Cara Cepat Buat Paspor di Bekasi



Buat teman-teman yang hobi travelling ke luar negeri, pastinya sangat menyenangkan sekali, bisa mengexsplore negara lain, belajar kebudayaan mereka, mencicipi kuliner khas dan menikmati wisatanya, pastinya kita belajar banyak hal di sana.

Kebetulan rencananya saat itu tanggal 15 Mei 2016 saya bareng teman-teman mau ngetrip ke Kuala Lumpur, jadi ketauan deh kalau ini my first trip ke Luar Negeri, jadi rada excited gitu. 




Untuk itu kita harus buat persiapan, hal yang paling penting itu mempersiapkan paspor. Nah, pada tanggal 02 Mei 2016, Gilaaa udah lama banget, masih baru kok dan belum kadaluarsa. Saya membuat paspor di kantor imigrasi II Bekasi. 


Nah, sebenarnya udah browsing sih, lihat proses pembuatan paspor online dan offline, berhubung saya butuh cepet, makanya saya buat paspornya offline saja, datang langsung ke kantor imigrasi Bekasi, yang lokasinya di Area GOR Bekasi, saat masuk teman-teman akan bayar parkir Rp. 2000. 


Untuk teman-teman yang mau buat paspor online cek disini ya.


Kenapa sih buat paspornya offline?


Karena prosesnya lebih cepat, 2 kali datang udah beres, lagian kan saya berangkat ke KL saat itu tanggal 15 Mei 2016, jadi udah mepet banget. 


Kalau online itu prosesnya isi form di web imigrasi - kemudian ada konfirmasi buat transfer - terus datang ke kantor imigrasi buat foto dan wawancara - terus datang lagi buat ambil paspor.


Kalau offline itu prosesnya datang langsung ke kantor imigrasi buat cek dokumen, wawancara dan foto - terus datang lagi setelah transfer buat ambil paspor.


Terus, dokumen apa aja sih yang harus di bawa?


Teman-teman bawa dokumen ASLI dan foto copy ya, berupa :


1. KTP. Nah, perlu teman-teman ingat foto copy KTP itu jangan di gunting kecil, biarkan ukuran kertas A4.

2. kartu keluarga (KK)
3. Akta lahir, apabila teman-teman nggak punya akta lahir bisa membawa Ijazah terakhir. 

Jangan lupa bawa Materai 6000 dari rumah ya, biar hemat gitu.





Itu sih dokumen yang saya bawa kemarin saat buat paspor, alhamdullilah nggak ada yang kurang, asalkan semua dokumen itu atas nama yang sama. 


Nah, kalau lagi buat KTP di kecamatan, bisa nggak sih buat paspor?


Oh iya kebetulan saat di kantor imigrasi saya ketemu sama Mbak Manda, itu blogger yang bakalan ngetrip bareng sama saya. Dia juga mau buat paspor, tapi sayangnya, saat itu Mbak Manda lagi proses perpanjangan KTP di kecamatan. 


Nah, buat teman-teman yang sedang proses pembuatan KTP di kecamatan, tapi buru-buru harus membuat paspor, nggak perlu khawatir cukup bawa surat bukti (keterangan) dari kecamatan kalau teman-teman sedang membuat KTP dan jangan lupa lampirkan foto ya dan minta stempel dari kecamatan. 


Perlu nggak sih bawa pas foto dari rumah?


Nggak usah bawa pas foto dari rumah, apalagi sampe ribet ngedit dulu foto teman-teman biar kece. Soalnya foto harus di kantor imigrasi, jadi cukup berpenampilan rapih aja, biar bling ..bling kalau di foto. 

Terus ke kantor imigrasi jam berapa? 




Perlu di ingat untuk pembuatan paspor baru, itu kantor imigrasi Bekasi menyediakan no antrian pendaftaran hanya sampai jam 10 pagi, makanya harus datang pagi-pagi, kalau nggak sih antriannya panjang mengalahkan antrian sembako atau pembuatan BPJS, terus teman-teman nggak kebagian deh, jangan sampai udah ngantri cape, terus sampe di meja pendaftaran, si petugas bilang. "Pendaftaran udah tutup, besok aja balik lagi!" hikss bisa nangis bombay dung. 



