Selasa, 29 Desember 2015

XL : Wujudkan Nelayan Lebih Produktif Dengan mFish

Bekerja dengan hati, untuk mewujudkan sebuah totalitas, seperti teknologi yang selalu memberikan satu solusi, untuk lebih produktif dan selangkah lebih maju.


PT XL Axiata TBK(XL) merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, bersama pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, berkolaborasi untuk meningkatkan produktivitas nelayan setempat, pada tanggal 28 Desember 2015 di Pamekasan. 

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital “mFish” kepada masyarakat nelayan di 6 desa. Sebanyak 110 orang nelayan mendapatkan bantuan paket aplikasi “mFish” tersebut, yang akan langsung dapat dipakai sebagai pemandu dalam menjalani profesi para nelayan. 

mFish sendiri merupakan sebuah aplikasi canggih dari XL, yang bisa dimanfaatkan para nelayan, untuk membantu meningkatan kinerja dalam menangkap ikan di laut. Memiliki fitur lengkap yang menyediakan semua informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu aplikasi mFish juga bisa membuat nelayan tetap saling berkomunikasi. Tentu saja ini sangat bermanfaat untuk nelayan untuk lebih produktif.


Kholil Asyari selaku wakil Bupati Pamekasan, secara simbolis meluncurkan program kerjasama bertema “Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan” tersebut dengan menyerahkan perangkat pendukung aplikasi mFish kepada perwakilan nelayan di Pamekasan, Rabu (23/12) pekan lalu.

“Alhamdulillah, akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan segera. Dengan demikian maka sekali lagi kami memenuhi komitmen untuk mendukung masyarakat Madura dalam memajukan daerah melalui implementasi sarana telekomunikasi dan teknologi digital. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.” ujar Desy Sari Dewi, selaku Vice President East Region XL.

Desy menambahkan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura.    

Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surga. 


Melalui kerjasama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Dengan didampingi oleh petugas yang berkompeten dan secara rutin mendatangi nelayan, sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.

Setelah Kabupaten Pamekasan, menyusul segera XL akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. 

XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas. Untuk itu, menurut Desy, XL berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas layanan mFish ini, antara lain dengan memperkaya fitur yang ada sehingga akan semakin membantu nelayan. Antara lain dengan memastikan kualitas informasi sehingga tingkat akurasinya semakin tinggi.   

Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Madura. Hal ini terbukti dari loyalitas masyarakat Madura yang menggunakan XL. Di Pulau Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 BTS di seluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G.

Semoga saja program ini berkelanjutan dan menuai hasil yang positif, setidaknya nelayan lebih produktif dan perekonomian para nelayan bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Semoga juga XL bisa berkolaborasi dengan nelayan diseluruh Indonesia dan tentu saja harus didukung dengan jaringan internet yang mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar