Rabu, 29 April 2020

Mengenal Gejala Virus Corona Lebih Dekat





Sedih banget pas kemarin keluar rumah buat belanja kebutuhan sehari-hari, liat sepanjang jalan masih banyak orang yang nongkrong bahkan masih ada yang menggelar hajatan dan tanpa menggunakan masker kain, anehnya rame banget. Padahal musim pandemi seperti ini harusnya kita lebih peka dengan kondisi yang terjadi. Nggak ada salahnya untuk tetap di rumah, kecuali buat mereka yang memang harus bekerja di luar rumah. 


Kalau senangnya, sekarang banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk mengusung gaya hidup sehat, dari mengatur pola makan yang bergizi sampai olahraga yang teratur agar imun tubuh lebih kuat dan sehat, ditambah dengan mencuci tangan dan berjemur di bawah matahari, terlebih saat musim pandemi saat ini yang mengharuskan jadi tim rebahan, pastinya menjaga lebih baik ketimbang mengobati. 

Ngomongin virus Corona ini pastinya nggak akan kelar dibahas, virus yang berasal dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Cina, dalam Bahasa medis terkenal dengan nama COVID-19, merupakan Virus yang menjadi wabah di Indonesia dan memiliki imbas di berbagai sektor, dari kesehatan, ekonomi, pariwisata, perdagangan dan lainnya. Meski awalnya dianggap menyerupai Flu biasa, COVID-19 ternyata nggak berasal dari golongan rhinovirus seperti Flu pada umumnya, virus ini berasal dari golongan coronavirus yang memiliki perbedaan dalam gejala serta tingkat keseriusannya. 

Bahkan, hingga tanggal 21 Maret 2020 saja, tercatat di Indonesia sudah terjadi 450 kasus diantaranya 38 meninggal dan 20 orang berhasil sembuh. Artinya Corona Virus ini nggak bisa dianggap sepele. Begitu besar dampak negatif yang ditimbulkan oleh virus yang bahkan ukurannya jauh lebih kecil dari nama besarnya saat ini. 

Hal yang paling menakutkan dari Virus Corona sendiri bukan karena tingkat kematian yang bisa disebabkan olehnya, tapi tentang ketidak tahuan manusia tentang virus corona itu sendiri, terlebih yang sudah paham tapi masih terlihat cuek aja, bahkan sama sekali nggak peduli atau  mendukung program pemerintah salah satunya untuk tetap berada di rumah aja, miris memang tapi itulah fenomena yang terjadi saat ini.

Padahal ketika seseorang mengenalinya setidaknya bisa lebih waspada dalam menghadapi serangan virus tersebut. Banyak sekali orang di negara ini yang justru sebaliknya, ketidak tahuannya tentang akibat yang bisa ditimbulkan virus corona ini malah menjadi bahan bercandaan yang bisa ia sepelekan begitu saja. Entah itu karena ketidak tahuannya atau karena ketidak peduliannya tentang sebaran penyakit bernama COVID-19 ini, sehingga membuat penyebarannya kian meroket. 

Nah untuk itu pula aku rajin buka website halodoc untuk mengetahui gejala dan penyebaran covid-19 ini, juga perkembangannya saat ini. Selain itu, karena berhubung masih di rumah aja, aku juga bisa  konsultasi dengan dokter dan membeli obat dan vitamin, dengan tetap berada di rumah aja. Asyik, kan? Iya, karena lebih praktis dan lebih terpercaya infonya. 





Biasanya orang-orang yang sudah terjangkiti covid-19, akan mulai merasakan gejala virus Corona mulai dari yang ringan, yaitu : 

Hidung mulai beringus
Sakit Kepala
Sakit tenggorokan
Demam 
Batuk
Merasa Nggak Enak Badan

Apabila sakit semakin berat, terjadi gejala yang semakin berat, yaitu 
Demam semakin tinggi
Batuk berlendir
Nyeri dada atau sesak Nafas

Bahkan gejala bisa semakin parah ketika menyerang pada orang tua atau lanjut usia, orang yang memiliki sistem kekebalan lemah, bayi dan orang-orang yang memiliki penyakit seperti jantung atau paru-paru. Kalau nggak ditindaki secara cepat dan tepat maka bisa berujung dengan kematian. 

Untuk itulah di saat pandemi seperti ini kita harus peka dan berempati walaupun harus menjaga jarak, bagaimanapun ketika kita peduli dan nggak menghakimi orang yang terkena virus ini jauh lebih baik, setidaknya bisa membantu memutus penyebaran covid-19. 

Untuk itu, biasakanlah rajin mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Patuhi anjuran untuk nggak keluar rumah jika memang nggak ada hal yang mendesak. Hindari kontak langsung dengan orang lain, kalaupun harus keluar rumah gunakanlah masker kain. Ingat ya kita hanya butuh masker kain aja, bukan masker kesehatan, karena masker kesehatan digunakan oleh petugas kesehatan. Paling penting itu tetap positif thinking, yakinlah bahwa pandemi ini akan segera berlalu. 


Semoga aku, kamu dan kita terus berusaha memutus rantai penyebaran virus corona dan mengenali gejala virus corona sejak dini. Ingat ya, Negeri ini harus disembuhkan, minimal dengan mencegah penyebarannya. Mari mulai dari diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar