Minggu, 14 November 2021

7 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Dari Rumah Saja

 "Tak ada lagi hal yang lebih menyenangkan, ketika menekuni hobi namun dibayar"


Dulu sebagian orang berfikir kalau di rumah saja termasuk kaum rebahan dan pengangguran. Namun, sejak adanya pandemi bekerja dari rumah merupakan hal yang wajar dilakukan, selain itu lebih hemat waktu, uang dan tenaga. Karena bekerja dari rumah bisa membuat waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih lama, asal kalau mau kerja dari rumah harus memperhatikan beberapa hal agar bekerja dari rumah menjadi nyaman dan tetap terlihat profesional. 

1. Menyediakan ruang kerja

Walaupun bekerja di rumah saja, tapi tetap membutuhkan ruang kerja yang nyaman, enggak perlu mewah yang penting ada meja buat meletakan laptop, ponsel, maupun alat tempur untuk kerja, juga kursi yang nyaman buat duduk maupun bersandar. 

Jangan lupa sediakan beberapa pot yang berisikan tanaman hijau di tempat kerja kita, agar saat kita istirahat sejenak bisa memandang bunga atau tanaman yang menyegarkan mata dan botol air minum, agar memudahkan kita untuk minum. 

2. Meningkatkan Performa Wi-Fi

Nah, sangat penting sekali untuk menyedikan wi-fi karena wi-fi merupakan penunjang pekerjaan yang sangat penting, bagaimana bisa bekerja jarak jauh tanpa kehadiran wi-fi, untuk itu baiknya tingkatkan performa wi-fi agar enggak lelet dan komunikasi bisa lancar.

3. Mempersiapkan Cemilan 

Kerja itu enggak boleh laper, karena kalau laper bikin kita enggak fokus, tapi enggak boleh juga kekenyangan yang ada bukannya kerja malah tidur, hikss. Intinya harus siapkan makanan ringan, misal buah-buahan, biskuit, keripik atau makanan ringan yang lainnya, dengan begitu saat kerja enggak kelaperan deh. 

Terus, Pekerjaan Apa yang Bisa Dilakukan Dari Rumah Saja?

Tenang ya, ternyata saat ini ada banyak pekerjaan yang bisa teman-teman lakukan dari rumah saja dan hanya menggunakan ponsel, laptop dan wifi saja.

Aku pun selama ini kerja dari rumah kok, enggak perlu berangkat ke kantor, karena kebayang dong harus bermacet ria dan menghabiskan waktu di jalan, ngeri banget saat mendengar istilah tua di jalan, gimana masyarakat perkotaan yang setiap hari harus menjalani rutinitas dan kemacetan di jalan.

1. Freelance Writer

Buat teman-teman yang menyukai dunia tulis menulis bisa jadi penulis artikel, scripwriter, menulis cerita di platform online yang lagi popular, menulis buku maupun lainnya, intinya dunia tulis menulis itu luas dan saat ini menjadi profesi yang menjanjikan dan memiliki penghasilan jika kita memang serius menjalaninya.

2. Blogger

Punya blog kok dianggurin, mending mulai dirawat karena menulis di blog juga bisa menghasilkan, dari rupiah sampai dollar, bahkan bisa dikerjakan dari rumah saja. Sekarang ada berbagai platform online yang memberikan pekerjaan dengan menulis di blog. 

3. Youtuber

Mau terkenal seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar, mending mulai saat ini mulai serius dan konsisten menjadi youtuber, bikin konten yang menarik dan bermanfaat biar banyak yang subs ya. Pekerjaan youtuber ini juga bisa dilakukan dari rumah saja, asal didukung dengan perlengkapan yang memadai, misalnya ponsel dan wifi.  

4. Pedagang Online shop

Walaupun di rumah saja, tapi teman-teman semua bisa kok menghasilkan uang yang halal, jadi jualan online memang sudah bukan hal yang aneh lagi, karena banyak peminatnya terutama saat pandemi seperti ini, dinilai belanja lebih praktis, hemat uang dan tenaga. Jadi ini merupakan peluang buat kita untuk jualan online. Jualannya bisa produk apapun dari fashion sampai kuliner.  

5. Desainer Grafis

Saat ini pekerjaan desainer grafis sangat penting karena diperlukan diberbagai perusahaan dan teman-teman bisa kok menjadi desainer grafis dari rumah saja, asal didukung dengan alat yang memadai. 

6. Penerjemah

Mungkin teman-teman ada yang memiliki skill bahasa dari berbagai Negara? Kalau iya, bisa mencoba kerja menjadi penerjemah dan bisa dilakukan dari rumah saja, terlebih saat ini banyak banget novel terjemahan yang masuk ke Indonesia. Jadi untuk jadi penerjemah harus banyak belajar dan mengusai bahasa asing.

7. Gamers

Jadi menurut beberapa orang ada yang bermain game dijadikan pekerjaan yang profesional, seperti para gamers Indonesia MiawAug, Jess No Limit, Dylan Pros dan Frost Diamond, mereka merupakan para youtuber gaming terbaik dan memiliki banyak subscribers karena video yang mereka unggah saat mengulas dan bermain game.

Namun ada juga yang bermain game dijadikan sebagai hobi atau penghilang stress, intinya sih kalau mau serius mau jadi gamer, pastinya harus sering main game biar lebih paham dan terbiasa. 

Kalau aku sendiri bermain game itu sesuatu yang menyenangkan untuk melepas penat dari berbagai deadline yang menghampiri. Jadi saat wekeend aku biasanya main game yang ringan di website Solitaire.org yang terkenal menyajikan berbagai game yang menarik, seperti permainan kartu, candy house maupun mahjong. 

Buat teman-teman yang mau jadi gamers atau sekedar main game sebagai obat saat mulai bosan atau jenuh, bisa mampir ke solitaire.org, website yang menyajikan banyak game seru, gratis, enggak pakai daftar dan tanpa terganggu oleh iklan loh. Pokoknya asyik banget deh.

Sebenarnya banyak game yang menarik di solitaire.org, namun ada dua yang sering aku mainkan, walaupun jarang menang hihihi.  

1. Daily Word Search

Permainan mencari kata yang tertulis di sebelah kiri, ini gamenya terlihat ringan namun membutuhkan kecepatan dan ketelitian. 


2. Daily Mahjong

Permainan Mahjong yang ini beda dengan yang biasanya, dengan mengusung hal yang berbau China terlihat sangat berbeda. Permainan ini hanya memilih gambar yang sama, pastinya butuh kecepatan dan ketelitian. Mahjong ini paling asyik jika dimainkan saat santai bersama keluarga atau sendirian.


Main game itu banyak manfaatnya, seperti mengatasi kejenuhan, stress selama di rumah saja, selain itu juga melatih kemampuan berfikir kita loh. Intinya main game disesuaikan dengan waktu saja. 

Itulah beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah saja, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar