Sup Singkong, Rasanya Nagih Banget


Foto sup singkong diatas itu, bukan masakan di restoran loh, tapi buatan perempuan manis yang satu ini, Mbak Manda. 

"Ayo ke rumah, tar aku sediain sup singkong."

Weks, singkong kok di sup, pikirku saat itu. Biasanya singkong itu digoreng, direbus, diparut dijadiin misro, combro, kolak atau dibuat kue lapis. Nah, ini  di buat sup. Tanpa berpikir panjang akhirnya aku putuskan untuk hadir ke rumah Mbak Manda, yang lokasinya di daerah rawa lumbu - Bekasi, jadi arisan sekalian icip-icip sup singkong, yang konon katanya enak banget. Penasaran sama rasanya kan?

Kuliner khas nusantara ini bisa juga loh, sebagai pengganti nasi. Karena bikin kenyang. Bagi pencinta kuliner berkuah mungkin ini bisa menjadi alternatif makanan saat musim hujan tiba. 






Nah, pas banget deh sup singkong dinikmati selagi masih hangat. Aromanya menguar bikin perut keroncongan. Pas nyoba, sup singkong itu perpaduan rasa gurih, asam dan pedas. Karena diracik dengan bumbu yang khas dan ada jeruk nipis yang membuat kuah terasa segar. Tak lupa taburan bawang goreng yang menciptakan aroma harum.

Perlengkapan yang buat sup singkong itu, ada bihun, ayam yang dipotong dadu, jeruk nipis, seledri, daun bawang, sambal, kerupuk dan singkong yang diiris dadu juga. Cara meraciknya juga hampir sama dengan meracik soto, sangat simpel kok. 




Sup singkong ini sangat cocok dinikmati selagi masih hangat, menu sederhana yang cocok untuk ngumpul bareng keluarga dan sahabat. Proses pembuatannya juga sederhana dan mudah, menggunakan bahan sama seperti membuat sup biasa, hanya saja disini diganti dengan singkong. Jangan kapok ngundang lagi ya Mbak Manda dan sepertinya mau langsung praktek saat sampai di rumah.

Makin cinta dah, sama kuliner nusantara. Jadi, ada yang mau mencicipi sup singkong?


Komentar