Prosesnya gimana tuh? Lama ngak?


Setelah dokumen kita di cek oleh petugas, maka kita akan mendapatkan no antrian, terus di kasih form buat isi data dan nempelin materai yang 6000. 

Setelah beres semua, kita duduk manis aja di kursi yang telah di sediakan. 
Dari pada bosan, mendingan teman-teman manfaatkan fasilitas yang ada, bisa internetan kan ada free wi-fii, terus kalau haus, tinggal minum air mineral yang telah disediakan, kalau teman-teman bawa tumbler bisa isi ulang di air galon, pokoknya free deh!

Kalau bosen, ngobrol aja sama teman sebelah, selain dapet teman baru, siapa tau ternyata dia juga mau trip ke negara sama, bisa share dong.




Setelah no anrian di panggil kita masuk untuk proses wawancara, eeh wawancaranya standar sih, kira-kira sih pertanyaannya kaya gini.

Mau kemana?
Sama Siapa?

Pasti teman-teman bisa jawab kok, tenang aja, buat yang single alias jomblo nggak ditanyain tentang jodoh kok. Upss...

Nah, setelah wawancara, kita nunggu di foto dan scan sidik jari, saat pemotretan tiba jangan bengong, soalnya proses fotonya cepet banget sih, belom sempet gaya udah di jepret, sebenarnya saya sendiri pengen komplain, pengen foto ulang, tapi berhubung buru-buru, akhirnya pasrah aja deh!


Setelah itu kita nunggu di panggil lagi buat konfirmasi pembayaran dan kelengkapan data, memastikan aja sih, abis itu langsung dikasih surat keterangan pembayaran buat transfer ke BNI. 


Oh iya kenapa sih harus buat yang 48 hal? Kalau saya sih biar bisa, sekalian untuk berangkat umroh. Jadi sekalian aja, siapa tau dikasih rezeki lebih sama Allah.


Nah, prosesnya sih lumayan cepet dan simpel, perlu diingat untuk membuat paspor itu nggak dapat diwakilkan jadi harus datang langsung ya, dan nggak usah melalui jalur belakang, pokoknya nikmati aja prosesnya buat belajar dan pengalaman.


Kalau udah semua, terus ngambil tuh paspor kapan?


Nah, kalau sudah melewati proses itu semua, kita harus transfer dulu ke bank BNI, perlu diingat ya pengambilan 3 hari itu dihitung sejak teman-teman transfer, bukan sejak kita proses pembuatan paspor. Misalnya teman-teman transfer tanggal 02 Mei 2016 nah kita bisa ambil tuh paspor sekitaran tanggal 05 Mei 2016. Berhubung saat itu ada tanggal merah, akhirnya saya putuskan untuk kembali ke kantor imigrasi di tanggal 09 Mei 2016. 


Soalnya ada Ibu-ibu yang ngotot ngambil paspor barengan sama saya di tanggal 09 Mei 2016, saat ditanya di baru transfer tanggal 09 Mei 2016 dan dia pikir dia menghitungnya saat proses pembuatan yang datang ke kantor imigrasi bukan dari tanggal dia transfer. Alamaaak!


Nah, saat mau pulang di parkiran saya di mintain lagi, karena saya parkirnya bukan di depan kantor imigrasi pas, tapi di deket mintu masuk, hanya jalan berapa langkah sih, alasan tukang parkirnya katanya beda. Padahal masih satu area.  


Nah, kalau teman-teman masih belum jelas atau mau tanya-tanya bisa hubungi kontak imigrasi Bekasi. Semoga bermanfaat.



