Koleksi Galeri Nasional Indonesia yang Akan Buat Kamu Terkesima


Jakarta selalu memiliki daya tarik untuk dibahas dan ditelusuri setiap sudutnya. Berbagai peninggalan sejarah masa lalu juga masih tersimpan baik dan menjadi salah satu bukti perjuangan bangsa ini. Jika teman-teman berkesempatan mengunjungi Kota Jakarta, tak ada salahnya mampir untuk belajar sejarah dan seni yang ada di kota ini. Jangan hanya mengunjungi kawasan mall atau pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong saja ya.

Salah satu tempat yang perlu teman-teman kunjungi adalah Galeri Nasional Indonesia. Galeri tersebut menjadi salah satu lembaga museum yang kini digemari oleh semua kalangan, termasuk oleh kaum muda. Kemunculannya telah mengubah stereotip museum menjadi hal yang lebih dari sekedar mempelajari sejarah, namun juga menemukan seni yang dikombinasikan dengan trend masa kini. Ada sentuhan lain yang membedakan museum ini dari museum lainnya. 
Sumber: galeri-nasional.or.id


Galeri ini juga menjadi wadah kegiatan seni rupa sebagai sarana edukasi, sekaligus memberikan hiburan tersendiri. Galeri ini mengenalkan karya seni terbaru dan juga seni-seni terdahulu yang kental dengan nilai historis agar pengunjung lebih mencintai karya seni dan mengapresiasi para seniman. Mengenai lokasi Galeri Nasional ini, bisa teman-teman temukan di Jalan Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat. 

Kalau teman-teman menggunakan KRL, bisa memilih jurusan Kota, teman-teman bisa turun di Stasiun Gondangdia saja. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bajaj, naik ojek atau kendaraan lainnya. Lokasi ini dekat dengan Monumen Nasional, Istana Negara, Stasiun Gambir, Masjid Istiqlal, Gereja Immanuel, dan Perpustakaan Nasional. Jadi teman-teman bisa mengunjungi beberapa lokasi sekalian.

Info tambahannya, Galeri Nasional Indonesia ini ternyata mempunyai nama lain sebelumnya, yakni Wisma Seni Rupa dan saat ini berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak resmi dibuka pada Mei tahun 1999, Galeri ini telah mengoleksi sekitar 1700 buah karya seni. Wah pastinya menyenangkan bisa menambah pengetahuan baru.

Beragam karya seni tersebut mencakup patung, lukisan, fotografi, hingga seni etnik seperti wayang, batik dan juga karya seni kriya berupa keramik. Beberapa hasil karya seniman ternama telah dipamerkan di galeri ini. Karya-karya tersebut antara lain hasil karya di Raden Saleh, Affandi, Basoeki Abdullah juga seniman dari manca negara seperti Piere Sulages dari Perancis, hans Hartung dari Jerman dan masih banyak seniman lainnya.

Wilayahnya cukup luas dan mencakup beberapa ruangan seperti ruang untuk pameran permanen dan temporer, kantor, laboratorium, auditorium, perpustakaan, bahkan wisma untuk para seniman. Ada sejumlah 4 gedung yang disediakan untuk menggelar pameran, masing-masing bernama gedung A, B, C, dan gedung B. Pameran temporer sering kali dibuka di Gedung A dan B dan saat ini telah tersedia jadwal pameran hingga awal tahun 2017 nanti. 

Galeri ini memiliki fungsi yang cukup beragam. Selain sebagai tempat beragam koleksi karya seni, juga sebagai lokasi untuk berbagai pameran dan acara seni rupa. Karya yang dipamerkan memiliki daya estetika yang  mengagumkan dan unik. Pameran yang digelar galeri ini mencakup tiga macam kegiatan, yakni Pameran Tetap, Temporer dan Pameran Keliling yang masing-masing dipisahkan dalam ruang atau gedung yang berbeda. 

Di area galeri ini ada 4 gedung yang digunakan untuk memajang beragam pameran karya seni rupa. Karya seni modern dan kontemporer juga turut memeriahkan galeri ini. Ada lukisan, patung, fotografi, grafis, instalasi dan seni media baru. Ada puluhan even nasional dan internasional yang telah digelar di museum ini. Pastinya pas banget nih untuk teman-teman yang sedang nyari ide untuk nulis buku atau untuk nulis di blog.

