Ketika Perempuan Kehabisan Ide Menulis


Jangan takut kehabisan ide, karena ide terhampar luas, tergantung bagaimana usaha kita agar ide terus berdatangan.
Tak bisa dipungkiri bahwa menulis itu membutuhkan ide yang bisa dituangkan ke dalam tulisan. Terkadang ide itu dengan mudah muncul, sampai kita kewalahan menampung, bahkan, catatan di buku kecil kayanya gak muat deh buat menampung ide. Tapi, gak sedikit juga yang sering kesusahan mendapatkan ide atau pas nulis mendadak ide abis, kalau udah begitu pasti bikin pusing tujuh keliling.

Nah, ini dia yang bisa dilakukan ketika perempuan kehabisan ide menulis, yaitu :

1. Membaca buku
Membaca buku menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan ide, sebaiknya membaca buku sesuai dengan apa yang teman-teman mau tulis, biar sesuai dengan yang teman-teman mau tulis. Semakin banyak membaca buku semakin baik, tapi jangan membaca buku langsung setumpuk ya, karena mata bisa lelah.

2. Liburan
Bosan banget nulis di rumah, teman-teman bisa menulis di luar rumah, sekaligus liburan, biasanya kalau liburan ke tempat yang baru biasanya mendapatkan banyak ide baru, bisa liburan ke rumah Nenek, ke pantai atau gunung, atau sesekali kemping di hutan, intinya sih yang penting menyenangkan. Karena liburan itu kan membuang beban, bukan menambah beban. Dan, biar tetap exsis jangan lupa pakai jaringan internet yang memadai dan hemat, biar kerjaan tetap lancar.

3. Dengerin musik
Denger musik bisa menjadi alternatif mendapatkan ide. Karena dengan mendengarkan musik bisa menstimulasi ide-ide bermunculan. 

4. Makan es krim 
Masih gak dapet ide juga? Istirahat sejenak, kemudian menikmati es krim sesuai rasa yang teman-teman sukai. Aaargg! Menyenangkan sekali deh, kalau udah berhubungan sama es krim, satu gak cukup! Sesekali gak apa-apa lah menyampingkan berat badan yang bertambah, yang penting dapet ide setumpuk.

5. Dengerin Aku Dong!
Cerita sama teman atau mendengarkan cerita teman itu sama-sama menyenangkan, karena saat mendengar curhat biasanya tak disangka bisa mendapatkan ide. selain mendapatkan ide, teman-teman bisa menjadi lebih dekat dan belajar menjadi pendengar yang baik. Gak hanya dengerin curhat teman, bisa juga dengerin curhatan Mama, adik, sepupu, Kakak, bahkan mantan, eeeh. Abaikan yang terakhir. 

6. Keluar Rumah
Keluar rumah pasti menyenangkan, bisa berinteraksi dengan banyak orang, bisa melihat dari berbagai sudut. Keluar rumah ternyata bisa mendapatkan banyak ide loh. Seperti saat jalan-jalan pagi hari keliling komplek, jalan-jalan ke pasar, melewati toko kue, menyambangi toko baju, bersantai di taman kota dan lainnya, pokoknya keluar rumah deh, pasti banyak yang ide yang bisa teman-teman tangkap.

7. Nonton Youtube
Nah, ini dia yang paling sering aku lakukan, nonton! Iya dengan banyak nonton, pasti banyak ide bermunculan, tapi gak bisa bohong, nonton youtube ini menyiksa hati plus kantong, jaringan yang bikin baper, belum lagi pulsa langsung sekarat. Pokoknya bikin kerjaan jadi terhambat dan kalau udah begini, boro-boro dapet ide yang ada malah bikin ngedumel sepanjang hari.

Tapi itu cerita dulu, sekarang sih nonton youtube sering banget, gak pake baper dan lancar banget, soal harga sih irit deh, ramah di kantong ala-ala mahasiswa gitu dengan pake paket Combo XL, bisa nonton dimana pun dan kapan pun tanpa beban mikirin jaringan dan kuota yang cepet abis. 

Karena dengan nonton itu, terbukti banyak ide yang muncul.  Jadi, teman-teman paling sering ngelakuin yang mana sih, kalau kehabisan ide?

Komentar

  1. Aku kalau kehabisan ide buka media sosial biasanya. Sama curhatan teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti nemu banyak ide ya Mbak?
      Kalau dengerin curhat yang penting sabar wakaka

      Hapus
  2. Kalau kehabisan ife biasa baca liburan atau nonton mbk, nah klu kehabisan ide kata2 ya baca buku dn buka medsos

    BalasHapus
  3. Aku kebenyakan ide tapi belum sempat eksekusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lempar ke aku, biar cepet tak eksekusi hehehe

      Hapus
  4. Aku suka ide makan ice cream itu. Segeeeeer hahaha
    Yang gawat kalau abis makan es krim trus keenakan, bablas, tidur #akubanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha pan abis tidur idenya langsung muncul

      Hapus
  5. kalau aku sih solusi ampuh ya keluar rumah, liburan apalagi kalau ada yang traktir semangat banget dan ide pasti banyak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu, aku juga semangaaat hahah

      Hapus
  6. Saya biasanya dengerin musik dan nonton film. Tapi yang paling duluan aku lakukan biasanya traveling. Pasti dapat ide nulis abis itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, traveling tuh efektif banget, bisa refresing pikiran juga heheh

      Hapus
  7. Wah, kalau yotuban lancar, bikin happy, terus ide mangalir deh

    BalasHapus
  8. Minta ide dari temen-temen hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka iya bener juga idenya Mamii Ubii

      Hapus
  9. ice cream ice cream.......................suka sekali itu, tetapi kalau aku bukkannya mendatangkan ide, tetapi mendatangkan ketagihan, ckckckkckckkc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, iya bener banget itu, yang penting jangan sampe nambah hikss

      Hapus

Posting Komentar