Mobil123.com : Ajak Masyarakat Mudik Cerdas





Semakin mendekati lebaran, aroma mudik semakin terasa, apalagi di Bekasi sebagian orang itu rata-rata pendatang, yang memang bekerja di pabrik, kawasan industri Cibitung dan sekitarnya, sudah pasti hawa mudik sangat terasa. 

Mungkin teman-teman pernah mengalami kejadian menyenangkan atau menyedihkan saat mudik? Misalnya karena macet sampai di kampung halaman saat lebaran tiba dan harus malam takbiran di jalan atau mobil mogok karena lupa mengecek kondisi ban, banyak pengalaman tentang mudik yang pastinya bisa menjadi pelajaran buat kita semua. 

Seperti saat tetangga saya mudik, saya pikir dia pindahan karena membawa barang yang kapasitasnya over, bahkan sampai diikat diatas mobil. 

Saya : Mbak, itu mobilnya kapasitasnya nggak berlebihan?
Tetangga : Nggak apa-apa Mbak, yang penting keangkut semua dan bisa mudik. 


Omigot!! Gimana bisa mudik kalau nantinya di jalan bermasalah, padahal tetangga saya itu mudiknya ke Jawa Tengah menghabiskan hampir 10-12 jam perjalanan dan pastinya sangat melelahkan. 

Pernah saya mendapatkan kabar dari tetangga saya, Mbak Minah adalah pedagang sayur di komplek, saat itu saya mendengar dia mudik ke Solo dan baru sampe di pintu keluar tol Cikampek mobilnya mengalami mogok. Alaamak kebayang banget posisinya saat itu, ingin buru-buru mudik agar sampai di kmpung halaman dengan selamat, tapi nyatanya harus terganggu dengan mobilnya mogok, Mbak Minah terpaksa menelpon adiknya untuk mengatasi solusinya. 

Walaupun saat ini pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan mudik gratis, namun masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor agar lebih hemat dan praktis. Sebagian juga menggunakan mobil pribadi. 

Nah, untuk teman-teman yang memilih mudik dengan mobil pribadi, pastinya ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mudik, tentu saja agar bisa mudik nyaman, aman dan efisien. Apalagi saat arus mudik mencapai puncaknya, banyak masalah yang dihadapi oleh pemudik.

Kebetulan saya mendapatkan info bahwa mobil123.com menyelengarakan acara dengan tema " Mudik Cerdas" yang berlokasi di Aruba carribbean Restoran & Bar, Jakarta acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2016. Pastinya moment pas banget saat masyarakat mulai bersiap-siap untuk mudik. 

Mobil123.com sendiri merupakan portal otomotif no 1, menghubungkan pembeli dan penjual mobil dalam satu platform. Dalam acara tersebut sebagai narasumber yaitu menghadirkan Sony Susmana Praseto, merupakan instructor safety defensive consultant Indonesia bersama mobil123.com yang mengajak masyarakat untuk mudik cerdas dengan memaparkan tips dan persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik, tentu saja agar mudik menjadi kegiatan yang menyenangkan, aman, nyaman, efisien dan pastinya selamat sampai kampung halaman dan bisa berkumpul bersama di hari raya Idul Fitri. 

Selain itu sosok pria ramah yang mengenakan kaos berwarna merah juga memaparkan, ada 3 tips mudik cerdas yang harus diperhatikan, yaitu :

1. AMAN
Salah satu hal yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah aman, dimana sebagai pemudik harus mewujudkan perjalanan dengan tingkat keamanan yang baik, seperti kita harus peduli dengan safety mobil dan driver. 

Untuk mobil sendiri, baiknya harus membuat list pengecekan sendiri, setelah itu cek ulang di bengkel sekaligus service agar kondisi mobil prima, apalagi kalau perjalanan panjang dan gelombang.

Perhatikan area ban, dan jangan lupa bawa ban cadangan, cek mesin dan baiknya pasang safety belt tak hanya untuk driver atau penumpang disebelahnya, tapi pasang safety belt juga untuk semua penumpang dibelakang. 

Untuk driver pastinya sebelum mudik perhatikan kesehatan, rutin konsumsi vitamin dan istirahat yang cukup sebelum mudik dan hal yang perlu diingat itu, baiknya menyetir sesuaikan dengan kemampuan, jika mampunya menyetir satu atau dua jam, baiknya lakukan itu terus istirahat dan bisa menyetir kembali. Jangan paksakan menyetir lebih dari kemampuan. 

2. NYAMAN

Baiknya saat melakukan perjalanan mudik, harus menciptakan kenyamanan, untuk driver dan semua penumpang, karena perjalanan mudik itu membutuhkan persiapan fisik yang baik. Jadi tak ada salahnya penumpang membantu driver ketika driver butuh minum, mengingatkan driver untuk beristirahat dan lainnya.

- Agar nyaman jangan lupa bawa minum air putih dan cemilan khusus agar nggak lapar saat terjadi kemacetan

- Baiknya jangan membawa barang berlebih, agar posisi duduk nyaman dan kapasitas nggak berlebih, teman-teman perlu diingat kalau teman-teman sedang mudik, bukan PINDAHAN! Jadi mesti membawa barang-barang yang penting saja. 

3. EFISIEN

Nah, sebelum berangkat mudik baiknya kita mencari tahu seputar alternatif yang akan kita lalui ketika macet, baiknya kita juga mengantisipasi bermacet ria di jalan dengan berangkat mudik sebelum karyawan libur.

Acara ini juga semakin meriah dengan hadirnya live music, ada door prize dan best dress code, paling penting acara ini bermanfaat, karena momentnya pas banget dengan moment mudik, yuk jadi pemudik cerdas dengan memperhatikan keamanan, kenyamanan juga efisiensi, agar mudik lancar dan sampai tujuan dengan selamat. 



Komentar

  1. Wah manfaat banget nih tipsnya, kebetulan mau mudik

    BalasHapus
  2. Thanks fpr sharing mbak...
    Aku g mau mudik mbak... macet pasti hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihih bisa mudik duluan biar nggak macet

      Hapus
  3. untung aja aku mudiknya ke jekardeh aja tia.. dekettt :)

    BalasHapus

Posting Komentar