Jumat, 08 November 2019

QR Code Pembayaran Digital Dalam Satu Genggaman


"Nyatanya, kemajuan teknologi mampu membuat segala sesuatu menjadi mudah, asal digunakan untuk hal yang positif."

"Semuanya jadi seratus dua puluh tujuh ribu tiga ratus rupiah," ucap Mbak Kasir yang membuat aku langsung merogoh saku celana. Merogoh recehan memang membuat lama dan bikin aku jadi nggak enak sama orang-orang yang mengantri dibelakang, kalau sepi sih nggak masalah. Kalau ramai? Makin panik aja aku. 


Pernah juga saat berada di stasiun karena nungu lama dan perut juga nggak bisa diajak kompromi akhirnya merapatlah ke salah satu gerai yang jual makanan, setelah pesan ternyata baru sadar dompet nggak bawa haha, antara malu dan laper jadi satu. Akhirnya aku harus nunggu dijemput baru bisa bayar semuanya.

Nggak hanya itu saja, pernah juga bayar ojek dengan menyodorkan uang lima puluh ribuan. Si tukang ojek bilang nggak ada kembaliannya mbak. Akhirnya aku bingung harus nyari warung buat menukar uang itu atau minimal membeli sesuatu yang terkadang nggak aku butuhkan. 

Hal-hal kecil itu terkadang membuat kita ribet ya, padahal aku tuh pengabdi sesuatu yang praktis, karena orangnya emang nyantai banget. Sampai akhirnya aku mulai bersahabat dengan kemajuan teknologi, dengan mulai menggunakan dompet digital, menginstal GoPay, Dana, LINKAJA intinya semua itu untuk memudahkan pembayaran yang bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman dengan QRCode.

"Ketinggalan dompet nggak masalah. Masih bisa kemana-mana, belanja dan beli makanan, asalkan ada smartphone dalam genggaman."

QRCode Sebagai Alat Pembayaran Digital Generasi Milenial


Ada yang belum tahu tentang quick responses code atau QR? Jadi, QR itu merupakan barcode yang di scan setiap mau  digunakan  dalam pembayaran. Menggunakan QRCode membutuhkan smartphone dan koneksi internet yang memadai.

Seeiring perkembangan teknologi dalam sistem pembayaran, saat ini QR dikembangkan menjadi salah satu metode untuk pembayaran transaksi digital. Pembayaran online ini sangat digemari oleh generasi millenial yang memiliki gaya hidup mobillitas. 

Karena #PakaiQRstandar sangat mudah dan praktis, bisa digunakan di banyak merchant dan transportasi. Selain praktis pembayaran menggunakan QR Code ini mewarkan banyak cashback yang menggiurkan. Dengan adanya QR sebagai alat pembayaran digital, pastinya sangat memudahkan transaksi

Dengan adanya aplikasi dompet digital, aku pun jadi nggak was-was lagi kalau pergi ke keluar kota, karena sudah bisa digunakan untuk naik Trans Semarang, belanja di stand pameran, bahkan saat ini nyaris kios-kios kecil dan UMKM juga sudah menyediakan QRCode sebagai pembayaran. 

Seperti ketika aku ke Semarang, untuk naik BRT atau Trans Semarang bayarnya menggunakan gopay, tinggal scan saja dan sangat mudah, karena bayarnya hanya 3500 rupiah, aku juga nggak ribet menyiapkan receh atau uang pas. Selain itu menggunakan gopay juga banyak cashbacknya. 

Walaupun aku sudah menggunakan beberbagai aplikasi yang sudah ada QRcode sebagai alat pembayaran digital, tapi tetap kok aku juga kalau berpergian membawa uang receh tapi dengan jumlah terbatas dan digunakan untuk seperlunya saja. 


Bahkan, saat ini sudah banyak bank-bank besar yang meluncurkan QRCode sebagai alat pembayaran digital. Maraknya penggunaan QR Code membuat Bank Indonesia meluncurkan standar penggunaan QR di Indonesia yaitu QRIS saat acara #feskabi2019. Dengan kehadiran QRIS dapat mempermudah transaksi dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia dan #gairahkanekonomi

Semoga dengan adanya kemajuan teknologi bisa membuat kita bijak menggunakan uang untuk keperluan yang penting saja. Semoga kehadiran QRIS juga bisa membuat aman dan nyaman saat bertransaksi, jadi kita semua bisa menikmati pembayaran digital dalam satu genggaman dan nggak ada rasa cemas lagi. Intinya kita dukung bersama untuk #majukanekonomiyuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar