Inilah Rahasia Memenangkan Lomba Ngeblog, Ala Mbak Susi, Blogger Jepara


Sebenarnya tulisan ini, ditujukan untuk blogger pemula, orang yang memang baru ngeblog, soalnya kalau Blogger yang sudah lama, pastinya sudah terbiasa mengikuti lomba, walaupun di dalam dunia perbloggeran sebenarnya nggak ada pemula atau senior, soalnya yang senior juga ramah banget dan nggak pelit ngasih ilmu.

Bisa jadi mengikuti kompetisi atau lomba, merupakan salah satu cara untuk belajar atau mengasah kemampuan, sudah pasti harus menyiapkan mental, lahir dan batin yang kuat, kalau teman-teman nggak menang, ciaah lebay dikit nih.

Nah, bicara mengenai lomba, pastinya nggak luput dari perjuangan dan jerih payah didalamnya, walaupun kadang kala banyak orang yang nggak tau prosesnya, tapi tahunya saat ketika menang lomba dan komentar, eeh kok dia lagi sih yang menang? 


Duh, nggak tau kalau setiap lomba itu kita ikuti, jadi wajar aja kalau ada yang nyangkut, satu, dua bahkan lima hihi *Alamaak, rajin sekali. Jadi kalau teman-teman baru ikutan sekali lomba terus kalah dan langsung ngamuk atau ngunci pintu di kamar seharian, kayanya harus belajar lagi deh, belajar bahwa kekalahan itu kemenangan yang tertunda, dari kalah teman-teman bisa belajar untuk lebih baik lagi, berasa jadi sok bijak


Mungkin ada teman-teman yang mau mengikuti lomba? Nggak usah khawatir karena saya habis ngepoin blognya Mbak Susi di www.susindra.com  dan mengulik info lengkap dari Mbak Susi, Blogger dari Jepara yang bisa exsplore Padang tuh bebas bayar baca gratis. Walau tinggal di Jepara, perempuan yang juga memiliki bisnis ini tetap bisa jelajah dunia tanpa batas. 


Untuk awal sih pastinya, teman-teman perlu pahami terlebih dulu, untuk apakah teman-teman ngeblog? Menurut Mbak Susi, Blogger pemula jika ingin sekedar menulis blog, tulislah keseharian dan hal yang paling dekat dengan teman-teman, tanpa harus pusing mikirin Alexa, Da atau klout. Tapi jika ingin langsung monetize berarti harus siapin waktu belajar menguasai Alexa, DA, Klout. 

Tips untuk blogger pemula, yaitu :


1. Eksplorasi gaya menulis, sampai menemukan gaya yang pas dan original.

2. Banyak blogwalking tuk membaca, menambah ilmu, jalin koneksi dan jangan lupa tinggalkan komentar, biar si pemilik blog bisa kembali mengunjungi blog teman-teman.
3. Gabung di komunitas blog dan aktif ya, biar teman-teman di komunitas tersebut bisa mengenal kamu, minimal kasih like dan komentar.
4. Membuat medsos dengan nama yang sama tuk berinteraksi dan promosi tulisan, namanya jangan lebay, intinya sih buat branding juga dan agar teman-teman atau brand juga mudah menghubungi kamu.
5. Belajar menguasai blog : template, pernik blog dan navigasi, tenang aja semua itu berproses kok.

Nah, jika sudah itu semua dijalani, bisa mencoba mengikuti lomba, pastinya lomba yang memang sesuai sama passion teman-teman. Mbak Susi sendiri ini menang lomba "Wisata Edukasi Wegi Goes to Semen Padang





Inilah rahasia memenangkan lomba ala Mbak Susi, yaitu : 

1. Pastinya sebelum mengikuti lomba, baiknya baca dulu syarat dan ketentuan lomba, pahami dan patuhi, biasanya tuh suka syaratnya minimal 500 kata, like atau follow akun sosmed mereka, atau harus memasang banner lomba, apapun itu ikuti saja, yang penting positif.

2. Sambil mencari ide, baiknya blogwalking atau BW ke blog peserta lainnya, sambil membaca postingan peserta, siapa tau bisa menstimulasi ide.
3. Cari sudut pandang yang unik, intinya sih yang beda dari peserta lainnya. Kan udah BW pasti tau dong, apa yang belum tersentuh.
4. Tulis dengan tuntas, jangan kebanyakan nge-draf, nanti nggak akan kelar-kelar.
5. Setelah tulis, baca ulang sebelum di posting, jangan lupa edit dan hindari typo. 
6. Share secara berkala di media sosial milik kita, mention deh yang menyelenggarakan lomba.

Ini tips Mbak Susi yang bisa mengantarkan dirinya terbang ke Padang gratis, yaitu :

1. Yang pertama itu, kuncinya niat dan konsisten, karena saat itu saya buat postingannya lumayan panjang dan detail.  
2. Nah, untuk tugas yang kedua, adalah nge-tweet, saat itu saya pasang target, harus menang, maka sebelum posting blog, saya membuat target seminggu minimal 200 tweet. Jika sibuk ya re-tweet teman yang memang ikutan lomba juga, seminggu buat kultweet antara 30-50 tweet yang informatif. 

Nah, satu hal lagi yang saya suka dari pemilik instagram @susierna1 dan twitter @susierna ini yaitu tak hanya sebagai Blogger, Mbak Susi ini pemilik bisnis sendal ukir Jepara, saat acara seminar nasional Kartini, saya lihat ada penyerahan kenang-kenangan untuk kembaran saya, baca Dian Sastro, semoga next saya bisa pesan sendal ukir wajah saya, sepertinya harus modusin Mbak Susi.


Nah, semoga tulisan saya bermanfaat, jangan lupa teman-teman share tips lomba juga ya.

Komentar

  1. Tips kultwitnya itu dari sendiri apa emang sudah menjadi syarat lomba ya mba?
    Keren jg loh idenya ini, emang bener ya semua dari niat. Salut ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu inisiatif mbak Susi mbak hihi
      Iya yang penting ada niat plus usaha

      Hapus
  2. Haihai Tya...ketemu disini. Walah...saya jarang ngetwit euy. Pantesan ga menang. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hallo mbak Tri, tenang aja masih banyak peluang kok

      Hapus
  3. Haihai Tya...ketemu disini. Walah...saya jarang ngetwit euy. Pantesan ga menang. Hehe...

    BalasHapus
  4. Wei keren....

    www.nurterbit.com
    @nurterbit

    BalasHapus
  5. Cocok bangad buat saya yang masih baru untuk dengan dunia blog. Wah... kalau soal ngetwit saya belum sampai segitu. Masih di bawah 10 doank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiyaa, sama saya juga ngetwitnya belum banyak

      Hapus
  6. Waah... ketemu lagi sama kembaran Dian Sastro hihihi... tipas dari mbak Susi emang te o pe ya mbak...

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah share tips kecil ini Mbak. Maaf lama baru ingat kalau ternyata belum mengomentari (padahal langsung baca... @_@)
    Saya kalau mode HP sering gitu. hihihihi...

    BalasHapus

Posting Komentar