Selasa, 29 Mei 2018

Tetap Sehat dan Bebas Anyang-anyangan Saat Mudik

"Duh, kalau lagi di perjalanan dan macet gini, jadi nahan buang air kecil terus."
"Aaargg, toilet umumnya kotor, mana airnya gak bersih pulak."
"Rasanya pengen buang air kecil mulu, tapi kok keluarnya cuman seuprit sih."


Nah, teman-teman pernah gak sih, ngalamin hal seperti itu? Sering nahan buang air kecil? Padahal hal tersebut  kalau dibiarkan berlanjut bisa menyebabkan anyang-anyangan loh.  Anyang-anyangan sendiri merupakan suatu penyakit yang timbul akibat bakteri E.Coli yang kalau dibiarkan bisa terjadi infeksi saluran kemih. Anyang-anyangan sendiri kerap disepelekan, karena rasanya ingin buang air terus menerus, tapi yang keluar hanya sedikit, padahal bisa terjadi berulang kali dan bisa berakibat buruk loh. Menyeramkan!
Baca Juga : Gejala Anyang-Anyangan? Jangan Sepelekan! 

Oh iya Mama saya pernah loh anyang-anyangan, rasanya itu sakit, panas dan nyeri gitu, mungkin karena kebiasaan Mama nahan buang air kecil kalau di tempat umum, maksudnya Mama jarang banget bisa buang air kecil di tempat umum, makanya dia lebih sering nahan pipis.  Soalnya Mama punya pengalaman buang air kecil di toilet umum pas kotor dan gak ada air bersih, jadi terpaksa di tahan deh. Ternyata kebiasaan menahan buang air kecil memiliki dampak negatif.

Beruntung banget, 26 Mei 2018, saya mendapatkan undangan dari Blogger Perempuan dan berkesempatan untuk menghadiri talkshow bersama Dr. OZ Indonesia (Boy Abidin SpOG) di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta Utara.  Acara yang sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Di acara tersebut saya juga bisa mendapatkan informasi penyebab anyang-anyangan dan cara mengobati anyang-anyangan pada wanita yang baik dan tepat. 


Saat acara tersebut saya juga mengetahui bahwa 5 dari 10 wanita itu pernah mengalami anyang-anyangan dan 80% kasus anyang-anyangkan disebabkan oleh bakteri E.Coli. Dan, bila dibiarkan anyang-anyangan berkelanjutan bisa terjadi infeksi saluran kemih. Dr. Boy juga menjelaskan bahwa Infeksi saluran kemih terjadi karena infeksi yang terjadi akibat ada koloni kuman di saluran kemih yang masuk secera heterogen (aliran darah) & ascending (menjalar keatas)
Nah, ini dia yang perlu diketahui, kebiasaan buruk yang menjadi penyebab anyang-anyangan pada wanita, yaitu :
1. Kebiasaan sering menahan buang air kecil
Nah biasanya teman-teman sering menahan pipis ketika dalam perjalanan dengan kondisi macet. Padahal menahan pipis ternyata bisa membuat bakteri berkembang di saluran kemih, jadi semakin lama urine tertahan di saluran kemih, akan memicu bakteri berkembang.
2. Kurang Minum
Jika teman-teman kurang minum, otomatis  tubuh kekurangan cairan, alhasil produksi urine berkurang, padahal buang air kecil sangat efektif mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. Dan, jangan tunggu haus baru minum, tapi minumlah sebelum haus.
3. Pakaian dalam lembab
Pakaian dalam yang lembab dapat menyebabkan  bakteri dengan mudah berkembang biak, baiknya harus sering ganti pakaian dalam, bisa sehari dua kali, bisa lebih jika dalam kondisi basah atau lembab.
4. Salah memilih pembersih area kewanitaan
Baiknya kalau perlu gunakan pembersih yang aman dan terbuat ari bahan alami, jangan menggunakan yang semprot yak. 
5. Membasuh saat buang air kecil dari arah belakang ke depan, karena bisa membawa bakteri E.Colli. 

Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Uri-Cran
"Apa-apa yang terbuat dari bahan alami lebih mudah diterima oleh tubuh ketimbang dari bahan kimia."


Secara sadar atau gak sadar, kebanyakan wanita pernah mengalami anyang-anyangan, tapi sering kali dibiarkan, padahal sangat berisiko, makanya penting banget acara edukasi seperti ini agar lebih mengenal apa itu sih anyang-anyangan, penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. 

Nah, beruntung banget bisa mengenal Uri-Cran lebih dekat lagi, tau sendiri saat ini Uri-Cran dipercaya bisa mengatasi anyang-anyangan asal ditunjang dengan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan area wanita.  Uri-Cran bukan antibiotik atau obat lainnya, jadi aman banget dikonsumsi karena terbuat dari ekstrak cranberry dengan rasa asam yang segar banget.  Kandungan Cranberry bisa mencegah bakter E Coli, menempel pada dinding saluran kemih. Cranberry juga memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi anyang-anyangan pada wanita.



Oh iya, sebentar lagi mau mudik lebaran, penting banget terutama kaum Hawa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, banyakin minum air putih, gak mau kan saat lebaran di kampung halaman terkena anyang-anyangan, rasanya mau bolak balik ke toilet tapi buang air kecilnya cuman sedikit banget.

Nah, jadi penting banget nih buat teman-teman yang mau mudik dan perjalanan panjang, bahkan bisa lebih dari 8 jam, belum lagi macet-macetan, jangan lupa ikuti tips berikut ini yak :

1. Pilih toilet yang bersih, bisa cek sih rekomendasikan dari teman yang lainnya.
2. Selalu sedia air mineral untuk membasuh ketika gak ada air bersih dan jangan lupa bawa handuk kecil atau tisu untuk mengeringkannya. 
3. Buat yang anyang-anyangan jangan lupa minum Uri-Cran dari ekstrak Cranberry rasanya enak dan ini lebih aman, karena apa-apa yang alami jauh lebih mudah diterima oleh tubuh dibanding yang kimia.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap sehat dan bebas anyang-anyangan saat mudik.

2 komentar:

  1. Mudik kemana Tia? Dah siap siap.ya? Jangan lupa bawa uricran. Buat teman perjalanan :)

    BalasHapus
  2. aku pernah minum ini, rasanya enak aja , kuminum pas dingin

    BalasHapus