Bliblifriendsmeetup : Mempersiapkan Diri Menjadi Ibu yang Sehat



Kemarin, pada tanggal 8 September 2016 saya bersama teman-teman blogger lainnya, mendapatkan undangan dari Blibli dalam acara talkshow "Be A Healty Mom to Be (Breastfeeding and Baby Blues) yang menghadirkan dokter spesialis dari MRCCC Siloam Hospitals Semangggi. Acara ini diselenggarakan di Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Walau temanya tentang mempersiapkan diri menjadi seorang Ibu, tapi tenang aja yang datang juga banyak yang single loh, karena ini menjadi ilmu yang sangat penting sekali, terutama untuk perempuan yang pastinya memiliki impian tertingginya menjadi seorang Ibu. Ehem...

Fyi, acara ini membahas mengenai informasi mempersiapkan diri menjadi seorang ibu, mulai dari proses kehamilan, pemberian ASI hingga sindrom baby blues pasca melahirkan lengkap juga dengan demo memandikan bayi yang benar dan semua teman-teman blogger diajak berkeliling melihat suasana rumah sakit di lantai 32 yang dikhususkan untuk Ibu dan anak. 

Ibu Hamil Harus Sehat dan Bahagia

Untuk teman-teman yang sedang hamil, terutama hamil anak pertama pastinya deg-degan dan semua rasa bercampur jadi satu. Masih bingung apa saja yang harus disiapkan.

1. Makan yang sehat dengan gizi cukup dan nutrisi seimbang, baiknya untuk Ibu hamil harus makan makanan yang sehat, apapun boleh dimakan, kecuali jika Ibu tersebut ada riwayat alergi makanan.

2. Setia pada pasangan. 

3. Kontrol ke dokter kandungan secara teratur, jangan sampai ke dokter hanya saat melahirkan saja. Karena kalau kontrol teratur maka jika ada masalah pada kehamilan setidaknya bisa diminimalisir.

4. Melahirkan membutuhkan stamina yang tinggi. Jadi baiknya berikan energi khusus untuk proses melahirkan, oh iya tidak sedikit saat mau melahirkan ada yang memberikan air teh manis hangat.

5. Ibu hamil wajib banget untuk happy, jadi usahakan selama proses hamil dan mau melahirkan itu happy, biar aman dan nyaman.

6. Senam hamil dimulai saat usia kehamilan 6 bulan, baiknya dilakukan secara teratur, karena saat senam hamil akan diajarkan pernafasan, selain itu teman-teman juga akan bertemu dengan tetamn-teman yang sedang hamil juga jadi bisa sharing juga loh. 

Menurut dr. Batara I. Sirait, Sp.OG(K)FER, lahir normal atau ceasar itu sesuai sama kondisi si Ibu, jika tidak ada masalah apapun kondisi Ibu dan calon janin baik maka akan normal, namun jika ada masalah kesehatan dengan si Ibu dan calon janin baiknya ceasar, intinya dokter, Ibu hamil dan semua keluarga menginginkan Ibu dan calon bayi lahir dengan sehat dan selamat, jadi semua harus bekerjasama dengan baik.

Usia perempuan yang rentan hamil dan melahirkan itu 35 tahun keatas, produktifitas sudah mulai menurun. Jadi baiknya jangan menunda pernikahan dan memiliki anak *kode.



 Yuk, Dukung Pemberian Asi Eksklusif


Bicara mengenai ASI, pastinya sudah tak asing lagi dan pastinya teman-teman semua mendukung pemberian ASI selama 6 bulan. Menurut dr Paulus Linardi, Sp.A Asi merupakan makanan terbaik untuk bayi. Karena Asi memiliki banyak manfaat untuk bayi.



Asi yang keluar pada hari pertama sampai ke lima itu kolostrum, warnanya kuning, kental dan hanya sedikit, kolostrum ini sangat baik untuk bayi karena mengandung antibodi, banyak sel darah putih, baik untuk pertumbuhan, kaya vitamin A.



Jika Asi teman-teman belum keluar juga di hari pertama, tenang saja, nggak usah panik, karena bayi itu punya cadangan makanan selama 3-4 hari, jadi tunggu saja. 



 Menengok ruang inap si Ibu pasca melahirkan

Di lantai 32 ini di khususkan untuk Ibu dan Anak, pastinya sangat nyaman. Biasanya untuk Ibu yang lahiran normal setidaknya akan menginap sekitar 3 harian itu sudah boleh pulang. 

Disediakan ruangan executive, superior, vip, semua disesuaikan dengan fasilitas dan kebutuhan masing-masing. Pastinya sudah ada paketan khusus yang lebih hemat.  Saat ini tersedia 43 kamar namun 15 kamar yang baru beroperasi. Pastinya setiap ruangan menyuguhkan kenyamanan.


Investasi kesehatan dengan paket kesehatan online dari Blibli.com

Saat ini Blibli.com sedang mengadakan kampanye "Big Fans of Good Life" yang bertujuan menunjang pemenuhan kebutuhan yang membawa kualitas hidup yang baik bagi masyarakat Indonesia. Sehingga Blibli.com memberikan informasi seputar kesehatan dan kerja samanya dengan MRCCC Siloam Hospital dengan penjualan online paket kesehatan juga mendukung produk di ruangan persalinan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi- Mother & Child ward 32 floor. 

"Sebagai e-commerce yang memberikan solusi sesuai gaya hidup masyarakat modern yang semakin sadar bahwa kesehatan merupakan investasi, maka kami memberikan paket kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit," ujar Lay Ridwan Gautama, selaku Head of Trade Partnership Blibli.com. 

Nah, teman-teman semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share yuk di sini! Seputar informasi pengalaman teman-teman saat hamil dan melahirkan.

Komentar

  1. Saya saat ini bisa dibilang terlalu kurus. Makanya kadang was-was andai ngisi. Takut dzolim sama dedeknya. Takut ga bisa menuhin asupan buat dia. #duuhh.. Saya curhat. Hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja kok mbak, nggak usah takut, anak kan rezeki hihihi
      Btw rahasia kurusnya ditulis dong

      Hapus
  2. iy aada hak anak yang harus diperjuangkan ::")

    BalasHapus
  3. Mbak, kelahiran 2 anakku caesar, tapi tetap aku usahakan ASI, ketika pihak rumah sakit akan memberi Susu Formula.Alhamdulillah saiki wis joko kabeh lan sehat.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat mbak, semoga banyak yang tertular semangat memberikan ASI exsklusif

      Hapus
  4. Bener banget tipsnya tuh. Latihan pernapasan itu penting buat menahan sakit saat kontraksi dan supaya kuat waktu melahirkan. Trus yang beri teh manis juga penting supaya ada ibu ada tenaga. Topiknya menarik mba. Kode-kodenya juga *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kelak bisa dipraktekan ilmunya hihi * kodeee

      Hapus
  5. Oh jadi ini ya hasil diskusi kemaren itu tya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi mbak, tapi masih ada banyak lagi sih hihi

      Hapus
  6. makasih sharingnya mbak. Gitu ya, walaupun aku belum nikah, tapi postingan ini nambah ilmu. sekali lagi makasih mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pas banget nih infonya. Kebetulan dua bulan lagi aku mau launching the second child... :)

      Makasih mbak tipsnya... dan setuju.. bumil wajib bahagia!

      Hapus

Posting Komentar