Rabu, 18 Desember 2019

3 Tips Sukses Bisnis Untuk Wujudkan Perempuan Indonesia Maju

"Nyatanya Sukses itu bisa dipelajari polanya, asalkan mau usaha dan belajar sungguh-sungguh."
Aku Seneng banget belakangan ini, banyak dukungan dari pemerintah maupun pihak lainnya untuk wujudkan perempuan Indonesia Maju dengan memiliki usaha, pastinya perempuan bisa hidup lebih mandiri dan bisa membantu perekonomian untuk tetap stabil. Karena kita tau bahwa perempuan itu sosok multitalenta, banyak hal bisa sukses ditangannya.



Kebetulan, 16 Desember 2019, yang lalu aku menghadiri acara #ShenergyKreasi dari @KemenPPPA yang diselenggarakan di Perpustakaan Nasional, Jakarta. Acara tersebut diselenggrakan dalam rangka memperingati hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2019. Wah seneng banget aku bisa hadir dan kumpul bersama perempuan hebat, kreatif dan menginspirasi. 

Acara yang berkonsep santai ini, mengusung tema Wujudkan Perempuan Indonesia Maju dengan beberapa narasumber yang berkompeten dibidangnya. Acara yang dimoderatori oleh artis cantik Kirana Larasati juga membahas branding dan membangun suatu brand agar dikenal oleh masyarakat luas. Juga belajar bagaimana menjadi entrepreneur di era millenial. 




"Salah satu cara membangun kekuatan brand itu dengan cerita, baru kemudian mewujudkan dengan produk sebagai solusinya." - Artobiantoro
Jadi ketika mau melempar produk ke pasar, baiknya kita kenali dulu permasalahan yang ada, sehingga kehadiran produk kita menjadi solusi yang tepat dari permasalahan yang ada, bukan hanya ikut-ikutan trend yang sedang hits saat ini, karena membangun bisnis itu harus dengan hati dan pikiran.



Nah, intinya suatu bisnis kalau mau maju ada tiga hal yang harus dilakukan terus menerus dan berkesinambungan, yaitu :


1. Selalu berusaha memberikan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman, dengan inovasi bisa menghasilkan produk untuk pasar yang sedang berkembang. Jadi konsumen tidak akan pernah pergi meninggalkan produk kita.


2. Beradaptasi dengan teknologi yang sedang berkembang. Salah satunya bisa memasarkan produk melalui online maupun memanfaatkan delevery dari berbabagi fasilitas ojek online, karena hal itu membantu produk kita lebih dekat dengan konsumen. Maanfaatkan berbagai kemudahan dari teknologi. 

3. Menjaga kualitas produk agar konsumen menjadi loyal. Dengan konsumen loyal, maka akan memberikan promosi secara gratis. Semisal A membeli produk dari kita, kemudian A sangat puas, dengan tanpa sengaja ia akan merekomendasikan produk kita ke B maupun C sangat mereka ngobrol dan mencari produk yang sama. Untuk itu sangat penting menjaga kualitas suatu produk agar selalu baik bahkan seharusnya lebih baik setiap harinya.

Selain tips tersebut, agar produk Indonesia dikenal oleh masyarakat luas, bahkan mancanegara, kita juga harus sinergi dengan berbagai pihak yang terkait, salah satunya dengan Kementrian Perempuan.


Semoga kita semua bisa terus berinovasi dan berelasi agar bisa bersama-sama mewujudkan #perempuanberdayaIndonesiamaju untuk meningkatkan perekonomian lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Perempuan memang sosol yang tidak hanya multi talenta tapi multi tasking plus gampang bisa kalau belajar apa-apa. Jadi dengan melek technology seharusnya bisa memegang peranan perekonomian, ya?

    BalasHapus