Minggu, 05 Agustus 2018

Inilah Cara Mengubah Sampah Menjadi Tabungan Emas

"Kreatif itu melihat hal sekecil apapun bisa menjadi bermanfaat."

Rani lagi jalan di taman dan melihat banyak sampah, Rani pun kesal bukan main, karena sampah menjadikan taman kotor dan gak nyaman, bahkan di kali juga banyak tumpukan sampah. Tak hanya Rani, Nay juga kesal karena banyak orang yang buang sampah sembarang. Iya, sampah menjadi satu permasalahan di Desa Setia Asih. Gak kebanyak kalau permasalahan sampah ini gak diatasi pastinya bikin lingkungan gak sehat dan warga pun banyak yang sakit. Tau sendiri,dari sampah itulah dapat menimbulkan berbagai penyakit.  

Penyakit akan membuat orang menjadi lemah dan gak kreatif lagi. Permasalahan sampah ini menjadi PR buat kita semua, tak hanya pemerintah saja, tapi masyarakat maupun pihak swasta. Dan, paling sederhana ini menangani kasus sampah itu harus dimulai dari diri sendiri dan itu gak mudah karena butuh proses panjang. 
Beruntung, 02 Agustus 2018, saya berkesempatan untuk menghadiri acara "Peresmian Bank sampah dan Taman Desa yang berlokasi di Desa Setia Asih, Bekasi. Saya sangat antusias banget, terutama saat mendengar bank sampah yang akan diresmikan ini disambut antusas oleh warga, karena mereka bisa mengubah sampah yang jadi sumber masalah selama ini menjadi tabungan emas. Alamak! Saya penasaran banget sih.

Peresmian ini dihadiri juga oleh Bapak Sunarso, selaku Direktur Utama dari Pegadaian. Nah bank sampah ini dinamakan The Gade Clean and Gold, merupakan perwujudan kontribusi Pegadaian untuk masyarakat di desa Setia Asih yang merupakan desa binaan dari pegadaian. Pak Sunarso sendiri berharap dengan adanya bank sampah maka kesadaran masyarakat untuk gak membuang sampah secara sembarangan akan meningkat, sehingga program sampah menjadi emas yang dicanangkan bersama pemerintah mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi ternyata Pegadaian itu memiliki dana CSR yang memang konsen di bidang lingkungan, untuk itulah mereka bekerja sama dengan Desa Setia Asih untuk melakukan perubahan yang sangat positif, dengan cara mengajak masyarakat sekitar untuk mengumpulkan sampah dapur, kemudian ditimbang di bank sampah dan hasilnya nanti di konversi ke dalam tabungan emas Pegadaian. Inilah cara mengubah sampah menjadi emas yang dilakukan oleh masyarakat Desa Setia Asih, Bekasi.

Wah, ini merupakan salah satu solusi yang benar-benar baik, gak hanya bermanfaat untuk lingkungan sekitar namun bermanfaat untuk membantu perekonomian warga. Setidaknya dengan adanya bank sampah ini, mereka semakin peduli untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di area umum seperti taman, jalan maupun di kali.

Nah, selain meresmikan bank sampah, Pegadaian dan Desa Setia Asih juga meresmikan taman "The Gade Clean & Gold" nama Gade sendiri diambil dari pegadaian. Untuk tamannya lumayan nyaman, bersih dan bisa dijadikan area bermain anak-anak, lokasinya bersebrangan dengan kali. Dan, saya juga dibuat tercengang dengan beberapa gallery foto yang menampilkan before after dari lokasi taman dan pinggiran kali, awalnya lokasi ini bertumpukan sampah dan sekarang jadi bersih.

batik


Dodol

Telur Asin
Tak hanya itu, ternyata Pegadaian juga telah berkontribusi  dalam pembinaan pembuatan dodol, membatik dan produksi telur bebek, dengan begitu bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Selain ada peresmian, acara kamis sore tersebut menjadi lebih menarik karena dipamerkan produk-produk hasil binaan, ada batik, telur bebek dan dodol yang dibanrol dengan harga ramah di kantong. 


Sore itu, tak lengkap jika tak mencicipi kopi dari The Gade Coffee & Gold, rasanya segar dan pas banget dinikmati saat berkumpul bareng sahabat. Oh iya The Gade Coffe & Gold ini merupakan brand dari Pegadaian, dan katanya cabangnya sudah tersebar di berbagai kota, memiliki cafe yang instagramble dan tampilan yang kekinian pastinya sangat digandrungi sama generasi milenial. 

So, semoga kedepannya, pegadaian akan semakin banyak membina desa lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia agar lebih baik, mandiri dan lebih sejahtera, apalagi kalau bisa mendapatkan banyak emas dari sampah. Nah, kalau begini pastinya semua orang bisa loh memiliki tabungan emas dan bikin lingkungan lebih sehat, nyaman dan ramah anak. Ada yang sudah menabung emas? Share yuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar