Jumat, 28 April 2023

Mau Motor Lama Rasa Baru? Perhatikan 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor di Planet Ban

Hayo ngaku, siapa yang sering mengendarai motor tapi nggak pernah servis motor? Padahal motor yang sering kita gunakan itu harus rutin diservis, biar mesin sehat dan body glowing kayak wajah kita, masa wajah doang yang dirawat. 

Sebagai perempuan, aku memang awam banget masalah dunia per-motoran, paling kalau pakai motor itu yang penting dicuci sampai bersih plus diisi bensin doang, ternyata motor itu butuh dirawat sama kayak wajah hihi.

Terus kalau motor mogok pasti sering bilang. "Lho, kok bisa mogok sih, kan udah aku isi bensin?" 

Taunya motor itu hanya isi bensin aja, padahal motor mogok atau mati bukan karena kehabisan bensin, bisa juga karena mesin terlalu panas dan efek karena malas servis motor.

Sebenarnya merawat sepeda motor itu nggak sulit kok, selain dicuci, ganti oli berkala dan diservis agar mesin tetap awet dan bandel, karena kalau sampai turun mesin kan bisa gawat hihi. Hal yang nggak kalah penting juga harus memilih tempat servis motor yang nyaman, aman dan ramah dikantong. Emang ada? Terus apa saja sih yang harus dicek saat servis motor?

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Sudah seharusnya service motor dilakukan secara rutin terlebih jika sudah mencapai jarak tertentu, selain itu servis motor juga untuk memastikan kondisi mesin berjalan semestinya, kalau nggak rajin servis motor bisa-bisa motor mengalami kerusakan dan pastinya kita mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Nah, ini dia 8 bagian yang wajib dicek saat servis motor.

1. Oli Mesin

Saat servis motor, aku diberi tau harus rutin ganti oli saat sudah menempuh jarak sekitar 2000-2500 km, karena Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin, makanya harus rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai.

Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Sebagai Pengguna motor matic, ternyata aku juga wajib rutin ganti oli gardan. Oli gardan berfungsi melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Sistem pengereman merupakan salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara itu menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah gak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya. Kalau ban sudah gundul segera diganti agar saat berkendara lebih nyaman, terutama saat musim hujan atau kondisi jalan menanjak dan menurun. 

8. Tune up Motor Rutin

Servis motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen kendaraan bermotor, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Jadi, sebelum ganti oli mesin, oli gardan atau mengganti sparepart lainnya, akan diinformasikan terlebih dulu oleh mekaniknya, dengan meminta persetujuan kan kita nggak takut lagi dengan tagihan yang harus dibayar hihi.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan motor lama rasa baru itu harus rutin service motor, pastinya service motor di bengkel yang terpercaya dong. Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu, service ini bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Salah satu tempat service motor yang aku rekomendasikan itu di Planet Ban 

- Karena lokasi Planet Ban tuh ada di setiap daerah, bahkan di Jepara dan Kudus juga sudah ada. Lokasinya juga strategis.

- Setiap servis, menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

- Menggunakan sparepart asli, maka pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan juga lebih enteng.

- Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga gak perlu sering ke bengkel, biaya servis jadi lebih hemat.

- Ikut serta memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain?

Servis motor di Planet Ban dikerjakan oleh orang yang berpengalaman jadi nggak asal-asalan. Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga bisa merasakan kalau mesinnya seperti mesin baru. 

Selain itu, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang lengkap banget ternyata ramah di kantong. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Sekarang nggak ada alasan lagi buat nggak servis motor secara berkala, karena servis motor banyak manfaat banyak manfaatnya, salah satunya tetap bisa merasakan motor lama dengan rasa baru. 

Buat teman-teman terutama perempuan yang nggak paham dengan dunia mesin atau motor, bisa langsung ke Planet Ban aja, serahkan perawatan motor kita sama ahlinya. 

11 komentar:

  1. Keren banget servis motor lama jadi rasa baru heheheh jadi pengen servis motor. Nanti deh awal bulan xixixi

    BalasHapus
  2. Penting banget ini ya, bikin motor lama jadi rasa baru setelah service di Planet Ban. Biar motor juga glowing paripurna kayak naik.. Assseeekk..

    BalasHapus
  3. Kebetulan banget neh motorku juga umurnya udah tahunan, moga bisa jadi terasa baru deh setelah servis di Planet Ban.

    BalasHapus
  4. asyik ada planet ban deket rumaaahh

    aku jg mau cuss k sana ntar
    biar dompet dan hati hepiiii

    BalasHapus
  5. Planet Ban ini deket dari kantor. Sekitar 1km aja. Kalo mau servis jadi enak. Heheh.

    BalasHapus
  6. Saya banget mbak yg sering lupa servis motor padahal tiap hari pake hahaha. Suami yang sering ingetin kalau waktunya servis. Nah servisnya di planet ban dong biar gak boncos

    BalasHapus
  7. Punya motor emang gak cuma dipakai aja ya, musti rajin diservis biar mesin awet

    BalasHapus
  8. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  9. Di tempatlu lokasi Planet Ban juga strategis banget. Di dekat oeremoatam besar, jadi mudah nyarinya..

    BalasHapus
  10. Deket rumah mamah ada bengkel Planet Ban dan tempatnya tuh bersih jadi nyaman servis motor di sana.

    BalasHapus
  11. Aku tahu Planet Ban sebab sering isi angin gratis. Nah, kalau tahu servisnya semurah itu, bisa jadi rujukan nih.

    BalasHapus