Rabu, 30 November 2022

Pesona Desa Menari di Kaki Gunung Telemoyo

 


Memiliki pemandangan alam yang indah dan jejeran pohon yang rindang membuat desa yang terletak di kaki gunung Telemoyo ini memiliki udara yang sejuk. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah ternyata dusun Tanon, desa Ngrawan yang berada di kecamatan Getasan kabupaten Semarang ini terkenal dengan sebutan desa Menari. Loh, kok bisa? 

Sebab banyak remaja maupun anak-anak yang tinggal di Dusun Tanon ini memiliki keahlian khusus yaitu pandai menari dan menjadikan menari bagian dari hidup mereka. Bahkan mereka menari dengan sepenuh hati dan bahagia tanpa beban apapun, karena menari merupakan warisan yang sudah dilakukan secara turun temurun, untuk itulah Desa Tanon yang berada di kaki gunung Telemoyo ini dijuluki Desa Menari sejak Februari 2012.

Jika teman-teman mengunjungi desa Menari, sebaiknya ketika ada acara atau festival jadi bisa menyaksikan tarian dari remaja maupun anak-anak Desa Menari atau bisa mengambil paket wisata maupun pergelaran seni yang disediakan di desa Menari. 

Ada berbagai tarian yang bisa teman-teman nikmati di desa Menari seperti Tari Geculan Bocah dan Tari Topeng Bocah. 

Tari Geculan Bocah merupakan tarian yang diadaptasi dari tari Warok yang gerakannya mencerminkan dunia anak-anak yang riang dan jenaka dengan menampilkan permainan tradisional dan ada perang-perangan juga, sajian tarian Geculan Bocah ini sangat apik dan bisa dinikmati oleh setiap orang, pastinya sangat menghibur. 

Selain itu ada Tari Topeng Ayu yang sering disebut tari Ndyakan. Tarian ini biasanya dibawakan oleh remaja Puteri dengan gerakan yang rapi dan musik yang menghentak. Di desa Tanon tarian ini dibranding ulang menjadi tari Topeng Ayu dari kata "Toto Lempeng Hayuning Urip."

Selain memiliki gerakan tarian yang luwes, para penari di desa Menari ini juga piawai untuk merias wajah sendiri, jadi setiap mau pentas menari semua penari merias wajahnya sendiri, wah mereka memang totalitas banget yak. 

Jauh sebelum desa Menari terkenal ternyata ada sosok dibalik kesuksesan desa Menari, dia merupakan lelaki yang berusaha membenahi desa Tanon bertumbuh dan berkembang menjadi lebih produktif dan membuat perekonomian masyarakatnya juga membaik. Oh iya, kebanyakan masyarakat di desa Menari itu berprofesi sebagai petani dan peternak. 

Sosok tersebut Trisno, inisiator desa Menari yang memilih pulang kampung ke desa Tanon setelah lulus dari kuliah, ia membangun desa Tanon menjadi salah satu desa tujuan wisata sampai terpilih menjadi kampung berseri Astra. 

Kerja keras Trisno penggerak desa Tanon yang didukung oleh masyarakat ternyata membuahkan hasil yang manis, karena desa Tanon atau desa Menari ini terpilih kampung berseri Astra. 

Iya, Desa Menari merupakan kampung berseri Astra yang pertama di Jawa Tengah. Kampung Berseri Astra memiliki berbagai program dan kontribusi sosial yang berkelanjutan dengan mengusung pengembangan empat pilar, yaitu dibidang kesehatan, lingkungan, kewirausahaan dan pendidikan.

Dengan adanya empat pilar di desa Menari ini sangat membantu masyarakat desa, karena ada posko kesehatan juga ada beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang S1. Tak hanya itu, lingkungan desa juga jadi lebih tertata rapi dan bersih, bahkan bisa mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. 

Kehadiran Astra di desa Tanon ini menumbuhkan semangat untuk anak-anak di desa mengejar impian mereka. Walaupun lokasi desa Tanon jauh dari pusat kota, tapi nggak sedikit wisatawan lokal maupun internasional yang menyambangi desa Menari ini. 

Jadi sudah sepantasnya Pesona Desa Menari terdaftar menjadi salah satu Kampung Berseri Astra 2022 bersama 166 daerah terpilih lainnya. Intinya setiap usaha nggak akan mengkhianati asal mau #BangkitBersamaUntukIndonesia #KitaSatuIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar