. Next, kita keliling Kudus bareng ya Mbak. Hihihi...

Nah, bagaimana? Apakah teman-teman ada rencana untuk menyambangi kota kretek? 

Komentar

  1. Kalau ke Kudus, saya pasti cari mbak Rani deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, sekalian kopdar hihihi

      Hapus
    2. siap pokoknya.. Kudus semakin semarak kalo ada kalian #halah

      Hapus
  2. Waaaaah mau dooing diajak ke Kudus... pernah lewat duank. Tp blom pernah ke temoat wisatanya.... mbak rani n mbak tya... ajak aku duuunk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk Mbak Dewi.. rugi pokoknya kalo nggak mampir, hihi :)

      Hapus
  3. Ternyata masih kurang 1 Mbak, museum kretek.. baiklah.. next time Mbak Tia harus cek sendiri lokasinya, jangan lupa ajak aku juga :D

    BalasHapus
  4. Air tiga rasa ini, rasanya apa aja ya? Manis, asin, tawar kah? Hihihi jadi penasaran :)

    BalasHapus
  5. Kudus ternyata menawan ya saya blom prnh neh ke sana :)

    BalasHapus
  6. Pernah nyobain air 3 rasa. Trecep-trecep gimana gitu lho.

    BalasHapus
  7. Aku jadi pengen nyobain air tiga rasanya.. Tapi kalo ke Kudus sekarang mah ga usah bingung yak, karena ada Mba Rani..hihi

    BalasHapus
  8. Review tentang kota Kudus yang menarik mbak Tia.

    BalasHapus
  9. Dan yg nggak boleh lupa.. Klo ke kudus bilang2 mbak rani biar bisa ketemuan :D

    BalasHapus

Posting Komentar