Minggu, 23 September 2018

Tips Memulai Bisnis Bagi Perempuan

Setiap perempuan itu istimewa ...


Tips memulai bisnis untuk perempuan. Kalau ngomongin bisnis saya selalu antusias, karena siapa sih yang gak mau jadi pengusaha? Setiap orang memiliki impian menjadi pengusaha punya bisnis yang bermanfaat untuk banyak orang dan membuka lapangan pekerjaan. Tapi sayangnya, impian tanpa disertai dengan rencana dan action akan selamanya menjadi impian he...he...he...


Saat ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis, semua bisa memulai bisnis sesuai dengan keinginannya, bahkan menjadi pengusaha tak hanya lelaki saja, tapi perempuan juga bisa banget. Seperti sosok yang menginspirasi Mbak Futri Zulya. Beliau merupakan Ibu Rumah tangga yang memiliki banyak bisnis dan yang paling saya kagumi beliau itu masih muda, siapa sih yang gak iri sama kesuksesaan perempuan yang selalu tampil cantik ini.Tapi ini tuh iri yang positif ya. 

Dalam acara Women Talk yang digelar di daerah Kemang, Jakarta. Mbak Futri Zulya membocorkan alasan kenapa kita tuh harus menjadi pengusaha dan tips memulai bisnis bagi perempuan.

Alasan Kenapa Kita Jadi Pengusaha

1. Jam Kerja yang Fleksibel
Yeah, jadi pengusaha teman-teman bisa menentukan jam kerja buat diri sendiri, sehari mau 8 jam atau 9 jam pun gak masalah, udah itu jam kerjanya pun fleksibel, jadi teman-teman bisa punya banyak waktu untuk berkumpul bareng keluarga, sahabat, atau sekedar me-time untuk diri sendiri. 

2. Jadi Bos
Nah, jadi pengusaha itu enaknya kita yang jadi bos, yang buat kebijakan dan yang menentukan semuanya. Selain bisa jadi bos untuk orang lain, jadi bos juga buat diri sendiri, jadi lebih bebas bergerak dan berkembang.

3. Membuka Lapangan Pekerjaan
Selama ada hal kebaikan yang bisa dilakukan, lakukanlah semampu kita, seperti jika kita berbisnis pastinya punya manfaat positif, salah satunya membuka lapangan pekerjaan, setidaknya mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar rumah kita.

4. Makin Kreatif
Jika bekerja di orang lain, mungkin kreatifitas kita terbatas. Namun, ketika membuka bisnis sendiri, maka kita dituntut kreatif agar bisa menciptakan inovasi agar bisa bersaing dalam dunia bisnis.

5. Penghasilan sendiri
Punya penghasilan sendiri pastinya sangat menyenangkan, bisa berbuat baik untuk banyak orang, untuk keluarga dan diri sendiri. Dengan memiliki penghasilan sendiri pastinya bisa membuat kaum Hawa lebih mandiri. 

6. Penyaluran Bakat dan Pengembangan Diri
Nah punya bisnis yang sesuai dengan passion termasuk penyaluran bakat loh. Jadi ingat kata-kata bijak bahwasanya hal yang paling menyenangkan itu ketika hobi dibayar. 

Wah banyak banget ya alasan berbisnis, kalau udah  punya alasan memulai bisnis langsung mulai aja, eeh jangan lupa baca tipsnya biar gak nyasar.

Nah, berikut inilah tips memulai bisnis bagi perempuan :

Mulailah Dari Yang Paling Kita sukai
Nah, Pilih bisnis itu gak boleh asal, baiknya sih sesuai sama passion, jadi terasa menyenangkan dan gak berat saat ngejalaninnya, cukup rindu aja yang berat, bisnis jangan. Karena saat ini ada orang yang memulai bisnis karena bisnis yang dia pilih lagi trend, ada juga pilih bisnis karena terpaksa dan gak ada modal, jadi pilih bisnis apa adanya dan hasilnya pun gak sesuai dengan yang diinginkan. 

Untuk itulah teman-teman memilih bisnis dimulai dari apa yang kita suka, apa yang kita gunakan sehari-hari, semisal saya itu doyan banget kentang pengantin yang kerap terkenal dengan sebutan kentang mustofa, kebetulan Mama itu hobi banget masak tuh kentang, sampai akhirnya tercetuslah bisnis makanan kentang "Potatia" dari hobi makan kentang itulah muncul ide bisnis kentang goreng. 

Rencanakan Bisnis
Banyak yang bilang mulai bisnis langsung aja mulai, urusan lainnya sambil jalan aja. Sebenernya sih gak masalah mau mulai bisnis sambil belajar atau sebelum mulai rencanakan bisnis terlebih dahulu. Namun, baiknya membuat busines plan lebih dulu itu sangat baik dan meminimalisirkan bangkrut atau masalah yang terjadi di depan nantinya.

Merencanakan bisnis bisa memulai dengan seacrching jenis bisnis, tipe pasar, respon pasar membuat SWOT analisis, mengetahui pesaing, bagaimana modalnya dan semua yang berhubungan dengan bisnis yang mau teman-teman lakukan itu harus jelas, semakin jelas semakin bagus.

Action
Nah kalau sudah selesai membuat business plan, langsung action ya. Karena apapun yang sudah direncanakan kalau gak action gak akan menjadi apa-apa. Jangan sampai ide bisnis teman-teman keduluan di eksekusi oleh orang lain loh. 

Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Bisnis
Memisahkan uang pribadi dan uang bisnis itu sangat penting banget. Teman-teman bisa membuat rekening khusus bisnis agar tau pemasukan dan pengeluarannya secara detail. 

Tak hanya itu Mbak Futri juga menjelaskan dukungan keluarga juga sangat penting lo, jadi sebelum memulai bisnis bisa tuh minta restu orang tua atau anggota keluarga lainnya, biar nyaman menjalankan bisnisnya, siapa tau mendapatkan bantuan. 


So, acara Women talk ini sangat bermanfaat banget dan ilmunya harus langsung dipraktekkan. Acaranya seru, bahkan ada lomba membuat business plan mendadak. Oh iya, buat teman-teman yang mau mulai bisnis sering-sering aja mengikuti acara yang berbau bisnis, siapa tau bisa menjaring relasi untuk berpartner atau kolaborasi. 

Dan, Mbak Futri pun mengingatkan bahwa bisnis itu gak sekedar mencari untung, tapi belajar banyak hal, seperti belajar rugi, jadi jangan takut melakukan kesalahan. Jadi perempuan juga kok bisa punya bisnis seperti Mbak Futri.


Nah, semoga tips memulai bisnis bagi perempuan ini bermanfaat dan setidaknya gak membuat teman-teman nyasar atau salah jalan saat memulai bisnis. Ingat, ketika teman-teman terjatuh dalam berbisnis jangan lupa untuk kembali lagi bangkit dan terus belajar. Terima kasih juga untuk ISB. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Kudu pisahkan duit bisnis dan pribadi nii yang aku belum wkwk jadinya kepake mulu..hihi..

    BalasHapus
  2. Pengen banget sebenarnya memulai bisnis seperti ini,tapi apa daya daku belum punya keberanian untuk memulainya.

    BalasHapus
  3. aku belum praktik yang memisahkan uang bisnis dan pribadi hiks.. soalnya langsung bikin alokasi buat main huhuhu

    BalasHapus