Kamis, 14 Mei 2020

Bukan Hanya Menyenangkan, Hobi Bermain Gitar Juga Punya 6 Manfaat Positif



Bermain gitar sambil bernyanyi walaupun suara ala kadarnya tapi rasanya happy banget. Karena saat itu bisa mendapatkan banyak ide buat menulis. Bermain gitar keliatannya hal yang biasa dan sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat. 


Apakah teman-teman pernah berpikir untuk jadi seorang gitaris yang handal? Atau dapat memainkan sebuah instrumen gitar? Tau nggak sih geng, ternyata mempunyai hobi bermain gitar memiliki banyak manfaat positif untuk diri kita, terutama manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya bermain gitar dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan otak serta manfaat kesehatan lainnya. Berikut 6 manfaat positif yang bisa didapatkan bagi teman-teman yang hobi bermain gitar. 



1. Menghilangkan Stres 
Sumber: pinterest.com 
Bermain gitar dipercaya bisa menghilangkan stres. Studi dari Loma Linda University School of Medicine and Applied Biosystems dan Mind-Body Wellness Center, menemukan stres di tingkat genomic bisa dikurangi hanya dengan memainkan sebuah instrumen musik. So, mainkan gitar dan rasa stres yang menghampiri teman-teman pun perlahan akan menyingkir dengan sendirinya. 

2. Lebih Menghargai Diri Sendiri 
Sumber: pinterest.com 
Gitaris seringkali mempunyai waktu buat merekam lagu yang dimainkannya supaya ia bisa kembali mendengarkannya buat melihat hal apa yang kurang dari rekaman yang telah dibuat. Dengan begini, teman-teman pun akan memiliki pribadi yang lebih suka mengoreksi diri saat ada kesalahan yang teman-teman buat. Tapi, bukan berarti harus sempurna ya, namun untuk berusaha agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

3. Memperkuat Jantung 

Sumber: pinterest.com 
Seorang rocker memiliki cara cermat buat menjaga sistem pada kardiovaskular. Sebuah studi dari Belanda, menemukan bahwa seseorang yang bermain gitar maupun instrumen lainnya dalam waktu hingga 100 menit sehari. Bisa membuat tekanan darah menurun serta denyut jantung yang rendah ketimbang mereka yang nggak bermain gitar. 

4. Meningkatkan Pikiran 

Sumber: pinterest.com 
Kalau teman-teman bermain gitar atau instrumen musik lainnya, maka ketajaman pada fungsi otak bakal meningkat seperti menajamkan pikiran, dimana dapat membuat otak jadi lebih waspada dengan penurunan mental di kemudian hari. Hal ini ditemui oleh penelitian dari Skotlandia. Nah, jadi kalau teman-teman ada yang kehabisan ide saat menulis, bisa langsung mencoba bermain gitar yak. 

5. Melatih Kekuatan Otak 

Sumber: pinterest.com 
Meskipun belajar bermain gitar nggak semudah seperti membalikan telapak tangan, namun teman-teman tetap bisa mendapatkan manfaatnya. Sebab mampu memberikan otak teman-teman buat berlatih. Penelitian dari studi Cambridge University, mengungkapkan bahwa musisi bakal terus berlanjut untuk kreatif meski nggak sedang memainkan instrumen apapun. Selain itu, musisi juga bisa memvisualisasikan musik di dalam pikirannya lalu dituangkan dalam praktik. Aku sendiri pas belajar main gitar itu sampai rela tangan kapalan hahaha. 

6. Mengatasi Rasa Sakit 

Sumber: pinterest.com 
Kalau teman-teman mempunyai penyakit kronis seperti sakit punggung atau pusing kepala, dan diharuskan untuk selalu mengkonsumsi obat, maka kini dapat menguranginya hanya dengan bermain gitar atau instrumen lainnya. Penelitian dari University of Utah’s Pain Research Center, menemukan bahwa bermain instrumen musik dan mendengarkan musik bisa mengalihkan pikiran dari rasa sakit yang lagi  dialami. Secara nggak langsung ini bakal mengurangi sakit yang sedang dialami. 

Ternyata, banyak sekali manfaat bermain gitar bagi diri kita ya? Bagi teman-teman yang tertarik untuk mencoba belajar main gitar, maka  wajib punya alat musiknya. Selain itu, juga harus mempelajari cara-cara bermain gitar yang benar di internet atau dari teman yang pandai bermain gitar. 

Buat para pemula, Gitar Fender CD60 CE Acoustic pas banget untuk jadi pilihan. Karena kualitas nada yang dimiliki gitar ini sangat memuaskan dan sudah dilengkapi oleh built-in tuner serta on-board active preamp. Berkat kualitas pada suaranya yang mengesankan, desain body dengan dreadnought, dan 20-fret sonokeling fingerboard, membuat Fender CD60 CE ini cocok sekali buat pemula, pokoknya lengkap banget deh. Harga gitar Fender satu ini kisaran Rp 4 jutaan di pasaran. Teman-teman bisa membelinya secara online maupun offline. Dan, jangan lupa untuk semangat latihan main gitar. 

7 komentar:

  1. Sy terobsesi punya gitar sejak dulu. Asyik tulisannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah punya belum Mas? Belajar pake gitar yang biasa aja dulu.

      Hapus
  2. Setuju, bermain musik apapun, termasuk gitar, dapat membuat pikiran lebih rileks dan bahagia.

    BalasHapus
  3. Saya belajar main gitar waktu SMA, sampai rela beli buku kunci-kunci gitar untuk lagu-lagu. Memang menyenangkan untuk bermain musik, tapi ya itu kembali pada diri sendiri, karena ada juga sebagian orang yang memilih untuk tidak bermusik atau bahkan sekadar mendengarkannya

    BalasHapus
  4. Perlu ditambah 1 lagi titik mendapatkan uang dengan cara mengamen titik tidak percaya, coba saja.

    BalasHapus
  5. ini salah satu hal yang aku sesalin, gak belajar main gitar dgn benar... padahal asyik kl bisa nih

    BalasHapus