Penghargaan Istimewa Untuk Keluarga Istimewa


Penghargaan itu?

Ketika pemerintah memberikan tanda jasa terhadap pahlawan, ketika sekolah memberikan beasiswa kepada pelajar, ketika stasiun tipi memberikan award terhadap artis atau aktor yang sedang popular saat itu, ketika kita memenangkan suatu lomba. Tapi ternyata bukan hanya sekedar itu, bukan serumit yang banyak orang pikirkan. 



Siapa yang tak ingin mendapatkan penghargaan? Hampir semua orang ingin mendapatkan penghargaan, tapi pastinya dengan bentuk yang berbeda. Mungkin tak pernah kita sadari, ucapan terima kasih dan senyum merupakan salah satu penghargaan istimewa, tapi kita sering melupakannya. Tak hanya itu, malah kita kerap menganggap hal itu sepele, apalagi sama keluarga sendiri. 

"Dek, ambilin itu dong, bukan yang itu tapi yang dekat meja."
"Bu, itu kok makanannya nggak ganti menu?"
atau
"Yah, pokoknya tar antar jemput aku ya."

Setelah mereka menolong kita, mengambilkan barang, mengganti menu dan mengantar jemput, tapi kita lupa mengucapkan terima kasih atau senyum, karena terburu-buru atau dengan alasan, itu memang sudah kewajiban mereka. 

Jlep! Sampai suatu hari saya merasakan hal yang sama seperti mereka dan rasanya itu sakit banget ternyata. Merasa tak dihargai atas semua yang saya lakukan, hingga saya berusaha menyederhanakan konsep penghargaan. Hm, saya berpikir Penghargaan itu sebuah piala, sertifikat atau hadiah segepok. 

Tapi, ternyata penghargaan itu wujud rasa peduli dengan cara membahagiakan orang lain, tanpa meminta balas budi. Sederhana bukan?

Tapi penghargaan untuk keluarga pastinya jauh lebih istimewa, karena sebuah penghargaan itu sangat penting, bisa membuat orang bahagia dan memiliki harapan  untuk lebih semangat melakukan banyak hal. Apapun yang kita lakukan saat ini, pastinya bukan karena mengharapkan sebuah penghargaan, karena penghargaan itu bonus saat kita melakukan apapun dengan tulus dan ikhlas.

Ini dia yang bisa teman-teman lakukan untuk memberikan penghargaan kepada orang yang paling disayangi, keluarga yang begitu istimewa, yaitu :

  1. Berbagi kebahagian dengan senyum ketika di rumah. Iya senyum dipercaya bisa membuat orang yang ada disekitar menjadi lebih bahagia dan nyaman. Jadi tak ada salahnya tersenyum sebagai bentuk penghargaan. lagi pula banyak senyum bikin wajah awet muda dan pastinya sangat menyenangkan.
  2. Ucapan terima kasih dan tolong merupakan kata sakti yang membuat orang senang, tak ada salahnya jika ucapan itu mulai rajin diucapkan ketika meminta bantuan.
  3. Nah, teman-teman bisa mengajak anggota keluarga untuk me time bareng. Mengajaknya belanja, nyalon, traktir makan, tenang aja semua menggunakan  Voucher Belanja Sodexo yang bisa didapatkan dengan mudai di Merchant Sodexo, dengan begitu teman-teman bisa happy dengan cara yang praktis. 
  4.  Memberikan hadiah tak perlu menunggu saat ulang tahun, bisa saat naik kelas, saat kelulusan sekolah, atau saat mereka melakukan suatu hal yang menyenangkan untuk kita. 
  5. Mengajak nonton film favorit sambil berseda gurau atau sekedar kumpul bareng di rumah sambil menikmati jasmine tea.
  6. Sesekali melakukan pekerjaan yang mereka lakukan, atau membantunya, pasti keluarga akan lebih senang, misalnya membuat makan malam istimewa. 

Butuh waktu untuk menyempurnakan arti sebuah penghargaan, tapi yang pastinya, apapun yang kita lakukan, jika dengan ketulusan dan ikhlas, maka itu juga sebuah penghargaan istimewa. Berikan penghargaan dalam bentuk apapun mulai hari ini, karena teman-teman ketahui, waktu tak akan pernah berputar. 




Komentar

Posting Komentar