Selasa, 11 Juni 2024

8 Rekomendasi Kegiatan Liburan yang Menyenangkan di Rumah Saja

 
Libur telah tiba! Libur telah tiba!

Liburan sekolah waktu yang dinantikan oleh semua orang, terutama anak-anak, karena liburan sekolah biasanya mereka bisa ngajak orangtua untuk jalan-jalan ke berbagai tempat atau staycation

Liburan merupakan hal yang menyenangkan karena bisa merekatkan kedekatan hubungan orangtua dan anak, juga bisa menciptakan kenangan yang indah. Termasuk aku yang dari dulu paling antusias kalau liburan sudah tiba. 

Walaupun begitu, banyak orangtua yang nggak memiliki banyak waktu untuk menemani anak-anaknya pergi liburan ke berbagai tempat atau staycation, entah karena pekerjaan yang masih menggunung, sudah nggak memiliki cuti lagi atau budget liburan yang terbatas. 

Kalau begitu nggak usah panik atau bingung. Teman-teman bisa liburan di rumah saja dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan walau hanya di rumah saja. 

1. Berkemah

Berkemah nggak harus pergi jauh ke gunung atau pantai, tapi di halaman rumah juga bisa loh. Tinggal siapkan tenda dan perlengkapan untuk berkemah seperti matras, sleeping bag, jaket, senterm perlengkapan api unggun dan lainnya. 

Jangan lupa siapkan juga aneka barbequan dengan memilih menu kesukaan anak-anak seperti sosis, seafood, ayam atau daging, lengkap dengan selada dan bawang bombay, dijamin berkemah di rumah jadi menyenangkan, terlebih kalau lampu area rumah matikan semuanya. 

2. Menonton Film

Sekarang banyak tontonan anak-anak yang menarik dan menghibur juga ada unsur edukasinya, jangan lupa ajak anak-anak nonton bersama menggunakan layar proyektor, serasa nonton di bioskop. Jangan lupa siapkan cemilan yang banyak. 

3. Berkebun

Nggak ada salahnya mengajak anak berkebun dan bermain tanah, selain bisa mengenalkan aneka tumbuhan juga membuat anak-anak lebih peduli lingkungan. Mulailah menanam tanaman yang anak-anak sukai. Selain itu bisa juga menggunakan pot lukis, jadi kegiatan berkebun jadi lebih menyenangkan, bisa menanam tanaman sambil melukis pot. 

4. Membuat Kue atau Masak Bersama

Membuat kue atau masak bersama merupakan hal yang paling menyenangkan, tawarkan pada anak-anak resep kue atau masakan yang ingin mereka buat. Pastinya seru dan menyenangkan karena anak-anak bisa bereksperimen. Agar lebih seru jangan lupa pakai apron dan topi ala chef dengan motif yang lucu dan ada nama mereka. 

5. Olahraga Bersama

Mungkin selama ini teman-teman jarang mengajak anak-anak untuk olahraga bareng karena kesibukan yang menumpuk. Sehingga olahraga bersama bisa dilakukan selama liburan di rumah, bisa berenang, jogging, main bulu tangkis, bermain basket, bermain catur atau bersepeda. Intinya melakukan yang anak-anak sukai. Seru juga kalau menggunakan pakaian olahraga yang nyaman dan samaan. 

6. Membaca Buku

Walaupun liburan tapi otak juga harus diberi asupan loh. Nggak ada salahnya ajak anak-anak membaca buku cerita kesukaan mereka, kalau bisa sambil berdongeng lengkap menggunakan kostum dongen, pasti seru dan menyenangkan. 

7. Mengasah Hobi

Mungkin kita lupa kalau anak-anak memiliki hobi yang harus didukung. Mumpung liburan jangan lupa untuk mengasah hobi anak-anak. Misalnya yang suka melukis bisa dibelikan perlengkapan lukis, yang suka bicara bisa diajarkan untuk membuat konten yang bermanfaat, kalau anak-anak suka menyanyi bisa juga diajak karokean bersama dan orangtua bisa menjadi jurinya jadi ala-ala Indonesia Idol. Intinya apapun hobinya jangan lupa diberikan fasilitas yang terbaik.  