Museum ini juga semakin ramai saat digelarnya pameran tunggal karya Purjito yang berasal dari Yogyakarta di akhir tahun 2015 hingga Januari 2016. Bahkan pengunjungnya didominasi oleh anak muda dan anak-anak usia sekolah. Pameran tersebut menghadirkan karya-karya seni patung dan relief dengan gaya kontemporer. patung tersebut berukuran sama dengan manusia dan di desain untuk dapat berinteraksi dengan pengunjungnya. 


Sumber: cnnindonesia.com

Jadwal terbarunya di gelar 2-30 Agustus bertema Goresan Juang kemerdekaan dan merupakan pameran dari koleksi Istana Kepresidenan RI. Jadwal lainnya adalah pameran Seni Rupa “Tjergam Taroeng” yang akan digelar tanggal 12 sampai 22 Agustus 2016. Nah, untuk teman-teman yang dari luar kota dan ingin menjelajahi kota Jakarta sampai puas, teman-teman bisa juga menginap di Hotel Aryaduta. 

Karena seperti yang teman-teman ketahui, Jakarta merupakan kota yang tak pernah tidur, jadi nggak akan cukup menjelajahi kota Jakarta hanya dengan satu hari. Soalnya menikmati Jakarta malam hari juga menjadi pemandangan yang menarik. Oh iya, Hotel Aryaduta sendiri merupakan salah satu hotel bintang lima yang bisa jadi rekomendasi utama saat berada di Jakarta. Hotel yang bisa di pesan melalui situs travel online seperti traveloka.com ini lokasinya cukup strategis, berada di Jalan Prapatan no. 44-48 Jakarta Pusat. 

Hotel ini juga cukup dekat dengan Stasiun Senen, Bandara Halim Perdanakusuma dan juga fasilitas publik lainnya. Kedutaan Besar Amerika juga hanya berjarak sekitar 600 meter dari hotel ini. Dan yang utama, hanya berjarak sekitar 500 meter dari Galeri Nasional Indonesia, jadi bisa jalan kaki sambil olahraga di pagi hari. Hotel ini cukup nyaman dan berada di tengah kota. Lokasinya berada di jalur strategis di sekitar patung Tugu Tani.


 Sumber: Traveloka

Kamar yang tersedia juga cukup lengkap dan nyaman. Teman-teman bisa memilih kamar sesuai dengan kebutuhan, harganya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Kamar yang ada di hotel ini didominasi oleh warna-warna natural dan putih, jadi tampak lebih luas dan bersih. Setiap kamar juga dilengkapi dengan ventilasi yang cukup banyak dengan view menghadap ke pemandangan lalu lintas Jakarta dan gedung yang ada di tengah kota.

Sumber: Traveloka

Ada beberapa pilihan kamar yang teman-teman bisa pilih, seperti signature superior Club, Junior Suite, Ambassador Suite dan yang paling mewah adalah Aryaduta Suite seluas 180 m2 dengan fasilitas eksklusif yang menyediakan area dapur, ruang makan dan akses menuju Aryaduta Club Lounge beragam kemewahan lainnya. 

Jasa transportasi bandara dan layanan shuttle juga disediakan oleh pihak hotel. Hal tersebut tentu mempermudah teman-teman bila menginap di hotel ini. Jadi, tunggu apalagi jelajahi sisi lain Kota Jakarta dari sisi seni dan kreativitasnya, nikmati wajah kota Jakarta dengan sederhana. Cinta Indonesia dan juga karya anak bangsa. Happy exploring!

Komentar

  1. Boleh juga yak ke Galeri Nasional, secara berdekatan juga dgn Monas, Istiqlal,dll.

    BalasHapus
  2. Boleh juga yak ke Galeri Nasional, secara berdekatan juga dgn Monas, Istiqlal,dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak deket kok, jadi bisa sekalian deh

      Hapus
  3. sering lwt sini tp gak pernah mampir, boleh juga nih

    BalasHapus
  4. Wah, aku minggu ini mau kesana ah :)

    BalasHapus
  5. bagus nich buat ngajak anak-anak untuk nambah-nambah pengetahuan seni mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener, buat alternatif liburan

      Hapus
  6. Wah jadi pengen ngajak temen-temen ke Galeri Nasional

    BalasHapus
  7. sering lewat di depannya tapi belum pernah mampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, padahal seru loh kalau mampir situ

      Hapus
  8. belum pernah ke sini sih, tapi aku tahu tempat ini sering jadi acara photo pre-wed karena memang tampilannya bagus banget... baca ini jd tambah penasaran mau ke sana ah

    BalasHapus

Posting Komentar