Minggu, 29 Juli 2018

Beasiswa SCG Wujudkan Masa Depan Lebih Baik

"Banyak cara menciptakan masa depan yang lebih baik, salah satunya dengan pendidikan yang lebih baik sejak dini."


Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina, mungkin pepatah itu sangat tepat untuk menggambarkan bahwasanya pendidikan itu sangat penting, bahkan kita disuruh untuk menuntutnya sampai ke negeri Cina. Namun, sayangnya kondisi pendidikan saat ini terlihat pelan-pelan harganya selangit, iya untuk menikmati pendidikan yang tinggi itu butuh biaya, padahal pendidikan itu sangatlah penting untuk kehidupan masa depan yang lebih baik lagi dan setidaknya bisa mengurangi kemiskinan. 

Nah kebetulan saya itu baru saya mendaftarkan kuliah adik saya di salah satu universitas islam Negeri, alhamdullilah dia masuk lewat jalur prestasi, tetap sih bayar UKT hehe, padahal ngarep mendapatkan beasiswa, namun sayangnya saya kurang mendapatkan informasi mengenai beasiswa ini.

Ngomongin masalah biaya pendidikakan saat ini, ada loh salah satu solusi yang bisa dicoba, yaitu beasiswa, dengan beasiswa bisa meringkan biaya pendidikan dan mewujudkan impian teman-teman, namun terkadang suka bingung perusahaan apa aja sih yang biasa memberikan beasiswa?

Kebetulan, Kamis, 26 Juli 2018 saya menghadiri acara Blogger Gathering SCG Sharing The Dream Estafet Mimpi di The Hook, Jakarta dan alhamdullilah membahas seluk beluk dunia pendidikan juga loh, termasuk tips berburu beasiswa dan SCG ini salah satu perusahaan yang memang concern di bidang pendidikan loh, dengan narasumber yang ahli di bidangnya ada Kak Nadia, Kak Tasya Kamila dan Kak Septi.

Kenalan Sama SCG yuk? 
"Kehadiran SCG bisa melakukan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia"


Perasaan dari tadi ngomongin SCG terus nih? Udah pada kenal sama SCG belum yak? 
Jadi, SCG itu singkatan dari Siam Cement Group, merupakan perusahaan yang memang berkomitmen mementingkan lingkungan, sumber daya manusia, ekonomi dan sosial dengan fokus pada sustainable development. SCG sendiri memiliki 3 bisnis utama yaitu semen building material, packaging, dan chemical dan semua produk dari SCG sendiri merupakan produk yang ramah lingkungan. 

"Pendidikan itu sangat penting demi pembangunan bangsa. Dengan pendidikan yang baik bisa menciptakaan anak-anak dengan karakter yang lebih baik, itulah salah satu alasan SCG memilih dunia pendidikan."

Dan, salah satu komitmen SCG untuk Indonesia itu untuk memberikan pendidikan agar teman-teman bisa mewujudkan impian dan memiliki kehidupan yang lebih baik dengan program Sharing The Dream.

Sharing The Dream sendiri merupakan program CSR dari SCG di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi teman-teman yang berprestasi dan memang terbatas secara financialnya dan sudah dilakukan sejak tahun 2012 untuk tingkat SMA dan universitas.

Syarat mendapatkan beasiswa SCG, yaitu :
1. Memiliki nilai akademik yang baik, minimum 75 atau direkemondesikan oleh guru BK.
2. Kondisi financial memang kurang mampu.
3. Menulis Essai sesuai dengan tema berbeda setiap tahunnya, oh iya tulisan essainya mengunakan tulisan tangan loh, karena akan dinilai oleh psikologi secara langsung.

Tips Berburu Beasiswa Ala Tasya Kamila 

Nah, salah satu narasumber di acara ini yaitu Artis cantik Tasya Kamila yang concert di dunia pendidikan, terbukti ia mendapatkan beasiswa S2 engan gelar Master of Public Administration di Columbia University, Amerika.

Inilah Tips Berburu Beasiswa Ala Tasya, yaitu :

1. Saat apply beasiswa harus intropeksi terlebih dulu, Self Reflection, apa tujuan ia mendapatkan beasiswa dan apa kontribusi untum masyarakat.
2. Harus rajin mencari info mengenai beasiswa, bisa melalui serching dan lainnya, apalagi saat ini teknologi berkembang pesat, jadi kita lebih mudah mengakses info beasiswa melalui internet. 
3. Menulis Esay dengan baik dan yakin lolos beasiswa.


Selain acara sharing dan diskusi, saat acara berlangsung juga ada focus group discussion (FGD) dengan setiap peserta yang hadir secara per kelompok diajak diskusi dengan tema yang yang berbeda-beda, selain itu kita pun diminta untuk presentasi ke depan, menjelaskan tema yang sudah kita buat.

Nah, apa teman-teman tertarik untuk mengikuti beasiswa demi mewujudkan impian dan masa depan yang lebih baik?

4 komentar:

  1. wah selamat ya mbak, adikmu bisa masuk jalur prestasi. Bismillah cari beasiswa setelah kuliah di sana.

    BalasHapus
  2. Wah SCG ini cocok utk kaum muda utk menimba ilmu ke luar supaya perbendaharaan ilmunya banyak. Makasih mba infonya.

    BalasHapus
  3. wweeewww... msemoga SCG mampir ke malang...

    BalasHapus
  4. Dulu kukira Tasya ini kuliah pakai duit pribadi, ternyata beasiswa ya? Keren.
    Makin banyak lembaga2 kyk SCG ini ya, semoga bisa memberi banyak haraoan pada yg ingin lanjut pendidikan setinggi mungkin aamiin

    BalasHapus