Memecahkan Kebosanan Bareng Andra Alodita di Kinosaurus


Tahun 2017, saya mempunya impian untuk mempercantik tulisan saya di blog, pastinya biar lebih menarik dan gak ngebosenin pembaca yang mampir di blog saya. Hal itu membuat saya tertarik untuk mengupgrade ilmu menulis yang saya miliki, sampai akhirnya, sabtu lalu saya terpilih untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Tinkerlust "Creative Writing for Blogging with Andra Alodita." Sebuah acara yang sangat menarik dan bertabur ilmu, setidaknya saya bisa mengupgrade ilmu menulis saya di acara tersebut.

Oh iya, lokasi acaranya di Kinosaurus, daerah Kemang, sempat bingung karena tulisan Kinosaurusnya gak terlihat di jalan utama, tapi alhamdullilah ketemu juga sih, setelah tanya ke abang-abang mie ayam yang mangkal di depan toko buku. Dan, saya baru pertama kali ke Kinosaurus, tempatnya cozy, asyik buat ngumpul bareng teman-teman dan banyak spot kece untuk foto.



Sebelum ngomongin creative writing for blogging lebih jauh, kenalan dulu sama Tinkerlust yang diwakili oleh Kak Lulu Davita, sebagai Head of Marketing dari Tinkerlust. Perempuan cantik tersebut memperkenalkan Tinkerlust ke teman-teman yang hadir, jadi Tinkerlust ini merupakan Indonesia's Stylish Curated Marketplace. Tinkerlust menghadirkan berbagai pilihan fashion bagi pecinta fashion di Indonesia, menariknya di Tinkerlust itu teman-teman gak hanya bisa beli tapi bisa menyewa baju favorit teman-teman loh dengan harga bersahabat. 

Acara kali ini, spesial banget karena ada kak Andra Alodita yang mengupas abis tentang rahasia bagaimana menulis kreatif, apalagi menurut fotografer cantik ini setiap orang pasti bisa menulis kreatif dan gak hanya menulis itu-itu saja, karena setiap orang dilahirkan kreatif, tapi permasalahannya gak setiap orang bisa mengasah kreatif itu sendiri.

Kak Andra juga mengutarakan dirinya awalnya itu gak suka menulis, bahkan sempat kesal saat diminta menuliskan biografinya sendiri, saya nyaris gak percaya kalau gak mendengar sendiri dari Ka Andra, maklum sekarang lihat tulisannya tuh kece badai. Semua berawal dari program bayi tabung yang mengharuskan perempuan cantik ini lebih banyak beristirahat di rumah, untuk mengisi waktunya akhirnya ka Andra ini kembali untuk ngeblog dan menulis ala kadarnya, yang penting jadi diri sendiri aja.


Menurut kak Andra, teman-teman bisa melatih kreatifitas dengan berbagai cara, seperti inilah effective habits ala Andra Alodita :

1. Menulis minimal 3 halaman setiap hari. Kak Andra sendiri selalu membedakan waktu antara menulis, mengedit foto dan mencari refrensi, biasanya Kak Andra ini menulis di pagi hari, siang edit foto dan sore mencari refrensi, dengan begitu lebih efektif.
2. Baiknya menuliskan ide dengan cara manual, menulis ide-ide di buku terlebih dahulu.
3. Latihan terus menerus, karena untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, pastinya harus melewati proses panjang dan saya termasuk orang yang sangat menghargai proses.
"Walaupun jaman sudah serba digital, menulis manual akan melatih indera dan kreatifitamu." -Andra Alodita
"Jangan lupa untuk menciptakan konten yang unik, karena konten yang unik dapat menarik perhatian pembaca." ujar Kak Andra disela-sela acara. 

Lalu, bagaimana ya mendapatkan ide?

Menurut kak Andra, ide itu bertaburan di semesta, tinggal bagaimana kita menangkapnya? Biasanya setiap mendapatkan ide, Ibu dari Aura ini selalu menulis ide-idenya di jurnal, ia juga tak pernah membiarkan satu ide pun lari begitu aja. Makanya jangan heran kalau liat kak Andra membawa buku hehe...

Di rumah aja, banyak ide yang bisa ditemui, saat bermain bersama anak, bahkan saat melihat gorden, karpet juga bisa menjadi ide menulis, jadi gak usah takut kehabisan ide.

Apa yang dilakukan jika merasa bosan saat menulis?

Saat ditanya seperti itu, Kak Andra langsung menjawab dengan  melakukan sesuatu yang jarang dilakukan, misalnya kalau suka genre film romance atau komedi, sesekali nonton film dengan genre yang gak disukai seperti horor atau yang lainnya, dengan begitu bisa menemukan ide baru dan gak akan bosan, karena lebih variatif.

Bukan hanya membincangkan tentang cara teknis menulis, tapi di acara ini Kak Andra membuat mind mapping blog, dengan begitu apa yang mau teman-teman nulis lebih terarah, misalnya mau buat blog traveling, gak hanya bahas jalan-jalan aja, tapi bisa kuliner, barang yang dibawa saat travelling atau lainnya, acara ini, asyikknya teman-teman yang hadir bisa puas bertanya dan konsultasi gratis sama kak Andra. 


Bagi saya, acara yang digelar oleh Tinkerlust dan di sponsori oleh Wardah, sangat bermanfaat, semoga acara ini bisa terus diselenggarakan dengan berbagai tema dan semoga bermanfaat. 
"Nikmati prosesnya. Setiap langkah yang kamu lewati adalah harta yang sangat berharga." -Andra Alodita
Dan, sabtu yang cerah itu akhirnya saya bisa memecahkan kebosanan saya bareng sama sosok inspiratif, Andra Alodita yang saat ini bilang bahwa blogging itu merupakan panggilan hatinya, tempat menyalurkan ide, inspirasi, cerita dan berbagi pengalaman . 



Komentar

  1. mba andra nulis apaan mba di kertas tsb? itu yg namanya blogplanning?

    BalasHapus
  2. seru juga ya bisa jumpa seleb blog :D

    deddyhuang.com

    BalasHapus
  3. kemarin pengen daftar ikut acara ini juga, sayang barengan sama orang tua dateng..nggak jadi daftar akhirnya..huhu

    BalasHapus
  4. Wow saya suka banget sama apa yang disampaikan Mb Andra. Dan bener, Mb. Menikmati sebuah proses itu merupakan harga yang sangat berharga 😍😍

    Salam kenal dari Medan Mb 😊

    BalasHapus

Posting Komentar