Selasa, 24 Januari 2023

5 Terobosan IDN Media di Tahun 2023 Untuk Menghadapi Resesi

Tak terasa sudah dua puluh empat hari kita melalui tahun 2023, tahun yang diprediksi akan muncul resesi, di mana kondisi ekonomi tidak baik-baik saja, terlebih saat ini kita semua baru saja melewati yang namanya pandemi, pastinya masih banyak hal yang masih belum stabil, termasuk perekonomian. 

Namun, kita nggak perlu takut atau panik yang berlebihan, karena kondisi apapun harus dihadapi dengan bijak, inovatif dan  selalu berpikir positif, sehingga bisa bertahan dalam kondisi apapun. 

Terlebih saat ini hidup di era digital jadi mempermudah kita untuk mendapatkan penghasilan walaupun dari rumah saja, tentu saja hal tersebut harus dimanfaatkan dengan baik, seperti  menjadi content creator, blogger, scriptwriter, intinya harus kreatif dan memilih wadah yang tepat, seperti IDN Media yang selalu berinovasi dan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). 

Untuk menghadapi resesi, apa sih yang harus kita lakukan? Untuk itulah kita bisa mengintip inovasi yang dilakukan oleh IDN Media. Jadi IDN Media sendiri merupakan perusahaan media platform yang ditujukan untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia dengan memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active USers (MAU).

Jadi dalam menghadapi tahun 2023 itu kita harus memiliki berbagai terobosan sehingga bisa tetap bertahan dan berkembang. Berikut ini merupakan inovasi atau terobosan yang dilakukan IDN Media untuk bertahan dan melewati resesi, yakni : 

1. Perkembangan IDN Media sebagai platform media yang tech-driven.

Dengan mengusung visi untuk mendemokrasi akses informasi dan membawa dampat positif bagi masyarakat, IDN Media berusaha untuk terus berkembang menjadi media platform berbasis teknologi dengan mengusung empat kategori, yakni : 

- IDN (Content Platform) meliputi IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy.

- FORTUNE Indonesia (Digital Media) meliputi IDN Creative, ICE, IDN Event.

- IDN Programmatic OOH (Commercial)

- IDN Pictures dan JKT 48 (Entertainment) 

Jadi, di tahun 2023, IDN Media masih akan fokus untuk terus menumbuhkan bisnisnya diempat kategori bisnis, yaitu : content platform, digital media, commercial dan entertainment.

IDN_Media 2023

2. Pentingnya Memiliki Fundamental Bisnis yang Kuat

Salah satu terobosan IDN Media untuk bertahan di tahun 2023 itu dengan melakukan berbagai inovasi dan berkembang menjadi salah satu perusahaan media yang menyajikan konten positif untuk masyarakat Indonesia dari Aceh dan Papua. Hal yang paling penting harus memperkuat fundamental bisnis untuk hadapi faktor eksternal perusahaan dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh  stakeholders.


IDN_Media 2023

3. Fokus Kembangkan Konten Live Streaming

Hal yang difokuskan IDN Media tahun 2023 itu menumbuhkan bisnis live streaming karena konten tersebut semakin digandrungi anak muda di masa depan. Berdasarkan hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, Gen Z lebih menyukai format konten berbasis video, dengan konten video (75%) kemudian disusul live streaming. IDN Media sendiri memiliki IDN Live di platform IDN yang menyediakan konten live streaming

IDN Media juga meluncurkan 3 fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN yang mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live, yakni :
- UGC Feature yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live dan membuka peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan.
- Redemption.
- Referral.  


4. Menumbuhkan Creator Economy Melalui ICE

Creator Economy merupakan industri yang melibatkan content creator untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen. IDN Media sendiri akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melewati ICE ( Indonesia Creator Economy) yang memiliki visi mendemokratisasi "Creators Economy" di Indonesia melalui teknologi. ICE menawarkan berbabagai layanan seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions  dan brand & product development. Bahkan untuk tahun 2023 ICE akan luncurkan platform website untuk kolaborasi tanpa batas antara pihak brand dan kreator. 

5. Tetap Optimis Proyeksikan Pertumbuhan di Tahun 2023

Berdasarkan survei resesi dari Bloomberg, Indonesia memiliki potensi resesi cukup rendah dibandingkan negara lain, yakni sebesar 3%. Namun harus tetap diantisipasi karena saat resesi, klien cenderung melakukan efisiensi biaya dan hal yang pertama dikurangi biasanya biaya untuk pemasaran sehingga industri media pun akan terkena imbasnya. Namun tak perlu galau atau panik karena menurut berbagai penelitian Indonesia di tahun 2023 masih akan terus bertumbuh dan berkembang. 

Itulah 5 terobosan yang dilakukan oleh IDN Media di tahun 2023 untuk menghadapi resesi.  Buat teman-teman juga terus melakukan inovasi tanpa batas dan terus bergerak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar