Tips Jadi Entrepreneur Tanpa Nanti!

Tips jadi entrepreneur tanpa nanti! Iya lah, siapa sih yang gak mau jadi entrepreneur? Setiap orang pastinya ingin dong, apalagi yang masih muda-muda nih, pastinya masih semangat dan lebih kreatif, walaupun jadi entrpreneur gak pandang usia hihi. Nah, menciptakan lapangan pekerjaan pastinya sangat bermanfaat untuk banyak orang. 

Kebeneran aku sih udah coba-coba berbagai usaha, tapi ujung-ujungnya gagal! Weks, makanya jadi orang tuh jangan kaya aku, coba-coba sih.Nah, dari pada kebanyakan curhat, mending intip tips jadi entrepreneur tanpa nanti ya. 

1. Action
Nah, ini dia yang jarang banget dilakukan, karena rasa takut yang hinggap di diri kita. Takut gagal, takut bangkrut, takut idenya sama, takut maju, takut malu, takut gak laku, takut di kritik dan masih banyak ketakutan lainnya. Alamaak! Semua ketakutan inilah yang bikin kita jalan di tempat, bahkan bikin kita ketinggalan sama yang lainnya. 

Mending sekarang tarik napas dan mulai action garap bisnis kamu ya, ketimbang punya ide banyak disimpan didalam otak, giliran ada bisnis itu muncul baru deh bilang. "Ya, itu kan ide aku! Udah keduluan deh! 

Ketika kamu punya impian dan gak pernah action, selama itu pula impian kamu cuman jadi mimpi! Makanya action ini penting banget, karena dengan action berarti kita udah melangkah menuju impian kita jadi entrepreneur. 

2. Konsep Zaman Now
Nah, kita teman-teman udah action, jangan sampai bablas atau modal nekat ya, penting banget siapin konsep zaman now, ide yang menarik, boleh ide yang memang belum ada maupun dari ATM (amati, tiru, modifikasi) bisnis serupa, dengan punya konsep yang matang dan zaman now bisa membuka jalan menjadi entrepreneur lebih mudah. 

3. Tawarkan Solusi
Nah,  teman-teman gak usah bingung mau bisnis apa? Tinggal buka mata dan hati, liat sekitar, mereka sedang butuh apa, kemudian kita tawarkan solusinya? Misal sedang hujan, banyak cucian yang numpuk dan gak kering-kering, disitulah kita bisa menawarkan laundry pakaian yang bisa kering dalam beberapa jam, hehe. Pokoknya semua masalah pasti ada solusinya. 

4. Banyak Teman Banyak Rezeki
Dalam bisnis banyak hal yang kita butuhkan, salah satunya adalah berteman dengan orang-orang yang positif, setidaknya bisa menularkan energi positif, dengan punya banyak teman, siapa tau bisa bersinergi dan saling kerja sama dalam hal bisnis, atau bisa saling melengkapi, misalnya kamu bisnis gamis, sementara teman kamu bisnis jilbab, klop deh! bisa saling koloborasi. 

5. Modal
Modal itu seperti momok yang menyeramkan, kalau udah bicara modal, gak sedikit orang yang mundur teratur. hehe. Tapi, di era zaman now gini, teman-teman gak usah panik atau nangis guling-guling batal jadi entrepreneur hanya gara-gara gak punya modal. Please deh, sekarang banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya dengan bersahabat dengan pegadaian. Iya, kebetulan aku juga baru tau sih, karena beberapa hari yang lalu aku datang ke acara Pegadaian Literation Fair dalam merayakan ulang tahun pegadaian yang ke 117 yang diselenggarakan di Mall Summarecon Bekasi. 


 
Di acara talkshow dengan tema " Bingung Permodalan USaha? Pegadaian solusinya." ini dengan narasumber Radityo Egi Pratama selaku ketua Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (HIPMI)  dan Saiful, selaku marketing dari pegadaian. 

Dari situlah aku mendapatkan informasi bahwa di Pegadaian bisa melakukan pembiayaan untuk usaha makro dan mikro. Wah info yang menarik bukan? Pastinya syaratnya harus ada usaha dan berkas yang lengkap.



"Di Bekasi sendiri potensi bisnis sangat besar, apalagi didukung dengan pembangunan yang besar-besaran, saya optimis akan banyak peluang bisnis yang tumbuh di Bekasi." ujar Saiful.   

Dan, buat teman-teman yang mau belajar dan sharing mengenai dunia entrepreneur, bisa langsung gabung ke HIMPI, syaratnya harus punya usaha dan rance usia bekisar 20 sampai 40 tahun, karena di HIMPI nanti akan ada program Bekasi Bisnis Clinik (BBC).
 
Selain acara talkshow, pengunjung yang hadir juga bisa mampir di booth-booth pegadaian, juga di hibur oleh stand up komedi pegadaian. 
 
Booth tabungan emas

6. Investasi

Nah, ketika memulai bisnis, jangan lupa untuk berinvestasi, salah satu investasi syariah yang aman dan untuk jangka panjang itu Logam Mulia. Oh iya,  Di acara ulang tahun pegadaian tersebut, salah satu booth yang paling diminati adalah booth membuka tabungan emas. Hanya dengan 55k, teman-teman bisa menabung emas loh. Saat acara kemarin katanya gak bisa di cetak buku tabungannya, jadi nanti buku tabungan tersebut akan dikirimkan ke rumah nasabah. 
 

Nah, investasi itu gak perlu mahal, tapi baiknya sesuaikan dengan budget yang ada. Kalau gini kan jalan menjadi entrepreneur semakin mudah dan semakin nyata, yang penting harus konsisten, kini jadi entrepreneur tanpa nanti! Semoga bermanfaat. 

Komentar