Rincian Biaya

Parkir di kantor imigrasi Rp. 2000
(Saat itu kebetulan saya dimintain uang parkir juga di dalam jadi 2 kali deh alias Rp. 4000)

Pembuatan paspor 48 halaman Rp. 300.000
Biaya administrasi Rp. 55.000

Komentar

  1. Wah sekarang mudah bgt ya mba, klo sesuai prosedur, ga diribet2in kayak zaman dulu yg banyak calo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang penting dateng pagi terus bawa 3 dokumen utama deh, nggak usah pake calo, karena itu nggak bisa di wakilkan kok hihi

      Hapus
  2. Iya nih pengen buat belum sempet-sempet

    BalasHapus
  3. Murah dan gampang juga ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak itu untuk yang 48 hal, gampang kalau datang bawa persyaratan lengkap, prosesnya sih cepet kalau datangnya pagi, kalau aku pas banget udah penutupan 2 nomor terakhir

      Hapus
    2. Mba Tia kalau boleh tahu kesana jam berapa? Udah 2 nomor terakhir. Waduhh

      Hapus
  4. hehehe... lengkap banget, sampek tarif parkir juga dijelasin, makasih Tya so useful, mau buat nih... kali aja ada rejeki bisa umroh amiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, yang penting kita buat paspor dulu, siapa tau dapet rezeki lebih terus umroh

      Hapus
  5. hehehe... lengkap banget, sampek tarif parkir juga dijelasin, makasih Tya so useful, mau buat nih... kali aja ada rejeki bisa umroh amiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak, yuk bikin dulu paspornya

      Hapus
    2. Aamiin mbak, yuk bikin dulu paspornya

      Hapus
  6. Salam hangat..mau tanya..saya ada baca2 di blog lain..kalau buat paspor harus melampirkan surat keterangan kerja..apa itu diperlukan? Dan saya dulu pernah bikin paspor..tp di jakarta barat.sedangkan saya domisili dan ktp di bekasi..apa saya bisa buat paspor di bekasi? Atau perpanjang di jakarta barat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya buat paspor nggak pake surat keterangan kerja, ada juga teman saya yang guru pake surat keterangan kerja.

      Kalau sudah pernah buat paspor, berarti tinggal perpanjang aja mbak.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. iya mbak.... saya waktu itu perpanjang datang jam 8, jam 10 udah kelar (tapi udah proses di online dulu, dan dokumen lengkap).

      tp ada cerita nih, intermezzo ya. gini ceritanya:
      awalnya waktu saya minta paspor diperpanjang, ditolak oleh petugasnya mbak...

      kata petugasnya gini: "paspor segitu aja susah bawanya, apalagi kalo diperpanjang...."
      Cheessss, intermezzo mbak :D hihihihhi.....

      Hapus
    4. Maaf bisa masuk web online?betkali kali sy masuk g bisa soalnya.bileh bagi link nya dong atau caranya.mksh

      Hapus
    5. Maaf bisa masuk web online?betkali kali sy masuk g bisa soalnya.bileh bagi link nya dong atau caranya.mksh

      Hapus
  7. Mau tanya donk, untuk di-imigrasi emang bisa beli formulirnya dulu ya? Soalnya saya dititipin bosa buat beli formulirnya dulu 4 pcs di imigrasi bekasi. Emang bisa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Formulir isi data gratis kok dan harus datang sendiri tanpa diwakilkan

      Hapus
  8. Terima Kasih infonya, bermanfaat banget.

    BalasHapus
  9. Hai kaaa, aku mau tanya dong. Kalo mau bikin paspor tapi ektp ku expired, masih bisa bikin ga ya? Kan ada keterangan tuh kalo ektp ga usah diperpanjang. Makasih ka ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau KTP expired, baikanya buat KTP baru, nanti bisa menggunakan surat keterangan dari kelurahan, yang menyatakan bawa kamu sedang proses membuat KTP, itu bisa kok

      Hapus
  10. hi kak mau tanya, emang antrinya tuh dari jam berapa sih? apa iya ada yg dari jam 3 pagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih memang nya pak security kantor imigrasi nya nggak boleh tidur apa jam 3 pagi udah antri?! Hehe nggak gitu juga sih mba. Berdasarkan pengalaman jam 7 pagi juga kita sdh boleh antri kok. Yg penting persyaratan sudah lengkap. Ingat cara fotocopy dokumen nya yg benar ya..jadi nggak perlu bolak balik lagi..