8. Bermain games

Liburan adalah moment kebebasan buat anak-anak melakukan hal yang mereka sukai. Salah satunya bermain games. Setiap anak pasti menyukai games, untuk itu sebagai orangtua sebaiknya memilihkan games yang mengandung edukasi dan menghibur, selain itu juga berikan jadwal anak untuk bermain games agar tidak bablas. 

Ngomongin games, aku ada rekomendasi games online yang cocok untuk anak-anak, ada hiburan juga edukasi, jadi bermain games lebih menyenangkan. Asyiknya itu banyak pilihan games yang menarik dan nggak perlu download karena bisa dimainkan secara online.

Nama websitenya itu https://www.culinaryschools.org./ merupakan website games yang lebih fokus pada permainan dunia kuliner, cocok buat anak-anak yang suka masak atau ingin menjadi seorang koki. 

Webiste kids games ini khusus mengembangkan pendidikan dunia kuliner pada anak-anak ini dengan cara mengusung berbagai permainan yang menghibur dan mengedukasi. 

Memiliki banyak kategori permainan yang tentu saja membuat anak jadi nggak bosan karena memiliki ratusan koleksi permainan anak gratis dengan mengusung tema pertanian, makanan, memasak, seni kuliner, bisnis restoran dan karier yang berhubungan dengan perhotelan. Sehingga anak-anak yang bermain games ini lebih menyenangkan dan bisa belajar dalam lingkungan yang interaktif.

Selain itu semua game diterbitkan menggunakan desain web HTML 5 yang ramah seluler dan desktop dan bebas iklan, jadi bermain games jadi lebih menyenangkan. 

Rekomendasi Culinary School: Free Online Kids Cooking Games  yang bisa teman-teman mainkan bersama anak-anak saat liburan di rumah saja, yakni :

1. Flower Shop 2

Game ini cocok untuk melatih daya ingat dan kecepatan pada anak-anak. Cara memainkannya juga cukup mudah, penjaga toko bunga harus melayani pembeli dengan cara mengambilkan bunga yang sesuai untuk pembeli bunga, lalu pembeli bunga memberikan uang. 


2.  The Tom & Jerry Show River Recycle

Permainan ini anak-anak diminta untuk membantu Tom & Jerry yang sedang membersihkan sungai dengan mengambil sampah yang nantinya anak didaur ulang. Nah, permainan ini bisa membuat anak-anak mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai karena memiliki dampak negatif.


3. Farm Animals Memory

Games yang satu ini bermainnya hanya dengan mencocokan kartu gambar binatang yang satu dengan gambar satunya lagi, saat anak-anak membalik gambar tersebut, tentu saja ini melatih daya ingat anak-anak. 

Ada juga tingkatan levelnya dari yang paling mudah hingga paling sulit. Asyiknya anak-anak bisa mengenal binatang dan belajar mendengar dan mengucapkannya dengan bahasa Inggris.

4. Cashier Simulator

Permainan ini memiliki edukasi tentang uang untuk anak-anak, seklaigus belajar tentang aritmatika, bagaimana mengembalikan uang belanjaan dengan benar. 

Sebenarnya sangat banyak sekali games Culinary School yang bisa dimainkan, beragam pilihan games membuat anak-anak nggak bosan, karena selain menghibur juga melatih kesabaran, kecepatan dan mengasah otak juga. Terlebih secara visual Culinary School juga memanjakan mata. 

Itulah berbagai kegiatan yang bisa teman-teman lakukan di rumah saja menemani anak-anak liburan sekolah. Dijamin liburan di rumah jadi lebih seru dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar