Amanda Ratih Pratiwi, Penulis Buku yang Doyan Travelling

Setiap perjalanan pasti membincangkan aroma cinta, rindu dan impian, seraya menikmati kecantikan Indonesia yang memanjakan mata, bersama kamu, iya kamu ... ^Tia



Setelah membicangkan Shine Fikri, kali ini saya mau menguliti si manis Amanda Ratih Pratiwi yang kerap disapa Manda atau Nda, penulis buku yang doyan travelling ke Indonesia Timur. Pastinya bikin baper teman-teman, termasuk saya sendiri. Apalagi kalau mengintip saat Ibu Naqib ini jelajah Banda Neira, Maluku Tengah, wah rasanya langsung pengen angkat ransel sambil pecahin pangeran kodok baca celengan hihihi. 

Alamak! Indonesia Timur memang terkenal sangat cantik dan elegan, tempat yang mempesona berbalut dunia laut yang menggoda. Pastinya memanjakan mata bagi pengunjung yang datang. Semoga saya dan pasangan halal *ciee .. bisa juga menginjakan kaki di Banda Neira. 

Subhanallah, pelangi cantik di Banda Neira, fotonya Mba Manda


Pertama kali mengenal Manda saat saat mengikuti audisi setan dodol dan alhamdullilah saya lolos *padahal sih udah ngancem buat lolosin saya hihi, kemudian saya kembali dipertemukan dengan Amanda Ratih Pratiwi, sosok muslimah yang cuek dan tegas saat tergabung di organisasi kepenulisan, yaitu FLP Bekasi. Saat itu saya nggak pernah lihat wujudnya soalnya Manda lagi merantau di Ambon, tambah mupeng lagi saat Manda exsplore Ambon. 

Kemudian bertemu lagi saat saya menghadiri acara arisan di rumahnya sekitar tahun 2015, saat itu disuguhkan sup singkong yang menggugah selera. Wah walau jarang ketemu, tapi hampir rata-rata seluruh anggota FLP Bekasi tuh akrab banget. Sampai curhat bareng dan travelling bareng, salah satunya pada bulan mei 2016 kita ke Kuala Lumpur bareng-bareng. 

Tak hanya itu, perempuan kelahiran Bekasi ini merupakan penulis produktif terbukti puluhan antologi telah lahir, juga beberapa buku solo dan saat ini ia mengabadikan tulisannya di blognya pribadi catatan amanda

Ternyata saya pernah satu buku ...

Jadi terbukti bahwa jilbab tidak menghalangi seseorang untuk berprestasi dan berkarya, sosok Amanda telah membuktikannya, dengan jilbabnya dia percaya diri untuk travelling ke Indonesia Timur, bahkan sampai luar negeri. Tuh selain itu pakai jilbab bikin travelling jadi lebih aman dan nyaman, berasa ada yang ngelindungin, terutama buat teman-teman yang masih single...

Nah, buat teman-teman yang mau travelling, berikut ada tips menjerumuskan yang sederhana, yaitu :

1. Pastinya kalau mau travelling wajib cari info lokasi wisata yang mau dituju, sedang musim apa? Ada festival apa? Bagaimana tradisi dan ada wisata apa saja di sana yang unik dan menarik, ibaratnya teman-teman harus mengenal tujuan wisata sebelum berangkat, biar lebih paham, karena setiap daerah itu memiliki adat istiadat yang beda-beda. Jangan sampai lagi musim hujan, badai, tsunami terus teman-teman travelling ke pulau atau yang hubungannya sama menyelam dan naik perahu sampan, hikss.

2. Kalau teman-teman sudah memiliki tujuan, baiknya langsung berburu tiket murah, pastinya harus jauh-jauh hari, biar lebih hemat, misalnya kalau niat pergi, pantengin tuh website yang suka ngasih promo, kalau bisa 24 jam, begadang, soalnya paling enak berburu tiket tengah malam, ketika yang lain terlelap.

3. Pastikan memiliki waktu dan biaya yang cukup, jangan lupa siapkan jiwa dan hati, paling penting sih niat. Iya nggak mungkin juga cuman punya uang seratus ribu tapi nekat keliling Indonesia, itu bisa terjadi kalau teman-teman bisa gaet sponsor atau menang hadiah kuis gratis yang hadiahnya jalan-jalan.

4. Travelling paling enak, itu kalau kondisi sehat, karena selain jalan-jalan teman-teman juga harus wisata kuliner daerah setempat, makanya sebelum travelling konsumsi makanan yang bergizi, banyak sayur dan buah, minum air putih dan olahraga ringan. Iya nggak enak kalau lagi wisata kuliner terus teman-teman makan bareng, tapi ingus meler keluar masuk gitu, pasti yang lain jauhin.

5. Buatlah itinerary, rencana perjalanan teman-teman, berapa lama tinggal disitu, mau kemana aja, penting kalau teman-teman hanya memiliki waktu yang terbatas, jadi bisa maksimalkan travelling. Tapi tidak sedikit yang travelling itu mengikuti arus saja, sesuaikan sama kondisi teman-teman. Jangan sampai di lokasi terus teman-teman cuman tidur di hotel gitu, karena bingung mau kemana? Kalau gitu mending di rumah aja.

6. Bawa barang-barang yang penting dan sesuai, kalau perlu list dulu sebelum berangkat biar nggak ada yang ketinggalan, bisa pinjem tas doraemon yang serba ada, jangan lupa bawa obat pribadi, pakaian yang bisa di mix and match dengan warna natural. Nggak boleh terlupa kamera, power bank, smartphone, charger, dompet berisi identitas diri, ATM dan uang secukupnya, siapkan uang receh juga. Perlu diingat teman-teman itu travelling bukan pindahan, jadi barang yang nggak perlu nggak usah dibawa, misalnya lemari atau tempat tidur *abaikan yang belakang.

7. Saatnya travelling, selalu tulis semua kejadian seru dan menarik selama perjalanan dan di lokasi, karena bisa jadi bahan tulisan lagi deh. Buat yang single travelling jangan hanya berduaan sama lawan jenis, kalau bertiga juga nggak enak kan? Dikira obat nyamuk, mendingan travellingnya rame-rame biar seru.


SaatTravelling bareng ke Kuala Lumpur, Manda mengenakan gamis merah, tetep fasionable kan?

Semoga cerita ini menginspirasi teman-teman semua. Dan, buat teman-teman yang mau berkenalan atau ngajak travelling bareng, silahkan aja kepoin akun sosial media miliknya, dijamin orangnya bakalan ngeladenin teman-teman.

Blog       : www.catatanamanda.com
FB         : Amanda Ratih Pratiwi
Twitter  : @sejuta_cinta
IG        : @ndamandae

Komentar

Posting Komentar