      Hapus
    2. Wah kayanya jam 3 pagi masih tutup hehe, bisa kok datang jam 7 atau jam 8 pagi, yang penting bawa persyaratan yang lengkap dan sesuai prosedur.

      Hapus
    3. kalau di bekasi iya mungkin bisa jam 7 mas, tapi kalau di Jakarta datang jam segitu, jangan harap dapat nomor antrian. Bhaka ada yang datang jam 4 shbuh

      Hapus
  11. Kalau KK dan akta lahir asli ga di bawa boleh ga ya?

    BalasHapus
  12. Hi Tia, nice info bngt nih tulisan kamu..
    aq mau buat paspor nih, tapi tahun lahir berbeda antara KTP dan akta lahir. bagaimana ya, ada yang tau atau pernah alami kasus ini gak,? aq sudah telepon pihak imigrasi, tapi tak ada yang diangkat satupun -_-

    BalasHapus
  13. Hai kak mau tanya, kl ngurus paspor offline gt slsai jam brp kira2? Stngh hr atau smp seharian? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung datangnya dan dapat no antrian berapa? Kalau dateng pagi, ya cepet kok prosesnya, yang penting semua persyaratan lengkap.

      Hapus
  14. kak mau Tanya kan udah selesai wawancara, trus disuruh lampirkan ktm pas ambil paspor, sedangkan ktm hilang, bagaimana ya? trimakasih

    BalasHapus
  15. Mba..klo ktp dki tapi mau bikin paspor di bekasi bisa gak ya ? Thanks

    BalasHapus
  16. pagi mba...mau tanya kalau KTP luar kota ( surabaya ) apa bisa mengurus passpor di bekasi dengan menyertakan surat domisili?..terimakasih

    BalasHapus
  17. Canggih dong beda IE dulu 2000 1995 1992 1985 1978 bulanan 6 tgl 1

    BalasHapus
  18. Klo alt beda dg ktp bs ga yaa mba? Thx infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  19. Klo alt beda dg ktp bs ga yaa mba? Thx infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  20. Ka mau nanya sya asli lampung ktp kk semua lampung tp kuliah di bekasi sya mau buat paspor perlu surat domisili tidak.. Mohon infony

    BalasHapus
  21. Salam Semuanyaa,
    Saya adalah pengurus resmi Kantor Dirtjen Imigrasi dan Depnaker.

    saya bisa bantu saudara-saudara dalam pengurusan dokumen Imigrasi dan Depnaker.

    seperti misalnya :

    .

    -RPTKA

    -IMTA

    -TELEX VISA INDONESIA ( VITAS, VK )

    -KITAS

    -Dan lain lain


    Dengan saya semua permohonan dokumen akan dapat di setujui oleh Instansi terkait, karena saya ada kenalan orang dalam di Dirtjen Imigrasi dan Depnaker.


    Hubungi Saya di :


    CV. SUN NUSANTARA CONSULTING


    No. HP : 081297131465 / 081298816641 ( whatshap )


    Email : Agungefendie4@gmail.com / depnakertranskuningan@gmail.com / cv.sunnusantaraconsulting@gmail.com

    Regard's

    CV. Sun Nusantara Consulting

    BalasHapus
  22. Nice info ,thanks kebantu bgt nih ngeliat info ini pas banget saya besok mau buat passpor di kantor imigrasi II Bekasi hhe

    BalasHapus
  23. Mba kalau ambil harus sendiri apa bisa diwakilkan? Thnks

    BalasHapus
  24. Harus wajib kudu pake kk ya 😭😭

    BalasHapus
  25. Nice info, besok mau urus Paspor bekasi

    BalasHapus
  26. Malam... Maaf saya mau nanya kan kalo bikin paspor di cantumkan kk ya mah kk asli saya ilang kalo pake foto copy nya bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bales min saya soal nya besok mau bikin

      Hapus

Posting Komentar