Selasa, 30 Mei 2023

8 Persiapan Umroh Untuk yang Baru Pertama Kali


"InsyaAllah aku mau umroh bulan depan. Tapi deg-degan banget nih soalnya ini pertama kalinya buat aku."

Mendengar kabar bahagia tersebut pasti senang banget kan? Sebab umroh menjadi salah satu impian setiap muslim, terlebih saat ini menunggu berangkat haji sangat lama sekali. Umroh juga menjadi wish list aku sejak beberapa tahun yang lalu, pastinya umrah itu membutuhkan persiapan yang panjang tak hanya biaya tapi juga menata jiwa dan raga.  

1. Mempersiapkan Dana

Sudah pasti kalau ada niat umroh, harus menyiapkan dana yang cukup untuk mendaftar di travel umroh, kemudian menyiapkan dana lainnya. Tak hanya dana biaya buat umroh tapi biaya menyiapkan perlengkapan ibadah dan lainnya. Jangan lupa menukar uang buat umroh juga seperlunya saja tak perlu terlalu banyak, karena bisa mengambil uang di atm saat melakukan di Arab.

2. Mempersiapkan Dokumen

Dokumen merupakan hal penting yang harus disiapkan jauh-jauh hari. Baiknya setelah mendaftar umroh dan cek persyaratan, lantas menyiapkan dokumen dengan segera, dari paspor, ktp, buku nikah sampai vaksin dan lainnya, kalau perlu buat cek list apa saja yang sudah ada di ceklist agar nggak ada yang tertinggal atau terlupakan. Bahkan jangan lupa mengecek apakah nama diidentitas sudah sesuai atau belum? Kalau ada yang nggak sesuai bisa segera diperbaiki.

3. Mempersiapkan Kesehatan

Kesehatan itu sangat penting sekali, sebaiknya istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, sayuran dan buah, jangan lupa rajin berolahraga dan minum vitamin sesuai dengan kebutuhan. Kalau tubuh sehat, insyaAllah ibadah juga lebih nyaman. Jangan lupa cek kesehatan sebelum berangkat umroh.

4. Mempersiapkan Perlengkapan Diri

Jangan lupa siapkan pakaian, apa saja yang mau dibawa, nggak perlu banyak yang penting cukup, dari gamis, jilbab, perlengkapan sholat, sendal dan lainnya. Teman-teman juga cek musim apa di Mekkah, kalau dingin bisa membawa jaket atau sweeter. Intinya barang bawaan disesuaikan dengan kebutuhan peribadi masing-masing, kalau mau bawa makanan ringan juga diperbolehkan. Sebaiknya dimasukan ke tas yang sesuai dan ditulis agar mudah mencarinya.

5. Mempersiapkan Obat-obatan Pribadi

Teman-teman yang mau umroh jangan lupa cek musim yang ada di arab dan membawa obat-obatan pribadi terlebih buat yang memiliki penyakit khusus dan harus bawa obat dokter. Masukan ke dalam tas terpisah agar mudah diambil saat butuh. 

6. Mempersiapkan Diri Dengan Cek Aturan di Arab.

Di mana kaki dipijak disitu langit dijunjung, jadi penting banget mengetahui kondisi dan peraturan di Arab, dari segi pakaian sampai adatnya, sehingga dengan paham hal itu teman-teman nggak akan lagi melakukan kesalahan, boleh juga cek websitenya negera tersebut atau tanya-tanya pengalaman ke teman yang sudah umroh.

7. Manasik

Manasik sangat penting sekali bagi teman-teman yang mau umroh, dengan mengikuti manasik kita jadi paham apa saja yang harus dilakukan saat umroh nanti, kalau nggak paham, bisa tanya-tanya lebih lengkap ke pembimbing atau travel agentnya. 

8. Travel Umroh

Memilih travel umroh pastinya harus yang amanah dan berkompeten dibidangnya, agar saat beribadah umroh kita bisa merasa aman dan nyaman, selain itu harganya juga harus ramah dikantong hihi. Salah satu travel umroh yang memiliki berbagai paket umroh yang bisa dipilih budget itu Shafwah Holidays yang hadir sebagai solusi untuk teman-teman yang menginginkan perjalanan aman, nyaman, cepat dan ramah. 

Agustus 2023, Shafwah Holidays memiliki enam paket umroh yang menarik, dari harga sekitar 28 juta sampai 32 juta, intinya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita miliki. 

Paket Umroh dari Shafwah Holidays ini ada yang 9 hari sampai 12 hari. Shafwah Holidays sendiri bagian dari Shafwah Group yang bergerak dibidang jasa Halal/Muslim Tour, Umrah dan Haji dengan mengusung konsep syariah untuk wisatawan dari Indonesia ke seluruh dunia. Namun sayangnya, Shafwah Holidays baru hadir di empat provinsi, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan. Semoga ke depannya bisa menjangkau berbagai provinsi lainnya. 

Teman-teman mau berangkat umrah? Jangan lupa untuk melakukan berbagai persiapan, agar ibadah umrah menjadi lancar, nyaman dan aman.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar